Menginstall Ulang OS ke Dalam Notebook

March 3, 2011

Seiring dengan berjalannya waktu, kita pasti menambahkan berbagai macam aplikasi ke dalam laptop kita. Hal ini membuat kinerja laptop terkadang menjadi lamban, sehingga beberapa orang memilih untuk menginstall ulang OS mereka agar laptopnya kembali ‘muda’. Ada juga orang yang OS nya rusak karena terserang virus sehingga perlu menginstall ulang OS mereka.

Install ulang OS bisa dikatakan hal yang sangat biasa dilakukan pada komputer PC atau Laptop. Beberapa notebook Acer dengan tipe tertentu memiliki kemampuan yang membuat kita dapat menginstal kembali OS  dari hidden partition yang memang sudah tersedia di dalam laptop sebelumnya.

Berikut adalah langkah-langkah untuk memulai proses system recovery:

  1. Restart laptop kamu, ketika logo Acer muncul di layar, tekan Alt dan F10 secara bersamaan berkali-kali.
  2. Jika muncul tampilan di layar kalau spAcer diberi opsi untuk booting dengan Windows, tekan Enter.
  3. Setelah aplikasi system recovery mulai berjalan, ikuti perintah untuk menginstall kembali Operating System.

Jika ternyata hal ini gagal, maka untuk menjalankan system recovery  OS harus dilakukan dari Acer eRecovery yang sudah dimasukkan kedalam CD/DVD (untuk memasukkan Acer eRecovery ke dalam CD/DVD, liat disini [Membuat backup dengan Acer eRecovery]. Cara untuk menjalankan system recovery OS dari CD eRecovery:

  1. Restart laptop kamu, ketika logo Acer muncul di layar, tekan F12 berkali-kali agar masuk ke dalam menu booting.
  2. Masukkan CD dengan label ‘System CD’ ke dalam optical drive, kemudian di layar yang tampil, pilihlah CDROM or USB CDROM. Dengan memilih ini, laptop akan booting dari CD/DVD Acer eRecovery.
  3. Ketika diminta untuk memasukkan Recovery CD, keluarkan ‘System CD’ dari optical drive dan masukkan CD/DVD yang berisi Acer eRecovery.
  4. Setelah aplikasi system recovery mulai berjalan, ikuti perintah untuk menginstall kembali Operating System

Setelah melakukan langkah-langkah diatas, maka OS akan terinstall kembali.

Tapi ingat! Sebelum menjalankan proses menginstal kembali OS, ada baiknya spAcer memback-up semua data yang penting, karena biasanya mengembalikan settingan laptop ke settingan awal dapat menyebabkan data yang sudah tersimpan dalam laptop kita menghilang.

Namun jika ternyata laptop milik spAcer ternyata tidak dapat melaksanakan proses re-install lewat Acer eRecovery, atau ternyata terjadi kerusakan/error saat proses berjalan, bawalah unit spAcer ke ACSC tersekat.

Source: http://acer.custhelp.com/app/answers/detail/a_id/2631/related/1