Intel Iris Xe MAX Graphics, Discrete Graphics yang Menciptakan Performa Grafis Sempurna

December 17, 2020

Sebagai kelanjutan dari inisiatif Intel® Evo® Platform yang menjadi “standar” bagi komputer masa depan, Intel menciptakan inovasi discrete GPU Iris Xe MAX Graphics yang mampu menghasilkan grafis dengan kualitas sempurna.  

Intel® Iris® Xe MAX membuat kinerja keseluruhan laptop menjadi lebih cepat dan menciptakan pengalaman membuat konten kamu semakin imersif! Untuk mengetahui lebih banyak tentang Iris Xe MAX Graphics, simak uraiannya berikut ini.

Dirancang untuk Laptop Tipis dan Ringan

Grafis Intel® Iris® Xe MAX adalah graphics discrete pertama dari Intel yang dioptimalkan untuk berpasangan dengan prosesor Intel® Core™ Generasi 11. Prosesor seluler Intel Gen 11 yang dipasangkan dengan grafis Intel Iris Xe MAX menghadirkan Additive Artificial Intelligence (AI) yang mampu bekerja 7 kali lebih cepat daripada laptop serupa yang dikonfigurasi dengan grafis pihak ketiga.

Grafis Intel Iris Xe MAX juga menyediakan Hyper Encode yang memungkinkan encoding hingga 1,78 kali lebih cepat daripada kartu grafis high-end di desktop

Selain itu, Intel® Core™ Generasi 11 juga membenamkan teknologi Dynamic Power Share Deep Link yang memungkinkan semua daya dan sumber daya termal didedikasikan untuk CPU saat grafik diskrit tidak aktif, menghasilkan kinerja CPU hingga 50% lebih baik saat pengguna mencoba tugas berkelanjutan, seperti melaksanakan perenderan akhir untuk konten video.

Baca juga:  Desktop AIO Aspire C22-1650, Perangkat Minimalis Penunjang Beragam Komputasi

Kapabilitas AI yang Maksimal

Untuk menghasilkan grafis yang sempurna, Intel mengembangkan Additive AI yang memanfaatkan gabungan AI (VNNI dan DP4a) dan beberapa media encoder pada setiap bagian silikon untuk membuat semuanya bekerja pada waktu yang sama. Dengan begitu, ketika melakukan pekerjaan berat yang membutuhkan kerja grafis maksimal, laptop kamu akan mampu berjalan tanpa lag.

Additive AI ini juga dimaksimalkan oleh fitur Deep Link yang mampu membagi beban kerja antara GPU dan CPU secara otomatis sehingga kinerja terbagi secara merata. 

Daya Kerja Teknologi Intel Deep Link

Intel® Deep Link menggabungkan beberapa mesin pemroses melalui kerangka perangkat lunak umum untuk menghadirkan kemampuan baru dan kinerja 7 kali yang lebih baik ke PC dibanding grafis diskrit pada umumnya. 

Kerangka kerja ini membantu membuka kreativitas dengan memaksimalkan kinerja CPU, meningkatkan kinerja pembuatan kecerdasan buatan (AI), dan membawa pengkodean terdepan di industri ke tingkat berikutnya.

Deep Link memungkinkan AI bekerja lebih cepat sehingga kamu akan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk menunggu. Dengan kata lain, kamu bisa lebih banyak berkreasi karena kinerja AI 7x lebih baik daripada grafis diskrit lainnya. Ditambah lagi, mesin quad encode di dalamnya juga mampu menghadirkan pengalaman streaming dan berbagi yang lebih mudah dan terbaik di kelasnya, dengan encode 75% lebih cepat.

Teknologi Intel® Deep Link menyatukan mesin pemroses di bawah kerangka kerja perangkat lunak umum, memungkinkan pengembang perangkat lunak untuk meningkatkan kinerja beban kerja pembuatan konten secara signifikan. Aplikasi nantinya dapat mengatur skala beban kerja tertentu di seluruh grafik terintegrasi dan diskrit.

Kini kinerja CPU dan GPU jadi lebih maksimal dengan teknologi Intel® Deep Link karena adanya pembagian daya dinamis, kinerja AI yang ditingkatkan, dan kemampuan enkode yang kuat sehingga kamu bisa membuat konten video atau main  game, dan tetap produktif dalam balutan laptop tipis dan stylish.

Grafis Sekelas Laptop Gaming dan Memudahkan Pekerjaan Berat

Seri intel yang satu ini menawarkan frame rate sekelas game sehingga mampu digunakan untuk bermain game berat dengan frame rate kisaran 30 FPS untuk resolusi 1080p. Intel memang menambah pengalaman bermain game dengan menghadirkan dua fitur baru, yaitu Game Sharpening dan Instant Game Tuning. Fitur-fitur ini akan tersedia melalui Intel® Graphics Command Center.

Kabar baiknya, Acer Swift 3X (SF314-510G) adalah laptop pertama  di Indonesia yang saat ini dibekali dengan Intel Core Generasi 11 dan tentunya Iris Xe MAX Graphics. Performa yang diberikan mumpuni karena dibekali dengan prosesor teranyar dari Intel tersebut sehingga laptop ini dapat maksimal digunakan untuk proses berat seperti video encoding (rendering) dua kali lebih cepat dari biasanya dan memberikan performa grafis setara laptop gaming

Baca juga: Intel Core Gen 11, Prosesor Terbaru Pendukung Laptop Tipis

Adanya Iris Xe MAX Graphics, akan memudahkan para content creator yang membutuhkan laptop tipis dan ringan untuk menciptakan konten on-the-go, seperti foto, video di sosial media atau sekadar bermain game, pasti puas digunakan kapan saja dan di mana saja.