Kelebihan & Fitur yang Dibawa Windows 8

August 16, 2012

Seperti yang spAcer ketahui, dalam waktu dekat ini kita akan menyambut lahirnya salah satu produk terbaik Microsoft yaitu Windows 8. Menyambut era baru tersebut, beberapa vendor notebook termasuk Acer, mulai mengembangkan produknya  berbasis operating system tersebut.

Berbeda dengan versi sebelumnya, fitur-fitur Windows 8 siap memanjakan penggunanya dengan berbagai fitur menarik yang lebih canggih. Nah, berikut ini adalah beberapa kelebihan dan fitur-fitur yang akan dibawa oleh Microsoft Windows 8.

  • Seperti dikutip dari laman Daily Mail beberapa waktu lalu, Windows 8 dioptimalisasi untuk layar sentuh yang lebih unggul daripada  layar sentuh pada Windows 7 dalam hal desain dan kemudahan pengoperasiannya. Menggunakan interface bernama “Metro”, Windows 8 benar-benar optimal untuk sentuhan ala interface yang terdapat pada Windows Phone.
  • Windows 8 memiliki fitur blok atau “ubin” yang memungkinkan penggunannya memindahkan gambar misalnya dengan cara menyentuh layar. spAcer juga bisa meng-klik suatu blok/ubin tersebut untuk masuk ke dalam aplikasi. Blok/ubin itu sendiri kabarnya ter-update secara real time, sehingga memungkinkan spAcer melihat apakah ada pesan atau email baru (seperti notification pada Facebook/Twitter atau aplikasi lainnya).
  • Windows 8 juga menyediakan application store sendiri yang dinamakan Windows Store. Di sini spAcer bisa mendapatkan berbagai aplikasi yang dikembangkan untuk Windows 8.
  • Windows 8 juga mendukung transaksi keuangan digital yang saat ini sedang tren di masyarakat berkat teknologi yang dinamakan Near Field Communications (NFC). Informasi mekanismenya sendiri seperti apa masih terbatas karena hingga saat ini belum dipastikan kapan Micrsoft meluncurkan secara resmi Windows 8 tersebut.
  • Boot Windows 8 juga lebih cepat karena kabarnya proses booting hanya memakan waktu 8 detik saja. Ini jelas jauh lebih singkat daripada pendahulunya.
  • Windows 8 dijanjikan akan memiliki fitur keamanan yang lebih kuat untuk menghadang serangan cyber. Microsoft sengaja meningkatkan fitur Windows Defender-nya guna meningkatkan sistem keamanan tersebut.
  • Windows 8 juga bermanfaat dalam menghemat memory PC/notebook spAcer. Sehingga spAcer akan memiliki ruang lebih banyak untuk aplikasi lainnya.
  • Windows 8 juga akan membawa Internet Explorer 10 yang membawa perubahan ketimbang versi sebelumnya. Browser bawaan Microsoft ini kabarnya sangat ramah digunakan untuk PC, notebook, maupun tablet sekalipun.

Meski Trial Version atau versi ujicobanya sudah bisa diunduh gratis di Internet, hingga kini belum ada kepastian tanggal rilis Windows 8. Tapi oleh pembuatnya, Windows 8 khusus dipersiapkan untuk penggunaan di segala perangkat di desktop, notebook, maupun tablet.

Gimana spAcer, nggak sabar kan menunggu lahirnya Windows 8?