Proyektor DLP, Proyektor High Quality dengan Gambar yang Jernih

August 3, 2021

Untuk presentasi atau sekadar menikmati film dan game bersama-sama dengan orang lain via laptop atau desktop, kamu tentu membutuhkan proyektor. Di pasaran, proyektor sendiri terbagi dua jenis. Yang pertama adalah proyektor LCD (Liquid Crystal Display) dan yang kedua adalah proyektor DLP (Digital Light Processing). 

Kamu mungkin sudah tak asing mendengar tentang proyektor LCD yang sering dipakai di kampus-kampus dan kantor. Namun, sudahkah kamu tahu fitur dari proyektor DLP? Proyektor yang satu ini digadang-gadang sebagai high-end projector. Bukan hanya dipakai untuk keperluan home theater, DLP juga biasa dipakai di bioskop-bioskop untuk memutar film.

Bagaimana Cara Kerja Proyektor DLP?

Dalam sebuah proyektor DLP terdapat cermin super kecil yang mewakili setiap piksel. Cermin-cermin ini kemudian akan mengolah gambar yang diterima dan menghasilkan gambar dasar dengan warna abu-abu.

Gambar tersebut akan diolah ke dalam color disc/wheel dengan warna RGB. Melalui chip DLP, gambar akan direfleksikan untuk kemudian dikirim ke lensa dan diproyeksikan ke layar.

Baca juga: 6 Jenis dan Fungsi Port untuk Proyektor yang Sesuai Kebutuhanmu

Apa Kelebihan DLP?

Mengapa proyektor DLP dianggap memiliki kualitas yang tinggi? Alasannya adalah karena gambar yang dihasilkan oleh proyektor DLP memiliki piksel yang amat kecil, sehingga membuat gambar yang diproyeksikan terlihat jelas dan tajam, tanpa no screen door atau celah (pixelated). 

Akurasi warnanya pun hampir sempurna sehingga warna pada gambar/video yang diproyeksikan pun sama persis dengan aslinya. Tentu saja ini adalah kualitas yang sulit kamu dapatkan dari proyektor LCD. 

Proyektor DLP juga lebih praktis jika dibandingkan dengan proyektor LCD. Ukurannya lebih kecil, konsumsi dayanya pun lebih rendah. Jadi, wajar saja jika penayangan film di bioskop  memerlukan proyektor seperti ini yang dipilih.

DLP

Menjajal Ketangguhan Proyektor DLP Lewat BS-120PV

DLP projector adalah jenis proyektor yang layak dipilih untuk kualitas proyeksi gambar yang menawan dan nyaman untuk dinikmati. Acer pun menghadirkan proyektor DLP melalui Acer WUXGA 1920×1200. Ini adalah resolusi setara gambar high definition yang sangat cocok untuk presentasi atau bahkan menonton film.

Berkat adanya contrast ratio dynamic black mencapai 20.000:1, kecerahan hingga 4.000 ANSI Lumens (Mode Standard) dan 3.200 ANSI Lumens (untuk Mode Hemat Daya), kamu bisa menikmati presentasi dengan jelas tanpa perlu khawatir mata menjadi lelah. Semua kelebihan Proyektor BS-120PV yang memiliki kecerahan visual tertinggi di kelasnya. Lebih canggih daripada pendahulunya, seri proyektor terbaru ini sudah dilengkapi dengan resolusi maximum itu didukung dengan daya baterai yang cukup panjang mencapai 5.000 jam untuk mode standar dan 10.000 jam untuk Mode Ekonomis.

Proyektor BS-120PV adalah proyektor yang layak untuk dipilih jika yang kamu inginkan adalah kualitas. Apa pun kebutuhanmu, proyektor ini mampu memberikan hasil gambar terbaik dengan masa pakai yang lama. Tak perlu bingung recharge saat kamu sedang mobile karena proyektor ini memiliki daya tahan baterai yang tahan lama.

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Lensa Proyektor dengan Benar

Sekarang, kamu sudah lebih mengenal kelebihan proyektor DLP dan keunggulannya dibandingkan proyektor LCD. Apakah kamu jadi ingin mencoba berbagai kelebihannya sendiri? Jika iya, kamu bisa mencobanya dengan Acer Proyektor BS-120PV yang bisa didapatkan di Acer e-Store.