Pengertian Modem, Fungsi, & Jenisnya untuk Kebutuhan Internet

October 15, 2021 | 3 menit membaca

Selama bekerja dari rumah atau WFH, kamu tentu membutuhkan modem untuk menghubungkan kamu ke internet dan selalu online. Modem pun memiliki peran yang sangat penting agar kamu tetap dapat bekerja tanpa hambatan. 

Namun, tahukah kamu bahwa sebenarnya ada beragam jenis modem untuk setiap kebutuhan? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, yuk simak uraiannya di bawah ini.

Pengertian Modem

Modem merupakan singkatan dari Modulator Demodulator. Dengan kata lain, modem pada dasarnya memiliki dua peranan. Peranan pertama adalah mengubah sinyal digital ke sinyal analog yang merupakan fungsi modulator. Yang kedua, menerima sinyal dan memprosesnya sebagai informasi yang dapat dibaca di perangkat pengguna yang menjadi fungsi demodulator. Jadi, modem adalah alat penghubung dari jaringan LAN ke jaringan internet.

Fungsi Modem

Awalnya, modem dikembangkan oleh IBM pertama kali untuk kebutuhan militer pada 1950, yaitu sebagai alat komunikasi dan sistem pertahanan udara. Selanjutnya, modem juga digunakan sebagai alat penghubung pangkalan udara dengan pusat kontrol udara. Namun, belakangan modem digunakan untuk keperluan domestik, yaitu sebagai alat untuk menghubungkan perangkat komputer ke jaringan internet.

Lebih lanjut, fungsi modem lainnya adalah melakukan pemeriksaan paket data dan komunikasi sehingga kamu dapat melakukan komunikasi menggunakan jaringan internet. Hal ini dikarenakan modem dapat melakukan fungsi kompres data yang dikirimkan melalui sinyal. Semua mencakup fungsi modulator dan demodulator yang menjadi basis fungsi modem.

Kelebihan modem ada pada segi harga yang lebih ekonomis dengan penggunaan paket data yang ditentukan. Apalagi jika digunakan hanya untuk kebutuhan bekerja atau tugas, tidak akan memakan banyak kuota. Selain itu, cakupan sinyal juga cukup luas rata-rata 30 meter dan mudah terkoneksi dengan berbagai banyak perangkat gadget. Dengan begitu, akvitias bekerja yang dilakukan kamu dengan anggota keluarga di rumah pasti lebih nyaman.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Jaringan Internet di Rumah Agar Tidak Lemot

Modem

Jenis-jenis Modem

Modem juga memiliki berbagai jenis sesuai dengan fungsinya untuk memenuhi kebutuhan aktivitas yang menggunakan internet. Pertama, yang paling umum dan banyak digunakan adalah modem eksternal. Bentuk modem eksternal bermacam-macam, mulai dari yang dahulu berupa pesawat telepon, lalu beralih berbentuk USB Device, hingga kini menjadi perangkat wireless. 

Kedua, ada modem internal yang dipasangkan di dalam komputer dan berbentuk seperti kartu chip yang dipasangkan pada motherboard. Biasanya, modem internal ini juga disebut sebagai modem Dial Up. 

Selanjutnya, ada modem kabel dan nirkabel. Sesuai namanya, modem kabel berarti modem yang menggunakan kabel untuk menghubungkan perangkat ke internet. Sementara itu, modem nirkabel tidak membutuhkan kabel untuk terhubung ke internet. Modem nirkabel sendiri ada yang beroperasi di jaringan CDMA dan GSM.

Selain itu, ada jenis modem ADSL yang kita kenal sebagai modem telepon karena menggunakan pesawat telepon untuk menghubungkan perangkat komputer dengan koneksi internet. Seperti yang kita ketahui bahwa penggunaan telepon rumah saat ini sudah banyak menggunakan koneksi internet, tidak lagi jaringan kabel seperti dahulu.

Terakhir, ada modem ISDN atau modem Integrated Services Digital Network yang menyediakan konektivitas digital yang lebih luas, meliputi layanan data, suara, dan gambar dalam satu jaringan. 

Baca juga: Kenali Jaringan Wireless yang Kamu Gunakan Sehari-Hari

Di antara berbagai jenis modem di atas, mana yang kamu gunakan saat ini? Tentunya, memiliki modem dan koneksi internet yang cepat saja tidak cukup jika tidak didukung dengan teknologi Wi-Fi  terkini yang tersedia di laptop kamu. 

Karena itu, pastikan juga kamu menggunakan perangkat yang telah terintegrasi dengan Wi-Fi 6, seperti Acer Spin 5 Lite dan Acer Spin 3 Active, agar dapat berinternet dengan lebih lancar. Laptop yang sudah terintegrasi Wi-Fi 6 memberikan kecepatan hingga 3 kali lipat lebih cepat dari generasi sebelumnya, yaitu mencapai 9.6 Gps. Kedua laptop ini bisa kamu dapatkan di Acer e-Store, e-commerce, dan toko retail Acer terdekat di kota kamu.

button_acer e-store