Etika Facebook, Kian Nyaman Bergaul di Facebook

August 16, 2011

spAcer pasti punya dong account di Facebook? Jejaring sosial buatan Mark Zuckerberg ini memang sudah sangat populer dan banyak digunakan berbagai kalangan dalam masyarakat. Namun ternyata belum banyak yang menggunakannya dengan cerdas dan beretika sehingga mengganggu pengguna lainnya. Seperti apa seharusnya? Simak tips berikut!

  1. Gunakan Profil Asli. Banyak pengguna Facebook yang membuat akun palsu dan membuat postingan yang buruk. Ingat, Facebook merupakan jejaring sosial untuk menambah pergaulan bukan sebaliknya. Gunakan profil asli dengan gambar diri kamu sekaligus nama yang jelas tanpa penambahan atau pengurangan agar tidak mengganggu pengguna lain.
  2. Stop curhat di Facebook. Sebagian pengguna memang terkadang curhat tentang kehidupan pribadinya di Facebook. Sebaiknya hindari curhat di Facebook. Hal ini mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyebaran oleh orang yang tidak bertanggung jawab, dan lain-lain.
  3. Kenali perbedaan antara Wall dan Message. Saat ini banyak pengguna yang berkomunikasi melalui wall to wall. Meskipun ini hak kamu pribadi, namun hal ini jelas akan mengganggu orang lain karena postingan pada wall akan muncul di News Feed. Gunakanlah Message apabila ingin berbicara lebih lanjut apalagi jika yang bersifat pribadi.
  4. Hindari mengumbar hal-hal yang bersifat pribadi. Kamu memang bebas berbagi apapun di akun Facebook kamu. Tapi sebaiknya hindari hal tersebut jika memang kamu tidak ingin privasi kamu akan berkurang.
  5. Buatlah status update yang baik. Saat ini jejaring sosial termasuk Facebook juga dipakai sebagai tolak ukur si penggunanya. Seperti apa orang tersebut, bagaimana kepribadiannyadan lain-lain. Bahkan sosial media juga seringkali digunakan saat kamu memasuki dunia kerja seperti digunakan sebagai faktor penimbang saat kamu melamar pekerjaan untuk melihat seperti apa karakter kamu, termasuk Facebook.

Yang jelas menggunakan sosial media seperti Facebook lebih cerdas dan beretika juga akan bermanfaat bagi kamu. Bukan hanya memperluas pertemanan, bukan Facebook juga membantu dalam karier kamu.