10 Aplikasi Gratis Paling Rekomen Buat Edit Video di Laptop

July 17, 2023 | 4 menit membaca

Di era digital ini, video editing semakin menjadi skill esensial bagi para content creators, vloggers, ataupun casual users yang ingin mempercantik hasil konten video mereka dengan berbagai special effects ataupun sentuhan profesional. Video editing yang baik akan membuat konten video semakin menarik dan dapat meningkatkan traffic. Untuk melakukan video editing, dibutuhkan laptop berperforma mumpuni seperti Aspire 7 Gaming (A715-76G), tentunya dengan aplikasi edit video yang mumpuni pula. 

Pastinya fitur dari aplikasi edit video gratis ini terbatas, tapi berguna untuk kamu mencoba supaya kamu bisa pilih aplikasi yang paling cocok untuk kebutuhanmu. Berikut 10 rekomendasi aplikasi edit video gratis yang bisa kamu gunakan di laptop Aspire 7 Gaming!

1. Shotcut

Rekomendasi aplikasi edit video di laptop gratis yang pertama yakni Shotcut. Shotcut adalah aplikasi edit video open-source dan cross-platform yang menawarkan berbagai macam fitur menarik. Salah satunya, aplikasi ini dapat support beragam format video dengan interface aplikasi yang intuitif. Shotcut juga menyediakan tools editing yang advance, seperti timeline-based editing, 4K resolution support, video effects, dan filter.

2. HitFilm Express

HitFilm Express adalah rekomendasi aplikasi video editor yang berikutnya. Aplikasi ini populer dan banyak dikenal karena kemampuan robust visual effects yang dimiliki. Aplikasi ini mengkombinasikan antara tools untuk mengedit video dengan fitur special effects dan compositing. Versi gratis dari HitFilm Express menyediakan lebih dari 400 efek visual dan presets yang bisa kamu gunakan untuk membuat berbagai video yang eye-catching.

3. Lightworks

Next, ada aplikasi video editing bernama Lightworks yang bisa kamu gunakan dengan laptop Aspire 7 Gaming. Lightworks adalah aplikasi video editor non-linear yang powerful namun tetap bisa digunakan secara gratis. Versi gratis dari aplikasi ini dapat support video beresolusi tinggi, multi-track editing, real-time effects, dan precise trimming. Lightworks juga menyediakan berbagai macam opsi export, sehingga memungkinkan kamu untuk membagikan hasil edit kamu ke berbagai platform dengan mudah.

4. DaVinci Resolve

Rekomendasi aplikasi edit video di laptop gratis yang keempat yaitu DaVinci Resolve. DaVinci Resolve adalah software edit video dengan fitur lengkap yang banyak digunakan oleh industri profesional. Versi gratis dari aplikasi ini menyediakan editing tools yang komprehensif, termasuk di antaranya yaitu fitur color correction, multi-track editing, audio mixing, dan visual effects. Aplikasi ini menawarkan workflow yang seamless dan cocok untuk editor pemula maupun editor berpengalaman.

5. OpenShot

OpenShot merupakan aplikasi video editor yang user-friendly dan cocok untuk pemula. Aplikasi ini menawarkan interface yang simple, dengan fungsi drag-and-drop, sehingga memudahkan pengguna dalam mengatur dan mengedit video. OpenShot juga mendukung berbagai format video, menyediakan fitur editing dasar, serta memungkinkan pengguna untuk menambahkan transisi, judul, serta efek.

6. Blender

Mungkin banyak yang mengenal Blender sebagai aplikasi 3D modeling serta animasi, namun di samping itu, Blender juga memiliki kemampuan untuk mengedit video dengan powerful. Dalam aplikasi ini, ditawarkan berbagai fitur esensial, termasuk cutting, splicing, dan audio mixing. Pengguna juga dapat mengkombinasikan antara video editing dengan animasi 3D, sehingga membuat mereka dapat menciptakan efek visual yang mempesona.

7. VSDC Free Video Editor

Aplikasi edit video di laptop gratis selanjutnya yaitu VSDC Free Video Editor. Software video editing yang satu ini menawarkan berbagai tools dan effects yang dapat memperkaya hasil edit video kamu. Aplikasi ini mendukung beragam format video maupun audio serta menyediakan fitur yang advance, seperti motion tracking, video stabilization, dan mode blending. Aplikasi ini juga menyediakan built-in screen recorder dan DVD burning tool.

8. iMovie

iMovie adalah aplikasi edit video yang dikembangkan oleh Apple khusus untuk pengguna macOS dan iOS. Meskipun penggunaannya terbatas hanya untuk Apple device, namun aplikasi ini menyediakan interface yang intuitif, disertai tools basic untuk editing, dengan beragam template dan tema yang menarik. iMovie juga menawarkan integrasi yang seamless dengan berbagai aplikasi Apple lainnya, sehingga sangat convenient bagi para pengguna Apple.

9. Avidemux

Avidemux merupakan aplikasi video editing yang bisa digunakan baik untuk Windows maupun macOS. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur editing basic, seperti cutting dan encoding, serta berbagai filter menarik. Tampilan interface dari Avidemux cukup simple dan mudah untuk dimengerti bagi pengguna pemula. Aplikasi ini cukup menarik untuk dicoba karena gratis dan bebas watermark.

10. FilmoraGo

Rekomendasi aplikasi edit video di laptop gratis yang terakhir adalah FilmoraGo. FilmoraGo adalah aplikasi editing video yang menyediakan versi desktop baik untuk Windows maupun untuk macOS. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis namun terdapat watermark yang akan muncul pada hasil edit video kamu. Pada aplikasi ini, tersedia berbagai macam efek, template, dan filter menarik yang bisa kamu gunakan untuk memperindah tampilan video kamu.

Demikian 10 aplikasi gratis paling rekomen untuk edit video di laptop yang bisa kamu gunakan di laptop Acer Aspire 7 Gaming. Buat kamu yang butuh laptop berperforma kencang dengan desain yang minimalis dan profesional untuk edit video, Aspire 7 Gaming bisa jadi teman setia kamu. Checkout sekarang juga melalui tautan ini dan rasakan fitur menariknya!