Panduan Memaksimalkan Acer Iconia A500

July 26, 2011

Cara Menghemat Baterai

  1. Ketika sedang tidak tersambung dengan WiFi, pastikan kamu mematikan opsi pencari WiFi (Settings > Wireless & networks > Wi-Fi). Mau lebih praktis? Langsung pilih opsi “Airplane Mode” di taskbar.
  2. Atur screen timeout agar layar dapat otomatis mati/ standby setelah Iconia tidak aktif dalam waktu yang ditentukan (Settings > Screen > Timeout). 3. Dengan mengatur screen brightness ke “Auto” maka pencahayaan akan langsung menyesuaikan dengan lingkungan.
  3. Manajemen widget dan aplikasi. Gunakanlah widget yang penting untukmu karena akan mengonsumsi baterai lebih banyak, terutama untuk widget yang harus sinkron secara online seperti YouTube atau Gmail.
  4. Aplikasi auto-sync (Settings> Account & sync) akan lebih banyak mengonsumsi baterai dan juga kuota internet. Namun bila kebutuhan online spAcer tinggi, sepertinya fitur auto sync tetap penting untuk diaktifkan.
  5. Untuk mengetahui apa saja yang menghabiskan baterai, bisa langsung melihat “Battery use” (Settings > Applications > Battery use)

Android Market & Aplikasi

  1. Di Android Market, spAcer bisa menggunakan “Content Filter” untuk menyaring jenis aplikasi yang ditampilkan sesuai umur (Market > Settings > Content filter)
  2. Sebelum mengunduh sebuah aplikasi, terutama bukan aplikasi populer, spAcer sebaiknya meneliti kembali rating, permission dan review dari pengguna lain.
  3. Di Android Market menawarkan banyak aplikasi gratis yang bisa langsung diunduh, namun ada pula aplikasi berbayar dengan harga yang beragam.
  4. Untuk membeli aplikasi berbayar, spacer harus memiliki kartu kredit dan membuka akun di Google Checkout. Dan pastikan akun e-mail yang didaftarkan di Google Checkout sama dengan akun e-mail yang didaftarkan di Acer Iconia-mu.
  5. Update app. Aplikasi yang telah diunduh di Market biasanya akan melakukan penyesuaian dari waktu ke waktu. Ketika tersedia update, akan muncul di market. spAcer bisa memilih “Allow automatic updating” atau melakukannya secara manual untuk bisa lebih teliti membaca update apa saja yang ditawarkan oleh developer.
  6. Masih belum memiliki Acer Iconia dan pensaran aplikasi-aplikasi apa saja yang tersedia di Android Market? spAcer bisa berkunjung ke market.android.com untuk men-survey langsung berbagai aplikasi yang ditawarkan.

Touch Screen

  1. Pada Acer Iconia, fungsi mouse kanan yang biasa ditemukan di PC/ laptop digantikan dengan menekan lama screen. Setelah menekan agak lama, biasanya akan muncul pilihan, seperti ketika di Home akan muncul pengaturan display, atau ketika menekan lama sebuah gambar di browser akan ada pilihan menyimpan atau share gambar.
  2. Berikut panduan untuk gerakan yang bisa dilakukan di layar Acer Iconia:

Konektivitas

  1. Acer Iconia A500 memiliki konektivitas WiFi, yang berarti harus menggunakan WiFi untuk tersambung dengan internet.
  2. Untuk mobilitas tinggi, spAcer bisa mempertimbangkan modem MiFi (mini portable router) yang dapat menghasilkan sinyal WiFi. Modem MiFi ini telah tersedia di operator ponsel yang menyediakan paket data, baik GSM maupun CDMA.
  3. Acer Iconia A500 tidak bisa tersambung via USB modem, karena saat ini belum ada driver support dari vendor modem untuk OS Android Honeycomb.

USB Port 2.0

  1. Salah satu keunggulan dari Acer Iconia A500 adalah USB Port yang bisa memudahkan spAcer dalam transfer data dan juga menggunakan aksesoris tambahan seperti keyboard.
  2. Untuk penggunaan flashdisk pastikan format yang dimilki adalah FAT32. Lalu untuk memudahkan manajemen file, sebaiknya mengunduh app file management di Android Market, salah satunya “File Manager HD” yang sudah dioptimalisasi untuk OS Android Honeycomb.

 

Keamanan

  1. Tidak ada salahnya memberi proteksi Acer Iconia-mu, apalagi di-dalamnya terdapat e-mail, akun jejaring sosial dan data-data pentingmu. Fitur lock screen akan otomatis mengunci layar bisa tidak digunakan/ idle (Settings > Location & security > Configure lock screen & Timeout)
  2. Encryption. Dengan memilih fitur ini, semua data di dalam Acer Iconia-mu akan “diacak” sehingga tanpa PIN yang sudah ditentukan, pihak lain tidak dapat melihat isi datamu. Proses enkripsi ini cukup memakan waktu, sehingga sebaiknya dilakukan ketika Acer Iconia-mu tersambung dengan adaptor listrik.
  3. Di Android Market juga terdapat anti virus yang dapat diunduh, antara lain Anti-Virus dari AVG.

Additional Info

  1. spAcer bisa mendownload User Manual Acer Iconia A500 di http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers pada bagian Document.
  2. Ternyata Acer Iconia-mu menyimpan satu lebah tersembunyi lho! Bagaimana cara menemukannya? Klik Settings> About tablet – lalu klik berkali-kali tulisan Android Version. Kalau spAcer cukup bersikeras, pasti akan menemukannya 😀
  3. Untuk melihat browser dengan tampilan desktop, ketik “about:debug” di address bar browser. Lalu di Settings akan muncul menu Debug, lalu pilih opsi Desktop.