Prosesor AMD Ryzen 3000, Generasi Ke-3 yang Super Kuat!

September 29, 2019

Prosesor AMD Ryzen 3000 memang lagi “panas” banget, karena baru diluncurkan pada Juli lalu. Kehadirannya membawa angin segar bagi para tech geek karena menghadirkan peningkatan kinerja yang luar biasa dibandingkan generasi sebelumnya.

Keluarga AMD Ryzen generasi ke-3 kini telah diboyong ke Tanah Air dalam tiga pilihan model, yakni Ryzen 5, Ryzen 7, dan Ryzen 9. Prosesor AMD Ryzen baru ini hadir hingga 16 core dan 32 thread untuk pertama kalinya lewat seri Ryzen 9 3950X. Yang menarik, AMD Ryzen™ 3000 dapat menghasilkan performance lebih baik, memudahkan overclocking, dan meningkatkan instruction per clock (IPC).

Baca Juga: Deretan Laptop Gaming Murah Ini Punya Jeroan Kencang Abis!

Sebelum jauh membahas keunggulan setiap model prosesornya, kamu harus tahu dulu keunggulan yang ditawarkan AMD Ryzen 3000 itu sendiri. Berikut beberapa daya tarik utama prosesor sehingga membuatmu ingin miliki perangkatnya!

Performa meningkat drastis

CPU Ryzen™ generasi ketiga ini dibangun dengan fabrikasi 7 nanometer arsitektur Zen 2. Arsitektur Zen 2 merupakan penerus dari arsitektur Zen dan Zen+ yang merupakan ‘otak’ dalam chip AMD generasi pertama dan kedua. Arsitektur ini juga menawarkan performa IPC yang lebih tinggi hingga 15% dan konsumsi daya lebih irit ketimbang arsitektur Zen generasi sebelumnya.

Jagi, nggak perlu ragu memiliki laptop dengan AMD Ryzen 3000, spAcer. Seperti Swift 3 (SF314-41) yang sudah ditenagai Ryzen 5 untuk memberikan kinerja yang luar biasa saat digunakan kerja, browsing internet, nonton video, hingga video call bersama keluarga. Prosesor tersebut juga membuat Swift 3 ini punya kekuatan gaming yang fantastis.

Mulus untuk main game

Sebagian besar seri AMD Ryzen 3000 sudah terintegrasi kartu grafis Radeon. Keunggulan ini menjadikan prosesor ini lebih hebat dalam hal gaming maupun pekerjaan berat lain seperti mengedit video. Makanya, kehadiran barisan AMD Ryzen 3000 sukses merebut mahkota popularitas dari pesaingnya.

Dalam sebuah pengujian, terbukti bahwa performa Ryzen™ 3800X menandingi Intel® Core™ i9-9900K untuk game PUBG. Pengujian lainnya juga diketahui bahwa Ryzen™ 3900X untuk aplikasi Blender Render bisa mengalahkan Intel® Core™  i9-9920X dengan performa lebih dari 16%.

Prosesor AMD Ryzen 3000

Beruntunglah, sudah ada desktop Nitro 50 (N50-110) dengan AMD Ryzen™ 7 dan Radeon ™ RX 580 asyik banget dipakai multitasking maupun mendukung produktivitas kerja. Bahkan, performanya yang luar biasa dapat digunakan untuk berbagai pekerjaan berat seperti gaming, video editing atau encoding.

Terdapat pula laptop Nitro 5 (AN515-43) dengan AMD Ryzen™ 5 dan Radeon™ RX 560X yang memungkinkan kamu menikmati level baru dari gaming. Ditambah lagi layar laptop Full HD sehingga memaksimalkan kepuasan bermain game favoritmu!

Inovasi fitur-fitur baru yang luar biasa

Prosesor AMD Ryzen 3000 menjadi prosesor pertama dengan dukungan konektivitas PCIe 4.0 di dunia. Ini adalah sebuah kemajuan pesat pada AMD Ryzen 3000 dan akan didukung motherboard terbaru, yakni motherboard X570. Kehadirannya membuat kinerja laptop jadi jauh lebih cepat dan responsif dibandingkan sebelumnya. Selain itu, kinerja penyimpanan pun lebih cepat sampai 42% dan sokongan grafis dapat bekerja lebih maksimal.

Fitur esensial lain dari prosesor AMD Ryzen 3000 adalah Backward Compability dengan beberapa motherboard yang berbeda dari generasi sebelumnya. Ini berarti kamu yang memiliki prosesor AMD Ryzen generasi sebelumnya, tak perlu khawatir untuk upgrade ke AMD Ryzen™ 3000 yang baru karena akan bisa berjalan normal di motherboard lama (motherboard X450 dan X470).

Baca Juga: Laptop Gaming Nitro 5 Ryzen 5 3rd Generation dengan Kekuatan Multitasking

Terakhir, keluarga prosesor ini dipadukan dengan pendingin bawaan terbaik Wraith Prism Cooler yang membuat kinerja perangkat bebas panas dan beroperasi senyap. Sistem pendingin ini bisa kamu dapatkan pada AMD Ryzen™ 9 dan AMD Ryzen™ 7 generasi ke-3 seri apa saja.

Nah, itu dia beberapa keunggulan yang dimiliki prosesor AMD Ryzen 3000. Jadi, jangan ragu untuk memiliki perangkatnya karena mampu memaksimalkan segala kebutuhan seharianmu!