Memaksimalkan Pencarian dengan Google

August 25, 2011

Saat mengetik sebuah kata atau keyword dalam kotak ‘search’ di Google, apakah spAcer mendapatkan hasil pencarian yang sesuai, atau justru hasil yang keluar melenceng jauh dari harapan?

Tidak ada yang tidak mengenal Google. Mesin pencari di internet ini malah menjadi fenomena tersendiri karena orang-orang kemudian mengistilahkan kegiatan mencari informasi di internet sebagai ”googling”. Tahun 2011, nyatanya Google memang masih menduduki peringkat pertama untuk kategori search engine yang banyak digunakan orang.

Dengan Google, pengguna internet bisa menemukan info lebih cepat, lebih beragam, dan juga lebih lengkap. Untuk mendapatkan informasi relevan dengan yang dicari, keyword yang tepat menjadi kunci penting dalam pencarian di Google. Sayangnya, tidak banyak orang yang tahu bahwa dengan mengutak-atik keyword, hasil yang didapat bisa lebih maksimal dan relevan.

Nah, simak trik jitu mengutak-atik keyword ini, agar hasil pencarian yang ditampilkan oleh Google lebih pas dengan apa yang spAcer cari!

  1. Double Quotes (“ ”)
    Dengan meletakkan tanda petik pada awal dan akhir kata, maka Google akan mengeluarkan hasil pencarian yang berisi tulisan dengan frase yang persis sama dengan apa yang kita ketik.
    Contoh: Jika kita mengetik kata-kata lagu sedih terbaru tanpa tanda petik, hasil yang keluar adalah artikel atau tulisan yang mengandung kata lagu, sedih, dan terbaru. Namun jika yang kita mengetiknya dengan memakai tanda petik, menjadi “lagu sedih terbaru” maka hasil pencarian yang keluar adalah tulisan yang mengandung kata lagu sedih terbaru (sebagai satu kalimat yang tidak terpisah)
  2. Pencarian di situs tertentu (site:)
    Misalnya spAcer ingin mencari tulisan tentang sepeda fixie, namun membatasi pencarian sebatas di Kaskus saja, maka spAcer bisa mengetik keyword, dilanjutkan dengan tulisan ‘site:[alamat website]’. Contoh, ‘fixie site: www. kaskus.us’
  3. Menghilangkan hasil pencarian dengan kata tertentu (-)
    Saat sedang mencari info di Google, terkadang kita menemukan info tidak sesuai yang turut muncul pada hasil pencarian. Untuk menghilangkan info-info semacam ini, spAcer dapat menggunakan tanda minus (-) ditambah kata-kata yang ingin ditiadakan dalam suatu pencarian.
    Contoh: spAcer ingin mencari tulisan yang terkait dengan kata Harry, tapi tidak ingin Harry Potter ikut masuk di hasil pencarian. Maka spAcer bisa menulis ‘Harry -Potter’. Hasil pencariannya yang muncul nanti adalah semua tulisan yang mengandung kata Harry, tapi tidak membahas Harry Potter. Letakkan tanda minus tepat sebelum kata yang ingin dihilangkan tanpa menggunakan spasi sama sekali.
  4. Isi bagian yang kosong (*)
    Misalnya spAcer ingin mencari suatu peribahasa, namun spAcer lupa satu kata yang menyusun peribahasa tersebut, maka spAcer dapat mengganti bagian yang spAcer lupa dengan tanda (*) dan Google akan menampilkan beberapa hasil pencarian yang kira-kira cocok.
    Contoh: bila spAcer mengetik ‘semut di * lautan’ maka hasil pencarian menampilkan tulisan yang mengandung kalimat ‘semut di (seberang) lautan’, semut di (ujung) lautan, dan lainnya.
    Satu hal yang perlu diingat, tanda bintang ini hanya berlaku untuk satu kata, bukan untuk satu karakter. Jadi, jika spAcer mengetik ‘Ha*ry’ atau ‘20*1’ hasil pencarian yang ditampilkan Google akan menjadi tidak relevan atau bahkan tidak menghasilkan apa-apa.
  5. OR operator
    Misalnya spAcer ingin mencari informasi tentang pidato Presiden pada tahun 1945, 2009 dan 2011. Agar lebih praktis dan tidak melakukan pencarian 3 kali, spAcer dapat mengetik ‘Pidato Presiden tahun 1945 OR 2009 OR 2011’ (OR harus ditulis dalam huruf kapital). Sehingga hasil pencarian akan menampilkan Pidato Presiden tahun 1945, atau 2009 atau 2011. Beda hasilnya jika kamu mengetik ‘Pidato Presiden tahun 1945 2009 2011’, karena nantinya hasil pencarian akan menampilkan tulisan yang mengandung ketiga tahun tersebut dalam satu artikel yang sama.

Setelah mengetahui trik-triknya, sekarang kamu tidak perlu merasa kesal lagi ketika mencari informasi di Google dan mendapatkan hasil yang tidak relevan. Kamu bisa menghemat waktu mencari informasi dan hasilnya pun lebih sesuai dengan harapan kamu, spAcer. Selamat mencoba!

source: Google