Radeon Vega, G-Sync atau FreeSync? Simak Kekuatan Tiga Kartu Grafis Ini

March 29, 2019 | 4 menit membaca

Selain resolusi layar, tipe panel, dan teknologi lainnya, ada hal penting yang harus dipertimbangkan ketika ingin beli perangkat gaming. Mengingat untuk kebutuhan game zaman sekarang membutuhkan tingkat grafis yang tinggi, maka tentu diperlukan kartu grafis terbaik. Sebab, semakin bagus kartu grafis yang dipakai, semakin memuaskan pengalaman yang didapatkan.

Sampai saat ini, perdebatan mengenai kartu grafis terbaik masih terus berlangsung. Dua opsi utama, yaitu AMD dan NVIDIA, masing-masing memiliki keunggulannya masing-masing, sehingga mencari yang terbaik di antara keduanya begitu sulit.

Radeon Vega

Radeon™ Vega merupakan kartu grafis terintegrasi garapan AMD yang diciptakan untuk meningkatkan standar performa notebook. Mendukung DirectX 12.0, kartu grafis ini  memang dioptimalkan bagi para gamer, desain grafis, dan PC enthusiast, sehingga sanggup memberikan grafis terbaik untuk game kelas AAA maupun aplikasi desain. Makanya, kekuatan AMD RadeonTM Vega dapat menyajikan gambar yang halus untuk berbagai game populer seperti League of Legends, Dota 2, dan Overwatch.

Menariknya, kartu grafis RadeonTM Vega terintegrasi yang digunakan bersama prosesor AMD Ryzen telah banyak diadopsi laptop super tipis dengan berat sangat ringan berbagai merek. Sehingga, perangkat tersebut ideal untuk spAcer yang selalu mobile dalam pekerjaan di mana perlu ditunjang dengan perangkat yang mudah dibawa bepergian. Terlebih, berkat proses 14 nm, konsumsi dayanya relatif hemat.

G-Sync

Pernahkah kamu mengalami masalah pada monitor, seperti garis-garis horizontal atau gambar patah-patah? Jika iya, sudah pasti keseruan bermain game kamu terganggu. Namun, jangan langsung menyalahkan merek atau perangkatnya, spAcer. Masalah ini biasanya terjadi karena monitor dan kartu grafis tidak mampu melakukan sinkronisasi dengan sempurna. Sehingga, memilih perangkat dengan teknologi G-Sync adalah solusi sempurna untuk mengatasi permasalahan tersebut.

G-Sync merupakan hardware eksklusif NVIDIA yang banyak ditanamkan di monitor PC dan laptop gaming dengan kartu grafis NVIDIA. Secara sederhana, teknologi ini berguna untuk mengurangi gejala lag dan menghilangkan screen tearing yang kerap terjadi di dalam game. Dengan demikian, perangkat dengan G-Sync bisa menghasilkan grafis yang detail dan mulus, sehingga nyaman digunakan untuk gaming atau menikmati tampilan video.

FreeSync

Nah, sama seperti G-Sync, FreeSync juga ditujukan untuk menangani masalah yang sering dikeluhkan gamer, yaitu screen tearing, stuttering, dan lagging. Perangkat lunak garapan AMD ini memungkinkan kartu grafis AMD Radeon, APU, dan monitor saling “berkomunikasi” satu sama lain untuk membuat refresh rate tetap sinkron. Hasilnya, kamu bisa meningkatkan pengalaman bermain game dengan visual gameplay yang sangat stabil dan mulus.

Keunggulan lainnya, FreeSync menganut sistem open standar (DisplayPort 1.2a), sehingga siapa pun boleh menggunakannya secara gratis. Inilah yang membuat monitor FreeSync semakin disukai banyak orang karena harganya lebih ‘ramah kantong’ di pasaran.

Banyaknya model dari satu merek kartu grafis seringkali membuat bingung. Namun, dengan mengetahui keunggulan tiap-tiap kartu grafis seperti di atas, diharapkan membuatmu tidak kesulitan lagi ketika membeli PC desktop atau laptop.

Saat ini, performa yang ditawarkan masing-masing kartu grafis tersebut sudah bisa dinikmati dalam produk-produk Acer. Salah satu pilihan terbaik untuk menikmati kualitas grafis Radeon Vega adalah dengan memiliki Acer Aspire 3. Laptop yang menghadirkan APU RyzenTM 5 dengan GPU RadeonTM Vega 8 ini nyaman digunakan untuk berbagai kegiatan, mulai dari mendesain, editing foto, hingga gaming casual. Kinerjanya pun super cepat berkat dual storage, sehingga proses transfer, booting, dan kerja lebih cepat.

Baca juga: Penting Nih! Ketahui Kisaran Harga Prosesor AMD Ryzen Sebelum Memakainya

Kalau kamu gamer pro, maka Predator Helios 500 adalah perangkat yang tepat. Teknologi NVIDIA® G-Sync di dapur pacunya menjadikan laptop gaming ini partner main yang seru untuk memainkan beberapa game, seperti Overwatch dan The Witch 3. Selain aksi bebas blur, suara yang menggelegar dan terasa benar-benar nyata membuat adrenalinmu bisa terpacu. Dijamin, kamu bakalan lupa waktu saking nyamannya bermain, ditambah adanya sistem pendingin yang efisien, yaitu dua kipas Aeroblade™ 3D generasi 2 dan lima pipa penghantar panas.

Terakhir, ada monitor Acer KG251Q yang telah dibekali teknologi AMD FreeSync. Selain unggul dengan tampilan detail dan warna memukau, monitor ini juga memastikan kamu bisa puas menikmati hiburan multimedia atau main game casual tanpa ada gambar yang patah-patah dan terpotong. Tentu ini akan meningkatkan kenyamanan aktivitas kamu menikmati gambar, terlebih gamer yang memainkan game FPS yang selalu bergerak serba cepat. Kualitas luar biasa monitor Acer KG251Q juga kian lengkap dengan kualitas audio dan layar terbaik.

SpAcer, jadi seperti itulah gambaran beberapa kartu grafis dan teknologi grafis yang harus kamu tahu, beserta pilihan perangkat terbaiknya. Dengan demikian, mendapatkan perangkat yang paling tepat sesuai kebutuhanmu tentu semakin mudah. Terlebih, performanya yang tak bisa dipandang sebelah mata.

Sekarang sudah tahu kan  kelebihan kartu grafis seperti apa yang kamu butuhkan? Semoga bermanfaat!