Ciri-ciri Laptop Terbaik untuk Gaming yang Harus Kamu Tahu

May 28, 2019

Setiap tahun akan selalu ada banyak game baru bermunculan, yang semakin seru sekaligus tampilan grafis yang luar biasa. Terlebih lagi untuk platform PC yang  tingkat grafisnya bisa diatur sesuai dengan kekuatan jeroan laptop terbaik untuk gaming kamu.

Berbeda dengan konsol, seperti PlayStation atau Xbox yang mana kamu enggak bisa mengatur tingkat grafisnya lagi. Maka dari itu sangat penting untuk memilih laptop terbaik untuk kebutuhan gaming kamu.

Seiring berkembangnya zaman, nggak heran jika banyak sekali laptop gaming yang hadir dengan menawarkan kelebihan-kelebihan, yang pastinya bikin kita di satu sisi senang, tapi di satu sisi juga bingung. Apakah semuanya laptop terbaik? Belum tentu.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih dan membeli laptop terbaik untuk gaming yang memenuhi kebutuhan para gamer garis keras. Jujur saja, kadang kamu nggak hanya menggunakan laptop untuk bermain game saja, ‘kan?

Maka dari itu, spAcer harus makin jeli dalam memilih laptop terbaik untuk gaming.  Ini dia nih ciri-ciri laptop terbaik yang harus kamu perhatikan sebelum membelinya.  Yuk, simak!

Menggunakan graphic card kelas atas

Saat kamu hendak mencari laptop terbaik untuk gaming, hal pertama yang wajib banget kamu perhatikan yakni ada graphic card yang digunakan. Seperti yang kamu tahu, graphic card sendiri memegang peranan penting untuk mengatur dan menciptakan tampilan-tampilan yang baik. Jadi memang sangat dibutuhkan untuk bermain game.

Kalau kamu ingin main game yang baru-baru ini keluar, sebut saja seperti Monster Hunter. Kamu membutuhkan sebuah graphic card yang memadai untuk menampilkan grafis yang halus. Lalu, graphic card apa yang seharusnya kamu pilih?

Untuk game zaman sekarang, Acer sarankan kamu pilih laptop gaming yang sudah menggunakan seri Nvidia GeForce GTX  10, seperti Predator Helios 300 yang sudah mengusung Nvidia GeForce GTX 1060 yang dilengkapi dengan RAM 2x8GB DDR4 RAM. Dengan graphic card ini, kamu bisa memainkan game apa saja dengan setting grafis tinggi tanpa khawatir lag.

Namun, kalau kamu termasuk penggemar graphic card AMD, kamu bisa memilih seri Radeon persis seperti yang Predator Helios 500 gunakan. Helios 500 sudah dilengkapi dengan AMD RadeonTM RX Vega56 yang bisa membawa kamu ke dunia game dengan grafis terbaik dan tajam tanpa patah-patah.

Mau Nvidia ataupun AMD, semuanya sesuai dengan selera kamu spAcer. Karena keduanya sama-sama kuat dan bagus, kok!

Prosesor teranyar

Lalu, kedua pastikan dulu kalau laptop tersebut sudah menggunakan prosesor teranyar. Pasalnya, fungsi dari prosesor sendiri sangat krusial, spAcer. Soalnya peran prosesor pada laptop sendiri itu seperti otak dari segala kinerja. Jadi, lancar nggaknya laptop kamu bergantung pada prosesor yang kamu gunakan.

Kamu nggak hanya merasakan pada saat bermain game saja, tapi kamu akan merasakan ketika menggunakan laptop secara keseluruhan. Gimana enggak, prosesor sendiri merupakan otak atau inti dari sebuah laptop. Makanya, pastikan kamu memilih laptop dengan prosesor teranyar. Contohnya, Helios 300 dengan Intel® Core i7 generasi ke-8 sebagai otak pemrosesannya yang merupakan prosesor teranyar di kelasnya.

Berkat prosesor Intel® generasi ke-8 tersebut, Predator Helios 300 siap menuruti semua kemauan kamu. Mulai dari main game, editing, multitasking, atau hanya sekadar surfing di internet untuk mencari berita terkini.

Tetapi, jika kamu termasuk fans AMD, kamu bisa memilih Helios 500 sebagai laptop terbaik kamu. Soalnya Helios 500 sudah menggunakan AMD Ryzen 7-2700 (8 Core, 16 Thread). Dengan itu, kamu bisa melakukan segala jenis pekerjaan mulai dari gaming hingga editing tanpa khawatir lagging dalam laptop gaming tersebut.

