Google Sematkan Priority Inbox untuk Gmail di Android

January 12, 2011

Google mengumumkan pembaharuan Gmail untuk Android. Pembaharuan ini menyangkut fitur Gmail, Priority Inbox yang akan segera dapat dinikmati pengguna perangkat mobile berbasis Android seperti Acer Stream Smart Hand Held.

“Sebelumnya Priority Inbox pada Android, belum memiliki fitur yang ditawarkan pada Gmail versi desktop. Kini kami berpikir kalau ini akan menjadi awal yang baik untuk menambhkan lebih banyak kegunaan kedepannya,” ujar Paul Westbrook, dari Google Gmail untuk tim Android.

Keuntungan fitur yang ditawarkan untuk Android ini, bagaimapun, Anda bisa mengatur sehingga ponsel Anda akan memberitahukan notifikasi, bergetar atau hanya berdering, ketika Anda mendapatkan pesan penting (important mail).

Awal pekan ini, Google mulai menyediakan informasi yang lebih kaya pada para pengguna Priority Inbox versi desktop. Informasi tersebut akan memberikan fitur yang memungkinkan pengguna menentukan tingkat kepentingan suatu E-mail. Pengguna cukup mengarahkan kursor ke tanda “importance marker” untuk melihat penjelasan.

Selain itu, Google mengatakan telah merancang ulang Priority Inbox lebih responsif terhadap koreksi manual, artinya sistem akan mempelajari lebih cepat tentang preferensi prioritas Anda ketika Anda secara manual menunjukkan mereka.

Untuk mengaktifkan fitur Priority Inbox ini pada Android dapat dijalankan dengan cukup sederhana. Cukup mengakses Menu > Setting > Priority Inbox, ketika menggunakan aplikasi Gmail. Versi baru ini berjalan pada Android 2.2 (Froyo) atau yang diatasnya. Fitur ini sekarang sudah dapat diakses hampir di seluruh seluruh dunia.

Pembaharuan Gmail untuk Android ini juga termasuk beberapa update lain. Di antaranya memudahkan Anda merubah dari reply ke replay all serta forward, ketika sedang menulis pesan balasan. Kemampuan untuk mengirim email melalui alamat yang diambil dari penyedia webmail lain yang Anda pakai dan telah terkonfigurasi di Gmail versi desktop juga dimungkinkan. Lalu ada juga kemampuan untuk merespon pesan secara in-line.

Secara keseluruhan fitur persembahan Google ini nantinya akan memudahkan sinkronisasi data surat elektronik antara perangkat Desktop seperti Notebook Acer Aspire Anda  dengan perangkat Android, Acer SmartHandHeld.