Laptop Aspire Vero, Laptop Ramah Lingkungan Didukung Platform Earthion

October 14, 2021

Menjawab tantangan era digital mengenai teknologi yang menggunakan energi terbarukan, Acer merilis laptop Aspire Vero. Ini merupakan inisiatif yang diambil untuk menghadirkan solusi ramah lingkungan untuk produk baru Acer. 

Sebagaimana diketahui, jejak karbon untuk setiap produk teknologi yang dihasilkan memang masih terus menjadi masalah bagi lingkungan. Karena itu, Acer dengan platform Earthion menghadirkan solusi yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi pengguna maupun lingkungan.

Tidak hanya itu, solusi yang ramah lingkungan juga dihadirkan melalui komitmen Acer untuk meningkatkan penggunaan energi terbarukan hingga 100% pada 2035 mendatang, loh! Dengan begitu, proses produksi hingga penggunaan setiap produk Acer yang ada di tangan kamu menjadi lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan. Platform Earthion pun menjadi puncak upaya menyediakan solusi teknologi yang ramah lingkungan yang terus dilakukan Acer hingga kini. 

Lantas, apa itu Earthion dan bagaimana penerapannya pada laptop laptop ramah lingkungan terbaru dari Acer ini? Simak uraiannya berikut ini.

Earthion, Solusi Berkelanjutan untuk Lingkungan

Untuk memerangi dampak perubahan iklim, Acer menyadari pentingnya menciptakan solusi untuk setiap produknya. Melalui perjalanan panjang, Acer pun menemukan Earthion yang merupakan singkatan dari “Earth” dan “Mission”. Menyandang misi untuk meningkatkan kesadaran akan isu lingkungan di tingkat global, Earthion mengintegrasikan seluruh proses produksi agar dapat menciptakan dampak positif terhadap lingkungan.

Laptop Aspire

Dimulai dari penggunaan energi listrik terbarukan dengan panel surya, kini Acer menggunakan 44% energi terbarukan dalam proses produksinya. Dalam hal desain produk dan kemasan, Acer juga menciptakan inovasi yang ramah lingkungan dengan menggunakan lebih sedikit kemasan dan bahan yang dapat didaur ulang. Jejak karbon dalam proses produksi dan logistik pun telah dikurangi secara signifikan.

Terakhir, mendaur ulang elemen produk dan penggunaan kembali sumber daya menjadi fokus dalam platform Earthion. Pada 2020, semua laptop Acer telah mengadopsi kertas daur ulang untuk pengemasan dan desain yang ramah lingkungan. Langkah ini ternyata mampu menghemat 8.750 kg bubur kertas dan mengurangi penggunaan 20 juta kantong plastik. Dari aktivitas daur ulang internal Acer, lebih dari 50 metrik ton baterai didaur ulang dan diproduksi ulang menjadi produk baru.

Earthion menjadi gerakan berkelanjutan yang diharapkan dapat menginspirasi tidak hanya bisnis serupa, melainkan juga model bisnis lainnya dengan menyeluruh, dimulai dari proses desain produk, produksi, penggunaan sumber energi, logistik, desain kemasan hingga proses daur ulang agar dapat memberikan kontribusi dan solusi nyata bagi lingkungan di sekitar kita.

Baca juga: Acer Swift X (SFX14-41G), Laptop Tipis nan Tangguh Berbekal Prosesor Ryzen 500 dan Grafis RTX 3050

Aspire Vero, Laptop Ramah Lingkungan dengan Prinsip Berkelanjutan

Salah satu wujud nyata dari platform Earthion ini adalah laptop Aspire Vero. Aspire Vero menjadi langkah awal bagi Acer untuk terus menciptakan produk yang ramah lingkungan. Menerapkan misi yang diusung platform Earthion, Aspire Vero telah menggunakan kemasan eco-friendly, dikirimkan dalam kemasan yang terbuat dari 80-85% bubur kertas daur ulang. Penggunaan kantong plastik sebagai pelindung aksesori adaptor juga dikurangi, diganti dengan kertas. Bagian dalam dari kemasan juga dapat dijadikan dudukan untuk laptop.

Laptop Aspire

Laptop ini juga telah menggunakan material plastik Post-consumer Recycled (PCR) sebanyak 30% di seluruh sasis perangkat dan 50% pada tombol keyboard. Selain itu, tas laptop dan lembaran antara keyboard dan layar dibuat dari 100% plastik daur ulang industri. Dengan begitu, penggunaan plastik dikurangi secara maksimal di berbagai aspek, hingga yang terkecil sekalipun.

Dari segi desain, Acer juga menghadirkan solusi yang signifikan. Semua teks dan gambar pada kotak kemasan, kartu garansi dan petunjuk penggunaan dicetak dengan menggunakan tinta kedelai dan laptopnya pun tidak mengandung cat pada sasisnya sehingga mengurangi dampak terhadap lingkungan.

Bahkan, penggunaan sekrup standar yang mudah diakses untuk proses pembongkaran yang lebih sederhana juga menjadi fokus dalam desainnya. Meski begitu, kenyamanan pengguna juga masih menjadi perhatian khusus sehingga desainnya tetap ergonomis untuk memberikan kenyamanan saat penggunaannya.

Bahkan dengan pengurangan yang dilakukan, laptop Aspire Vero tetap tampil menonjol dengan aksen kuning dan abu-abu yang unik pada bagian bumper. Selain itu, teks pada tombol R dan E yang dibalik arah hurufnya menampilkan konsep 3 Re: reduce, reuse and recycle. Dengan begitu, pesan yang ingin disampaikan melalui proyek ini juga dapat dirasakan langsung oleh penggunanya.

Laptop Aspire

Dari segi performa, laptop Aspire Vero juga mampu memberikan performa yang mumpuni untuk melakukan aktivitas harian dengan adanya prosesor Intel® Core™ Generasi ke-11 terbaru dengan grafis Intel® Iris® Xe. Ditambah dengan penyimpanan SSD M.2 hingga 1TB juga dapat memberikan lebih banyak ruang untuk menyimpan musik, film, dan berbagai file lainnya. 

Acer memperkenalkan VeroSenseTM sebagai software dengan fitur untuk menghemat energi sehingga dapat memperpanjang daya tahan baterai. Terdapat empat mode performa yang dapat dipilih yaitu: performance, balanced, ECO dan Eco+.

Adanya fitur peredam bising berbasis AI menawarkan kejernihan selama panggilan video, sangat berguna pada masa sekarang ketika kamu sering melakukan video conference. Laptop ini juga dilengkapi dengan Intel® Wi-Fi 6 (Gig+), port USB Type-C, dua port USB 3.2, dan port HDMI 2.0 untuk video-out.

Baca juga: Acer Swift 3 Ryzen 5000 (SF314-43), Laptop Tipis dan Ringan Dukung Multitasking dengan Layar Lebih Detail

Miliki perangkat ramah lingkungan di bawah bendera platform Earthion, dimulai dengan laptop Aspire Vero ini! Dengan begitu, kamu telah menunjukkan komitmen untuk memberikan solusi berkelanjutan bagi lingkungan bersama Acer.