Penggunaan VESA Mount pada Monitor

December 23, 2022

Flat Display Mounting Interface (FDMI), juga dikenal sebagai VESA Mounting Interface Standard (MIS), adalah format pemasangan standar yang memudahkan pemasangan untuk monitor Anda. Dengan VESA Mount, memungkinkan Anda memasang layar di dinding sehingga tidak memakan banyak ruang.

Sistem ini diterapkan oleh Video Electronics Standards Association (VESA) pada tahun 1997 dan telah berkembang untuk mengikuti perubahan. Varian baru telah ditambahkan karena monitor menjadi lebih besar dan lebih berat.

Sistem pemasangan VESA terdiri dari berbagai varian, tergantung pada tampilan yang Anda coba pasang. Ini memperhitungkan semua jenis variabel termasuk jarak antara lubang pemasangan, berat maksimum yang dapat dipegang oleh dudukan, dan ukuran sekrup serta jenis ulir yang digunakan.

Anda juga dapat menggunakan sistem pelabelan untuk mengetahui dudukan mana yang perlu dibeli untuk televisi atau monitor.

Varian VESA Mount

Varian VESA Mount sering diberi label dengan huruf, diikuti dengan ukuran pola. Misalnya: VESA MIS-D 100×100. Dalam pelabelan ini, MIS-D menunjukkan tampilan menggunakan standar D, sedangkan 100×100 berkaitan dengan ukuran pola dalam milimeter.

Baca juga: ConceptD, Laptop Desain dengan Ezel Unik, Dilengkapi Bundling Membership Adobe Creative Cloud!

Sayangnya, sistem ini bisa menjadi sedikit rumit karena satu varian dapat merujuk ke beberapa ukuran pola. Misalnya, varian VESA MIS-D yang disebutkan di atas dapat menggunakan ukuran pola 100x100mm atau 50x100mm. Untuk alasan ini, Anda akan sering melihat produsen menentukan ukuran pola seperti 100×100 atau 75×75 dalam materi pemasaran atau teknis mereka.

Untungnya, banyak produsen telah memecahkan masalah ini dengan membuat dudukannya dapat disesuaikan. Namun, tetap penting untuk mencocokkan dudukan monitor dengan hati-hati untuk memastikan tidak melebihi batasan berat apa pun.

Jika membeli monitor baru dan ingin memasangnya, Anda harus meminta penjual merekomendasikan pemasangan yang sesuai. Anda tidak harus membeli rekomendasi persis mereka, tetapi setidaknya akan mendapatkan gambaran tentang apa yang harus dicari.

Untuk rekomendasi monitor, ada Monitor Acer K273 dengan layar IPS 27 inci dan beresolusi Full HD 1920 x 1080

Baca jugaMengapa Desainer Grafis Direkomendasikan Pakai Desktop All-in-One?

Monitor ini dilengkapi dengan response time 1ms VRB yang menghindari terjadinya efek screen tearing dan didukung color gamut NTSC 72% atau 100% sRGB yang menghasilkan warna lebih nyata.

Monitor Acer K273 mengusung desain zero frame sehingga tampilan layar terasa lebih luas serta tampak lebih stylish. Walaupun perlu bekerja lama di depan layar, monitor ini sudah dibekali fitur BluelightShield™, Flickerless, dan Comfyview untuk menjaga kesehatan mata agar pengguna dapat lebih nyaman, sehingga produktivitas kerja juga semakin meningkat.

Monitor K273 juga  sudah dilengkapi speaker sehingga tidak perlu beli speaker eksternal sehingga tidak banyak barang di meja. Tetapi jika Anda mau mau speaker yang lebih tinggi, Acer juga  memiliki port audio in out untuk mensupportnya.

Visual Baru:

Selain itu, tersedia dudukan ergonomis yang dapat dimiringkan dari -5 hingga 15 derajat. Membuat pengguna bisa lebih leluasa mencari posisi paling nyaman saat menggunakan monitor ini dan memasang vesa mount.

Selain memastikan kenyamanan pengguna, Acer juga memastikan bahwa pengguna merasa aman selama menggunakan monitor K273 karena Acer memberikan garansi 3 tahun untuk sparepart, 3 tahun untuk service dan 3 tahun untuk panel serta tambahan 1 tahun perlindungan Accidental Damage Protection untuk melindungi monitor dari ketumpahan air, jatuh, dan korsleting listrik. Dengan ini, pengguna dapat mengandalkan Acer Customer Service Center jika mengalami gangguan pada monitor K273.

Layanan ini tersedia dalam periode yang terbatas dan dapat dinikmati untuk konsumen yang melakukan pembelian hingga 31 Desember 2022.

Spesifikasi Monitor Acer K273:

Model NameK273
Display Size27“ 
Resolution1920×1080
Viewing angle (CR = 10)178°(H),178°(V) 
Max Refresh Rate75 Hz
Panel/ FrameIPS/ ZeroFrame
AMD FreeSyncYes
GlareNo
Response time (G/G)1ms (VRB)
Contrast ratio (ACM)100,000,000 : 1
Brightness250 nits (cd/m2)
Colors16.7 million
Bits6bit + Hi-FRC
Color Saturation72% NTSC / 100% sRGB
Input signalVGA+HDMI (v1.4)+SPK+Audio in+Audio out
Speakers2Wx2
VESA wall mounting100 x100mm
Power supply (100 V -240 V)Internal
Tilt-5°to 15°
Warranty3 years sparepart, 3 years service, 3 years panel
PriceRp 2.475.000

Monitor Acer K273 resmi tersedia di Indonesia dan dijual dengan harga Rp 2.475.000. Monitor Acer K273 bisa didapat melalui penjualan online di Acer eStore, ecommerce, ataupun jaringan penjualan Acer terdekat di kota Anda. 

Pasang Vesa Mount di monitor Acer K273Y biar makin kece dan nyaman.