Pentingnya Windows Hello untuk Keamanan Laptop Kamu

December 3, 2021

Kemajuan teknologi membuat kamu semakin mudah melakukan berbagai hal, mulai dari menyelesaikan pekerjaan dengan cepat,hingga menyimpan data penting di satu tempat. Namun, semakin majunya teknologi, kejahatan cyber yang dapat meretas data pribadi hingga scamming menjadi tidak terelakkan. Karena itu, membutuhkan perlindungan keamanan ekstra seperti yang ditawarkan oleh Windows Hello.

Mulai diperkenalkan pada 2015, Windows Hello memberikan ekstra perlindungan bagi pengguna Windows 10 dalam mengakses berbagai data di dalam dan melalui laptop mereka. Melalui fitur Windows Hello, kamu dapat mengaktifkan opsi login biometrik yang berarti menggunakan salah satu aspek tubuhmu untuk masuk ke sistem. Terdengar rumit, namun sebenarnya fitur ini cukup mudah dijalankan dan sangat berguna bagi kamu yang ingin melindungi data-data penting di laptop.

Yuk, kita simak peran penting Windows Hello bagi laptop kamu dan bagaimana cara mengaktifkannya!

windows hello

Windows Hello untuk Keamanan Perangkat

Windows Hello memberikan alternatif bagi kamu yang ingin masuk ke perangkat dan aplikasi dengan aman secara biometrik, yaitu menggunakan sidik jari atau fingerprint scanner, pemindaian iris pada mata, dan pengenalan wajah atau Windows Hello Face. Windows Hello merupakan teknologi yang mampu mengenali penggunanya secara instan saat laptop dibuka. 

Terkadang, menggunakan kata sandi atau PIN menyulitkan sebagian orang karena lupa atau tidak aman karena mudah diretas para hacker. Karena itu, metode login biometrik ini dapat menjadi jawaban yang mudah dan aman karena aspek yang terdapat pada anggota tubuh penggunanya eksklusif hanya dimiliki olehnya. Jika sistem dapat mengenali sidik jari, pola iris, hingga pola wajah tertentu maka data di laptop akan lebih aman karena hanya diakses penggunanya.

Baca juga: Windows 11 Hadir Pada 5 Oktober, Siap Upgrade Perangkat Acer! Cek Syaratnya!

Tidak hanya berfungsi saat membuka laptop atau untuk memulai sistem, Windows Hello juga memberikan perlindungan untuk penggunaan aplikasi bawaan laptop hingga aplikasi pihak ketiga yang menggunakan API. Bahkan, saat kamu ingin melakukan pembayaran secara online melalui internet banking pun, fitur akan menjalankan fungsinya agar transaksi yang dilakukan aman dan benar-benar dilakukan olehmu. 

Selain itu, identitas dan data lain milikmu akan tetap aman meski sering berselancar di internet. Windows Hello juga memiliki teknologi anti-spoofing yang dapat mencegah orang lain membuat tiruan kepala atau topeng palsu dalam bentuk gambar atau video untuk menipu sistem. 

Meski begitu, Windows Hello tetap mencantumkan langkah manual yang lebih tradisional, seperti mengetikkan PIN atau password biasa, jika metode login biometrik gagal. Bahkan, tersedia juga pilihan tambahan Security Key yang berupa perangkat fisik seperti USB atau smartphone yang telah dilengkapi NFC. Dengan lebih banyak pilihan, data kamu menjadi lebih aman berkat sistem keamanan berlapis yang lebih sulit ditembus oleh para hacker.

Cara Mengaktifkan Windows Hello

Mengaktifkan Windows Hello cukup mudah. Kamu hanya perlu pergi ke Setting, lalu pilih “Akun”, lalu klik “Opsi Masuk”. Di bagian “Kelola Cara Masuk ke Perangkat Anda”, tambahkan Windows Hello. 

Kamu juga dapat mengaktifkan Windows Hello pada browser microsoft Edge dengan masuk ke halaman akun Microsoft kamu, lalu pilih Opsi, pilih Keamanan Lainnya, lalu pilih “Tambahkan Cara Baru” untuk “Masuk Memverifikasi”, lalu pilih “Gunakan PC Windows Anda”. Dengan begitu, kamu dapat berselancar dengan aman tanpa takut mengalami kebocoran data.

Laptop dengan Windows Hello

Kini banyak laptop yang memiliki fitur Windows Hello, salah satunya Swift 3 Infinity 4 yang telah dibekali fitur Windows Hello Fingerprint. Fitur ini membuat kamu login hanya dengan menempelkan jari yang sudah kamu daftarkan ke arena scan, lalu sistem akan mengenali sidik jari yang menempel dengan data yang sudah disimpan. 

Berkat laptop yang didukung Intel® Core™ i7-1165G7 ini, proses login menggunakan Windows Hello dapat berlangsung cepat karena performa laptop yang memang sudah responsif. Login dengan Windows Hello di Acer Swift 3 Infinity 4 sangat cepat, mudah, dan aman. Ditambah berbagai fitur modern lainnya, seperti Cortana with Voice yang merupakan asisten virtual, bekerja dengan laptop tipis ini menjadi lebih menyenangkan.

Baca juga: Acer Swift 1 Fresh (SF114-34), Laptop Tipis yang Kokoh dan Performa Responsif

Windows Hello memberikan metode keamanan berlapis agar data di laptop kamu aman dari serangan hacker. Karena itu, pilihlah laptop dengan dukungan Windows Hello, seperti Acer Swift 3 Infinity 4, dan jangan lupa aktifkan fitur Windows Hello sekarang, ya!