14 Mei 2024

Resolusi 4K vs 1080p: Bagaimana Perbedaan Pengalaman Gaming Antara Kedua Visual Ini?

Perkembangan teknologi layar saat ini semakin canggih. Resolusinya pun semakin lama kian meningkat hingga mencapai 8K (7680 × 4320). Namun, resolusi 4K (3840 x 2160) untuk saat ini masih menjadi benchmark, alias tolak ukur karena produksi yang sudah diproduksi secara masal bersama resolusi 1080p yang artinya setingkat di bawahnya.

Dengan produksi yang sudah mulai masif, layar 4K pun sudah mulai menjadi primadona dengan harganya yang semakin berkurang sejak debut pada 2013. Namun, harganya tetap masih lebih tinggi dibandingkan layar 1080p sekitar 100-200 dolar. Makanya, masih banyak gamer yang tetap memilih layar 1080p dari sisi ekonomisnya.

Nah, jika kamu secara kebetulan sedang bingung menentukan untuk pilih layar 4K atau 1080p, langsung saja simak perbedaan pengalaman visual 4K dan 1080p ini!

4K Sudah Pasti Lebih Puas Dipandang Mata

Jika membandingkannya secara kasat mata, monitor dengan resolusi 4K jelas lebih unggul. Salah satu faktor paling dasar adalah resolusi yang lebih besar. Berapa sebenarnya resolusi pada 4K? Secara matematika yaitu hingga empat kali lebih besar ketimbang 1080p, sedangkan berapa pixel resolusi 1080p yaitu 1,920x1,080. Kesimpulannya, 4K dapat membuat tampilan di layar semakin terlihat detail. Apalagi jika monitor atau layar tersebut berdimensi besar.

Selain itu, hal yang membuat 4K lebih berkualitas adalah fitur HDR (high dynamic range) yang membuat semuanya terlihat makin detail di layar. Gambar yang terang terlihat lebih terang, yang gelap jadi gelap, serta warna yang makin colorful. Selain itu, ada juga teknologi OLED yang hampir eksklusif untuk 4K. OLED bikin layar terlihat makin gelap tanpa mengurangi kecerahan. Biasanya, teknologi ini dipasangkan untuk monitor gaming atau TV zaman sekarang.

Perbedaan resolusi 1080p dan 4K juga sering dibandingkan dengan resolusi 720p. Perbedaan ketiganya ada pada kebutuhan bandwidth dan data, yang mana resolusi 720p membutuhkan lebih sedikit dari 1080p dan 4K. Dengan begitu, perbedaan resolusi 720p dengan 1080p atau 4K ada pada anggaran yang lebih hemat bagi yang melakukan streaming konten di perangkat. Namun secara pixels, 1080p memberikan tampilan visual lebih smooth sehingga dapat memberikan pengalaman gaming lebih memuaskan dibandingkan resolusi 720p.

“Mendekatkan yang Dekat”

Istilah ini sangat mewakili betapa detailnya perbedaan layar 4K jika dibandingkan 1080p. Karena resolusi yang makin besar, gambar yang ditampilkan pun jauh lebih detail sehingga gambar kecil seperti bulu atau rambut bisa terlihat jelas selama kalian melihatnya di layar yang besar. 

Hal ini pun membuat visual 4K makin cantik dilihat dari jarak yang lebih dekat. Perbandingannya bisa mencapai dua kali lebih dekat dari TV 1080p. Meski begitu, bukan berarti melihat dari jauh membuat layar 4K tampak jelek. Gambar yang dihasilkan tetap terlihat detail. Namun, level detailnya jadi lebih luar biasa jika kamu melihatnya dari jarak yang lebih dekat.

Faktor Upscaling Bisa Jadi Isu yang Mengganggu

Layar 4K memang bisa menampilkan video yang lebih detail sekaligus lebih halus. Namun, kondisi tersebut baru bisa terwujud jika kita bermain game dengan resolusi 4K atau setidaknya 1080p. Jika resolusinya lebih kecil, risiko upscaling pun akan terasa sehingga pengalaman bermain jadi lebih buruk.

Upscaling merupakan istilah yang mewakili layar yang lebih besar ketimbang video yang ditampilkan. Game zaman sekarang sudah banyak yang mampu menampilkan grafis 1080p atau minimal 720p ke atas. Namun, ada banyak juga game jadul yang secara grafis sengaja ditampilkan dengan resolusi rendah.

Karena monitor 4K, gambar beresolusi rendah yang tampak pun jadi lebih buruk ketimbang layar beresolusi 1080p. Apalagi jika layar yang kamu punya berukuran besar hingga 27 inci ke atas.

Game dan Hardware Sudah Banyak Kompatibel dengan 4K

Sebagai gamers, layar 4K punya daya tariknya tersendiri karena mampu menampilkan gambar yang sangat detail. Lagipula, layar 4K bukan lagi hal yang eksklusif karena ketersediaannya yang sudah masif di pasaran meski harganya lebih mahal. Apalagi, game, maupun PC dan konsol, sudah banyak yang mendukung resolusi 4K. 

Begitu juga dengan hardware bawaannya seperti prosesor dan kartu grafis yang semakin canggih. Misalnya monitor gaming yang punya refresh rate tinggi dan response time yang rendah tentu menjamin visual yang lebih menawan pada layar 4K. Bahkan, kartu grafis pun punya teknologi tersendiri yang bisa menyesuaikan tampilan pada monitor dan game seperti G-Sync dari NVIDIA.

Selain video game, tayangan film dan serial dari VoD (video on demand) seperti Netflix atau Hulu pun sudah banyak yang mendukung 4K. Memang belum semua film dan tayangan VoD yang mendukung 4K. Namun, mereka yang telah menyediakan tayangan 4K sudah wajib masuk ke dalam wishlist selagi kamu punya layar 4K.

***

Nah, dengan segala kelebihan yang bisa kalian dapatkan dari monitor 4K, berarti sekarang saatnya kalian memilih monitor gaming yang tepat. Monitor gaming Nitro VG280K bisa menjadi pilihan yang tepat.

Monitor satu ini memiliki layar 27 inci dengan resolusi IPS 4K plus desain ZeroFrame sehingga menghasilkan area pandang yang luas dan lega, dengan detail gambar maksimal. Dilengkapi pula fitur AMD FreeSync untuk memberikan sensasi main game bebas tearing dan stuttering. Ditambah lagi fitur Split Screen untuk efisiensi dan lebih puas main game. Ini adalah satu-satunya monitor dengan built-in speaker stereo, lho!

Bagikan Artikel

Artikel Lainnya