Sudah menggunakan kualitas layar terbaik

Selain bagian dalam alias jeroan dari laptop, kualitas monitor atau layar sebuah laptop juga perlu menjadi pertimbangan. Kamu pastinya sudah paham fungsinya monitor, yakni untuk menampilkan semua gambar yang laptop kamu sedang kerjakan. Kualitas gambar yang ditampilkan pun selain bergantung pada kartu grafis, bergantung juga dengan kualitas layar itu sendiri.

Untuk kamu yang ingin memiliki laptop dengan kualitas layar memukau,  Predator Helios 300 bisa menjadi pilihan yang pas, spAcer. Laptop gaming ini memiliki layar yang membentang seluas 17.3 inci berpanelkan IPS beresolusi Full HD 1920×1080 dan sudah dilengkapi dengan LED Backlight serta fitur ComfyView. Enggak lupa juga panel ini sudah dilengkapi dengan Anti-glare yang akan memberikan kenyamanan serta ketahanan yang luar biasa.

Laptop Terbaik untuk Gaming-Isi-Layar-Full-HD-Nitro-5-Spin

Desain yang apik

Sadar atau nggak, zaman sekarang kalau punya laptop gaming yang hanya fokus pada spesifikasi tinggi, rasanya hambar banget. Bayangin deh, kalau ada laptop dengan jeroan yang canggihnya bukan main, tapi memiliki desain yang biasa aja atau bahkan jelek. Pastinya kamu nggak akan tertarik, ‘kan?

Maka dari itu, kamu harus perhatikan bahwa selain spesifikasi yang serba high-end dan canggih, desain yang diusung juga harus apik. Contohnya laptop Nitro 5 Spin. Sekalipun Nitro 5 Spin ini memiliki hardware yang nggak bisa dianggap remeh, tapi body-nya tetap tipis, .

Ketebalan laptop gaming ini hanya 17.9mm aja! Selain itu, beratnya juga cuma 2,2 kg saja. Tapi, meskipun tipis bukan artinya Nitro 5 Spin ini enggak kokoh. Bahan yang melapisi seluruh body laptop besutan Acer ini adalah besi yang diberi warna merah dan hitam untuk menampilkan kepribadian seorang gamer, yaitu gahar dan energetik.

Selain itu, berkat fitur convertible, Nitro 5 Spin ini bisa begitu fleksibel. Kamu bisa memutar layar laptop gaming ini hingga 180 derajat. Cocok banget, nih, untuk kamu yang  berprofesi desainer grafis sekaligus gamer.

Baca juga: Dua Laptop Gaming Triton Seri Terbaru Tampil Memukau di CES!

Punya daya tahan yang kuat

Apa rasanya kalau kamu sudah punya laptop yang siap mengerjakan segala kebutuhan, mulai dari main game sampai multitasking, ditambah desain yang gahar dan apik. Tapi, ternyata daya baterainya nggak bertahan lama? Pastinya kamu jadi enggak bisa leluasa membawa laptop kamu ke mana-mana, ‘kan?

Laptop Terbaik untuk Gaming Isi-Batre-Nitro-5-Spin-Card

Nah, Nitro 5 Spin, meskipun body tipis dan ringan, tapi daya tahannya enggak tipis. Dengan teknologi besutan Acer yang canggih, baterai dengan kapasitas 48WH pun bisa membuat daya tahan laptop terbaik untuk gaming ini bertahan hingga 10 jam. Jadi, kamu mau main game di café sembari nunggu teman datang untuk meeting, nggak perlu khawatir baterai laptop kamu low saat meeting dimulai.

Spesifikasi Acer Helios 300, Helios 500, dan Nitro 5 Spin

Spesifikasi Helios 300 Helios 500 Nitro 5 Spin
OS Windows 10 Home Windows 10 Home Windows 10 Home
Prosesor Intel® Core i7 8th Generation AMD Ryzen 7 2700 Intel® Core i7-8550U
RAM 2x8GB DDR4 2x8GB DDR4 16GB DDR4
Memory SSD 256GB, HDD 1TB SSD 256GB, HDD 1TB SSD 256GB, HDD 1TB
Screen 15,6” IPS FHD 144Hz 17.3” IPS FHD 144Hz 15,6” FHD IPS
Graphic Nvidia GeForce GTX 1060 AMD RadeonTM RX Vega56 Nvidia GeForce GTX 1050
Battery 48WH 74WH 48WH

 

Kesimpulannya, sebuah laptop gaming bisa dikatakan sebagai laptop terbaik untuk gaming jika dilengkapi spesifikasi yang mumpuni dan juga desain yang apik. Seperti Predator Helios 300, Predator Helios 500, dan Nitro 5 Spin yang masing-masing memiliki spesifikasi kelas atas dan fitur canggih untuk segala kebutuhan kamu. Jadi, apakah kamu sudah siap untuk mencari laptop terbaik gaming kamu?