Kriteria-kriteria untuk Memilih Software Video Maker

August 15, 2012

Perkembangan teknologi kamera video selama beberapa tahun ini terbilang cukup pesat. Kamera video telah berrevolusi baik dari segi ukuran maupun teknologi yang digunakan sehingga makin banyak penggunanya. Bahkan kini sebuah ponsel sekalipun sudah dilengkapi dengan fitur kamera video yang kualitasnya memuaskan.

Tak cukup merekam video, seringkali kita terdorong untuk berkreativitas lebih. Misalnya mengedit video-video yang dimiliki untuk dokumentasi pribadi maupun untuk dibagi melalui social mediaJika spacer adalah creative professional yang punya ide-ide brilian, software editing adalah cara yang tepat untuk mengkompilasi potongan-potongan gambar bergerak tersebut menjadi satu keutuhan film yang enak ditonton.

Nah, seiring berkembangnya kamera video tersebut, software editing video pun kini tentunya semakin banyak. Beberapa di antaranya menawarkan banyak fitur menarik yang dapat membantu kita mewujudkan kreativitas seperti Adobe Premier Elements, CyberLink PowerDirector, Vegas Video Editing, dan sebagainya. spAcer bisa pertimbangkan beberapa kriteria berikut sebelum memilih software video editing mana yang akan dipilih.

  • Video Capture/Playback

Fitur ini berfungsi untuk mengimpor video dari kamera video ke dalam komputer dengan format yang beragam. Sebuah software video editing harus punya fitur ini untuk membantu spacer memindahkan gambar dari kamera video ke komputer. SpAcer juga harus melihat seberapa baik program tersebut akan memutar video selama proses editing. Beberapa aplikasi memiliki pemutar video yang terputus-putus sehingga menyulitkan untuk melihat produk akhir.

  • Kemudahan saat digunakan

Tidak ada lagi yang lebih membuat frustrasi ketika spAcer membeli sebuah aplikasi yang sulit digunakan. Oleh sebab itu, pilihlah software video editing yang cukup sederhana/mudah digunakan menurut spAcer. Tidak ada gunanya membeli program tersebut jika hal itu justru membuat pekerjaan menjadi lebih sulit.

  • Editing Tools

Ini adalah bagian dimana kita bisa mengevaluasi kekuatan dan kelemahan dari software video editing yang kita beli. Semakin lengkap editing tools yang dimiliki software tersebut, maka akan semakin memudahkan kita untuk mewujudkan kreativitas kita ke dalam video. Tools yang perlu tersedia misalnya storyboard dan layout timeline, video stabilizer, dan kemampuan untuk menambahkan teks pada video.

  • Export/Production

Setelah berkreasi dengan mengedit, tentu kita ingin segera melihat hasil akhirnya bukan? Nah, dengan opsi export/production ini kita bisa menyimpan film/video yang sudah diedit. Tapi perlu diingat, software yang bagus juga menyediakan format penyimpanan video yang bervariasi, misalnya MPEG, AVI, MOV, dan sebagainya.

  • Efek/Transisi

Fitur ini sangat vital dan harus ada di dalam software video editing. Fitur ini berfungsi untuk “memperhalus” pergantian gambar yang satu ke yang lainnya, sehingga gambar terlihat tidak melompat secara kasar. Beberapa software/aplikasi bahkan menyediakan efek 3D sehingga menghasilkan gambar yang lebih hidup.

  • Disc Creation

Berbeda dengan fitur export di atas, fitur Disc Creation berfungsi untuk membuat film yang sudah diedit hadir dalam format seperti CD atau DVD. Memiliki menu, membagi-bagi film ke dalam beberapa chapter, dan sebagainya. Biasanya software yang sudah dilengkapi dengan fitur ini juga akan mampu mem-burning CD atau DVD langsung.

  • Menyediakan layanan Help & Support

Fitur ini penting spAcer, jika kita bekerja dengan software video editing penggunaannya cukup kompleks. Opsi Help & support ini menyediakan kontak nomor telepon, alamat email, manual, dan bahkan tutorial untuk menggunakan software itu sendiri.

Kira-kira itulah beberapa fitur yang mesti spAcer pertimbangkan ketika memilih software editing video. Tapi perlu diketahui juga spAcer, software video editing biasanya meminta spesifikasi komputer yang tinggi. Kamu butuh notebook seperti Acer Slim Aspire M5 misalnya, yang mengusung kartu grafis NVIDIA GeForce GT640M yang menjamin kenyamanan spAcer dalam mengedit video. Belum lagi dengan dukungan prosesor Intel Generasi ke-2, RAM 4GB DDR3, dan kapasitas hard disk sampai 500GB, sehingga menyimpan video/film dalam format apapun tak perlu khawatir.

Siap berkreasi membuat video, spacer?