Empat Tips Menjaga Keamanan Tablet PC

October 29, 2012

Smartphone dan tablet PC saat ini ada dimana-mana. Kehadirannya dianggap sangat relevan dengan kebutuhan manusia saat ini yang mobilitasnya makin tinggi. Tipis, ringan, portabel, dan performa komputasinya menjadi faktor mengapa gadget yang satu ini digandrungi banyak orang.

Portabilitas dan segudang manfaat ini bisa jadi mengundang orang jahat untuk memilikinya. Bukan hanya mencuri secara fisik, tapi resiko seorang hacker mencuri informasi sensitif kamu juga bisa terjadi.  Nah, berikut ini adalah beberapa tips menjaga keamanan komputer tablet untuk membantumu lebih waspada:

  1. Jangan tinggalkan smartphone atau tablet PC kamu tanpa pengawasan di tempat umum seperti sebuah kafe, pesawat, ruang tunggu pesawat, terminal, dan sebagainya. Percayalah, tablet PC adalah barang incaran pencuri karena harga jualnya yang cukup tinggi. So, hati-hati meninggalkannya ya spAcer!
  2. Setelah memastikan keamanan fisik tablet PC, langkah berikutnya adalah pastikan bahwa kamu sudah mengatur kata sandi yang kuat. Ini penting untuk mencegah orang lain mengakses data-data sensitif yang kamu miliki. Buatlah password yang panjang, atau terdiri kombinasi berbagai simbol supaya sulit ditebak.
  3. Hati-hati ketika mendonwload aplikasi gratis dari sumber yang tidak tepercaya karena bisa saja mengandung malware atau virus yang dapat merusak tablet PC. Aplikasi yang tidak dapat dipercaya bisa saja mencuri semua data atau mengirimkan spam pada tablet PC kamu.
  4. Berhati-hatilah saat browsing web di hotspot atau wi-fi publik. Karena lalu lintasnya adalah milik publik, ada kemungkinan para hacker memanfaatkan jaringan tersebut. Pastikan kamu pergi ke halaman yang menggunakan SSL (Secure Socket Layer). Kebanyakan situs belanja dan keuangan menggunakan SSL untuk informasi login, tapi untuk keamanan sebaiknya jangan mengirim data sensitif melalui jaringan nirkabel yang tidak dapat dipercaya. Tips: kamu tahu kamu berada di situs SSL ketika URL-nya dimulai dengan “https.”.

Itu dia sejumlah tips untuk membantu menjaga keamanan tablet PC yang kita miliki, spAcer. Ada tips lain? Silakan share di kolom komentar J