7 Peralatan Esensial untuk Jadi Vlogger Profesional

December 5, 2021

Saat ini, vlogger telah menjadi profesi yang cukup didambakan oleh para generasi muda. Menyenangkan, kreatif, dan penuh dengan ide konten menarik, itulah hal yang identik dengan para vlogger. Namun, menjadi vlogger sebenarnya tidak semudah itu. Selain harus memiliki tekad yang kuat untuk konsisten membuat konten, kamu juga memerlukan banyak peralatan vlogger agar dapat menciptakan konten terbaik.

Karena itu, sekarang kita akan membahas peralatan dan perlengkapan vlogger apa saja yang kamu butuhkan agar dapat menjadi vlogger profesional.

Vlogger

DSLR dan Kamera Mirrorless

Tentu saja, untuk menjadi content creator atau vlogger, minimal kamu perlu memiliki DSLR dan kamera mirrorless untuk merekam berbagai aktivitas atau kontenmu. Mengapa harus keduanya? Hal ini karena kamu mungkin harus merekam dalam situasi khusus dan menyediakan keduanya akan membuat kamu mempunyai lebih banyak pilihan. 

Jika kamu ingin menghasilkan konten yang bagus di berbagai situasi, kamu dapat mengandalkan DSLR dengan berbagai pilihan lensa yang dapat kamu sesuaikan. Namun, jika kamu menginginkan kamera yang ringan dan praktis dengan kualitas baik, kamu dapat menggunakan kamera mirrorless. Kekurangan kamera mirrorless hanyalah tidak dapat terlalu diandalkan dalam kondisi pencahayaan redup.

Vlogger

Smartphone

Memiliki DSLR atau kamera mirrorless memang ideal, namun bukan berarti kamu tidak bisa berekspresi dengan kamera smartphone. Bagi vlogger, merekam konten di smartphone juga merupakan bagian dari profesi karena ide dan momen terbaik bisa muncul tiba-tiba. Merekam dan membuat konten dengan menggunakan smartphone jauh lebih mudah dan cepat sehingga cocok untuk konten-konten yang mengikuti momentum tertentu.

Saat ini, teknologi smartphone sudah semakin canggih sehingga kamu dapat membuat konten keren hanya dengan memanfaatkan kamera di smartphone. Sebagai vlogger, kamu juga perlu menyapa followers dan subscribers serta membagikan kegiatan sehari-harimu melalui video singkat di media sosial. Selain itu, tentu kamu juga tidak boleh ketinggalan informasi yang dapat dengan mudah kamu temukan sambil browsing di internet dan media sosial menggunakan smartphone. Jadi, smartphone menjadi peralatan vlogger yang wajib ada dan dibawa setiap saat.

Baca juga: Asah Kreativitas Kamu di Workshop Online “#MoreUp, Semua Orang Bisa Jadi Konten Kreator”!

Vlogger

Tripod

Tripod merupakan perlengkapan vlogger yang sangat penting untuk jika ingin menciptakan video dengan kualitas baik dan stabil. Tripod membuat kamu mampu mengambil video terbaik dari sudut pandang yang berbeda-beda dengan usaha yang lebih sedikit. Dengan tripod, kamu dapat menghasilkan video yang fokus dan stabil (tidak blurred) karena tripod mampu menyangga kamera dengan baik. Selain itu, berbeda dengan monopod, tripod dapat digunakan dari jarak jauh sehingga kamu juga bisa mengambil video dengan latar belakang yang lebih luas.

Vlogger

Stabilizer/Gimbal

Berbeda dengan tripod, stabilizer atau gimbal juga kamu perlukan jika ingin membuat video dengan pergerakan kamera yang lebih dinamis. Namun, jika terlalu banyak menggerakkan kamera saat merekam, hasil videonya mungkin saja akan blurred dan tidak maksimal. Karena itu, kamu membutuhkan stabilizer untuk mengurangi guncangan dan membuat video kamu terlihat lebih halus dan tajam. Namun, perlu diingat, stabilizer biasanya cukup berat sehingga kamu juga harus memiliki fisik yang kuat untuk menggunakannya agar tidak cedera.

Vlogger

Mikrofon

Keberadaan mikrofon juga tidak boleh kamu lupakan untuk menciptakan konten terbaik. Memang, saat mereka video, kamera pasti dapat menangkap suaramu. Namun, suara yang ditangkap terbatas dan volumenya pun tergantung seberapa dekat jarak kamu dengan kamera. Selain itu, suaranya pun akan banyak noise (suara bising di sekitar) sehingga suaramu tidak akan terdengar jelas. Di sinilah fungsi mikrofon untuk vlogger, yaitu dapat membuat suaramu tetap terdengar jelas dalam video tanpa terganggu dengan suara sekitar. 

Vlogger

Lighting

Menjadi vlogger, kamu mungkin akan menemukan situasi saat kamu harus merekam pada malam hari atau di ruangan gelap. Karena itu, kamu juga membutuhkan peralatan lighting sederhana untuk membuat konten yang keren. Misalnya saja untuk merekam video di kamarmu, meski ada lampu, videomu dapat terlihat gelap dan tidak jelas karena cahaya yang masuk ke lensa kurang. Untuk menyiasatinya, kamu perlu menyiapkan LED portable yang memiliki fitur dimmer yang dapat digunakan untuk mengatur intensitas cahaya.

Vlogger

Laptop

Kita sudah banyak membahas peralatan vlogger untuk merekam video. Namun, kamu tidak boleh melupakan laptop untuk menyempurnakan semua video yang telah kamu rekam. Laptop yang memiliki fitur lengkap akan mampu mendukung segala aktivitas video editing dan membantu kamu menciptakan konten yang lebih menarik dan bervariasi. Seperti laptop Acer Swift X (SFX14-41G) yang telah dibekali dengan prosesor NVIDIA® GeForce RTXTM3050 terbaru untuk mendukung proses video editing yang lebih cepat.

Baca juga: Swift 3 Infinity 4, (SF314-511), Laptop Ultrathin untuk Kenyamanan Si Aktif Mobile

Acer Swift X hadir dengan layar IPS resolusi FHD dengan cakupan spektrum warna 100% sRGB, mampu menampilkan warna yang akurat sehingga dapat mendukung proses kreatifmu. Selain itu, bodinya yang ramping dan ringan juga sangat cocok untuk vlogger yang tentu saja memiliki aktivitas mobile yang tinggi. Jadi, kamu dapat berkreasi dari mana saja.

button_acer e-store