OUT: Browse, IN: ‘Drop & Drag’

May 17, 2010

Per 15 April lalu, Google telah memasang fitur kecil tapi sangat bermanfaat pada Gmail. Tanpa lewat masa uji coba yang berbelit-belit, fitur itu langsung tersedia bagi pengguna layanan email milik raksasa mesin pencari tersebut.

Fitur pertama disebut dengan drag-and-drop untuk attachment. Sebelumnya, Google memang sudah menyediakan fasilitas penempatan gambar langsung pada body email. Kini mereka melakukan hal yang sama untuk melampirkan file lain.

Untuk menggunakan drag-and-drop attachment pada Gmail, pengguna tinggal menggeser file yang akan dilampirkan pada email. Bisa dari Desktop, Windows Explorer atau dari aplikasi yang terbuka ke kawasan di bawah kolom Subject email.

Setelah itu file otomatis akan diupload di background layaknya mengupload attachment biasa. Sambil browser mengupload dokumen, Anda bisa melakukan hal lain, misalnya mengetikkan email yang akan dikirim.

Meski terlihat sederhana, sebelum fitur ini disediakan, Anda perlu melakukan beberapa tahap untuk meng-attach file ke email. Setelah klik Attach a file, Anda perlu mencari di folder mana Anda menyimpan file yang bersangkutan, lalu klik untuk upload. Dengan drag-and-drop, cukup satu langkah saja.

Layanan baru ini serupa dengan yang diimplementasikan Google pada Wave untuk foto dan file-file multimedia lain. Syaratnya, pengguna harus memakai browser Google Chrome atau Firefox 3.6, baik di Windows ataupun Mac OS.

Fitur baru lainnya yang disediakan pada Gmail adalah link ‘Insert Invitation’ yang terletak di bagian bawah kolom Subject. Saat diklik, jendela Invitation akan muncul lengkap dengan Google Calendar yang akan mencantumkan apakah ada waktu luang pada jadwal rekan yang Anda undang. Tentunya dengan asumsi Anda mendapatkan izin untuk melihat Calendar mereka.

Setelah memeriksa apakah rekan Anda punya waktu luang di saat yang Anda tentukan, klik tombol ‘Insert Invitation’ dan jendela preview terhadap undangan akan muncul.

Setelah email dikirim, undangan tersebut ditambahkan ke kalender setiap orang yang Anda undang, tentunya jika mereka menggunakan Gmail. Ini akan jauh lebih bermanfaat dibandingkan kalau Anda harus bolak balik membuka Gmail dan Calendar untuk memeriksa apakah rekan Anda punya waktu luang untuk hadir pada undangan yang Anda buat.

Selain dikirimkan sebagai undangan Calendar, Anda juga bisa melampirkan undangan tersebut sebagai sebagai sebuah file berformat *.ICS.