Tips Membangun Bisnis yang Social Media Savvy

July 5, 2017

Per tahun 2016 lalu, riset yang dilakukan statista.com menunjukkan bahwa pengguna media sosial sudah mencapai 2,34 miliar. Bisa dibayangkan betapa banyaknya audiens yang bisa kamu jangkau untuk bisnis kamu? Social networking memang merupakan salah satu aktivitas online paling populer dengan tingkat engagement yang tinggi. Sudah saatnya kamu memanfaatkan media sosial untuk mengembangkan bisnis kamu!

Susun Strategi Sebelum Posting

Ya, media sosial memang dapat membantumu untuk mengembangkan bisnis, tapi apa tujuan utamamu dalam menggunakannya? Tanpa ada tujuan pasti, kamu hanya akan posting konten secara acak karena tidak mempunya strategi yang jelas. Apakah kamu menggunakan media sosial untuk meningkatkan brand awareness? Ingin meningkatkan traffic website? Atau justru menambah jumlah leads?

Tentukan tujuan utamamu dan ingatlah ketika kamu membuat konten. Setelah itu, cari tahu apa yang disukai oleh target audiens kamu di media sosial. Sebagai referensi, kamu juga bisa melihat feeds kompetitor. Analisis jenis posting-an apa saja yang umumnya berhasil membuat orang berinteraksi dengan mereka.

acerleration bisnis

Gunakan Seluruh Media Sosial

Hampir seluruh bisnis yang social media savvy pasti memiliki akun Facebook dan Twitter. Kedua platform tersebut memang merajai industri media sosial, tapi masih ada platform media sosial lain yang bisa kamu coba. Setiap platform, tidak peduli seberapa kecil skalanya, mampu merepresentasikan target audiens kamu yang tidak terjangkau di platform lain. Untuk itu, kamu sangat disarankan untuk membuat akun di sebanyak mungkin media sosial. Sebagai permulaan, kamu bisa mulai dengan media sosial dengan nama besar seperti Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, atau Path

online learning

Cantumkan Gambar atau Infografis

Kunci utama mengembangakan bisnis melalui media sosial adalah dengan menggaet perhatian target audiens dan melakukan engagement. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan hal tersebut. Salah satu yang cukup mudah dan simpel adalah dengan mencantumkan gambar atau infografis pada posting-an kamu. Melalui infografis, kamu bisa menuangkan kreativitas dalam menyusun informasi menggunakan perpaduan gambar, huruf, dan angka. Dibandingkan teks biasa, infografis mampu mengomunikasikan pesan secara lebih cepat dan efektif.

acerleration infografis

Follow Akun-akun Orang Lain

Tips satu ini memang sangat sederhana, tapi ternyata masih banyak pemilik bisnis yang melewatkannya. Padahal, jika diterapkan secara benar, kamu bisa mendapat banyak keuntungan ketika follow berbagai akun lain. Karena tidak bisa begitu saja mendapatkan followers banyak di media sosial dalam satu malam, maka dengan cara mem-follow berbagai akun lain merupakan salah satu cara bagus untuk memulainya.

Namun, jangan hanya cukuup follow mereka. Kamu juga harus berinteraksi dengan akun-akun tersebut. Hal simpel seperti retweet konten atau menuliskan komentar di posting-an media sosial mereka bisa menjadi langkah awal yang bagus untuk membangun interaksi. Kamu juga bisa sesekali share beberapa konten mereka. Lambat laun, mereka pasti akan melakukan hal yang sama terhadap kamu.

acerleration follow media sosial

Konsisten Posting Konten

Last but definitely not least, kamu harus konsisten dengan strategi media sosial yang diterapkan. Hal ini tidak hanya berlaku pada jenis konten yang di-posting, tetapi juga seberapa sering kamu melakukannya. Itulah kenapa menyusun strategi merupakan hal yang penting. Tentukan berapa kali dalam seminggu atau sehari kamu akan posting  konten di akun media sosial bisnis kamu.

Tentu semuanya tergantung tujuan dan karakter dari target audiens yang ingin dicapai. Jika memang ingin membangun image yang kuat terhadap brand, konsistenlah dalam melakukan posting konten agar followers kamu juga tidak bingung dengan kehadiranmu di media sosial.

acerleration consistent

Akan lebih sempurna lagi, jika kamu merekrut pegawai khusus untuk mengelola media sosial bisnis kamu. Dengan begitu, kamu bisa memaksimalkan penyusunan strategi yang tepat untuk para target audiens di media sosial. Segera coba ya!