26 Desember 2022

Menjadi Tenaga Pendidik yang Inspiratif di Era Digital

Saat ini dunia telah banyak mengalami kemajuan di bidang teknologi digital. Teknologi digital yang semakin canggih ini membuat orang mudah melakukan banyak aktivitas digital termasuk diantaranya tenaga pendidik. Tenaga pendidik yang masih mengajar dengan menggunakan metode lama akan membuat peserta didik menjadi kurang tertarik dan jadi malas belajar di kelas. Oleh karena itu tenaga pendidik perlu mencari cara bagaimana menjadi tenaga pendidik yang inspiratif di era digital.

Untuk menjadi tenaga pendidik yang inspiratif mungkin akan penuh tantangan namun bukan berarti sulit terwujud. Tenaga pendidik harus bisa menginspirasi murid untuk berpikir sehingga rasa ingin tahunya selalu berkembang dan terjadi perubahan bagi diri siswa ke arah yang lebih baik. Tenaga pendidik juga harus memiliki kualifikasi yang mumpuni agar peserta didik dapat memahami materi yang disampaikan. 

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjadi tenaga pendidik yang inspiratif di era digital 

  1. Tenaga pendidik maupun calon tenaga pendidik dituntut harus terampil dalam menciptakan pembelajaran yang menarik di kelas, tujuannya agar peserta didik tidak bosan dengan materi yang dijelaskan. Selain itu, media pembelajaran yang dibuat harus mampu membuat peserta didik memahami materi yang sedang disampaikan. Melalui kreativitas serta keterampilan yang dimiliki, tenaga pendidik mampu menciptakan metode pembelajaran yang menarik dengan menggunakan media visual, audio, maupun audio visual.
  2. Suasana belajar di kelas yang membosankan membuat anak cenderung menjadi pasif, dengan terciptanya suasana kelas yang menarik dapat membuat peserta didik betah belajar di kelas. Misalnya menyelingi pembelajaran dengan bermain game. Tenaga pendidik harus mampu menciptakan game-based learning agar di samping belajar, peserta didik dilatih untuk berpikir kritis dengan game yang menyenangkan tersebut. 
  3. Tenaga pendidik harus mau belajar pengetahuan dan keterampilan baru yang dibutuhkan di era digital. Caranya, tenaga pendidik bisa mengikuti berbagai pelatihan-pelatihan yang berhubungan dengan pendidikan seperti salah satunya Jelajah Ilmu Academy yang diselenggarakan oleh Acer misalnya. 
  4. Tenaga pendidik harus mampu berkolaborasi dengan sesama pendidik dari berbagai wilayah Indonesia. Bahkan jika bisa, mereka juga dapat berkolaborasi dengan sesama pendidik dari berbagai negara. Hal ini bertujuan untuk menciptakan semangat dalam menciptakan pembelajaran yang berkualitas di era digital. Semangat berkolaborasi juga dapat meningkatkan keterampilan digital tenaga pendidik, biasanya hal ini didapat dari melakukan diskusi dan sharing bersama.
  5. Mampu Memanfaatkan Perkembangan Teknologi 

Untuk menjadi tenaga pendidik yang inspiratif, tentunya Bapak/Ibu guru harus bisa memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada ke dalam pembelajaran. Selain memudahkan proses belajar mengajar, penggunaan teknologi dapat menciptakan kelas yang lebih inovatif dan kreatif. 

Produk Acer Untuk Dukung Tenaga Pendidik di Era Digital

Dapat disimpulkan jika salah satu cara untuk menjadi tenaga pendidik yang inspiratif di era digital ini adalah dengan pemanfaatan teknologi agar proses belajar mengajar jadi lebih inovatif dan kreatif. Untuk mendukung kelancaran pemanfaatan teknologi dalam proses belajar mengajar, Anda bisa menggunakan perangkat teknologi dengan fitur terkini seperti rangkaian produk dari Acer. 

Acer memiliki rangkaian produk yang dapat membantu tenaga pendidik dalam menciptakan pendidikan yang berkualitas dengan daftar perangkat teknologi yang mendukung. Hal ini karena Acer terus berinovasi menciptakan produk terlengkap untuk mendukung aktivitas pembelajaran mulai dari Chromebook untuk siswa, TravelMate untuk para guru, staff dan kepala sekolah, server untuk menyimpan data-data sekolah hingga virtual desktop yang telah menggunakan perangkat lunak terbaik seperti Windows 11. 
Rangkaian produk Acer tersebut, semua bisa Anda temukan informasinya melalui tautan berikut.

Bagikan Artikel

Artikel Lainnya