5 Elemen Desain Grafis untuk Menciptakan Desain Kreatif

February 7, 2020

Elemen desain grafis menjadi salah satu faktor penting yang membentuk sebuah desain. Bisa dibilang, elemen-elemen tersebut menjadi ‘identitas’ visual dari karya yang dapat mengkomunikasikan pesan, arti, citra diri, dan sebagainya untuk target audience-nya.

Itulah mengapa desain yang bagus bukan sekadar ide kreatif atau mahir menggunakan software desain grafis saja. Memahami elemen desain grafis juga amat diperlukan agar para desainer tidak asal mendesain apa yang diinginkan. Lantas, apa saja elemen yang wajib diketahui oleh seorang desainer?

Bentuk (shape)

Bentuk dalam sebuah desain merupakan penggabungan dari garis-garis. Berdasarkan tipe dasarnya, bentuk bisa berupa geometris (segitiga, kotak, lingkaran, dan lainnya), natural (daun, hewan, pohon, manusia, dan sebagainya), dan abstrak (ikon, grafis, dan lainnya).

Sebagai contoh, bentuk geometris dan natural bisa digabungkan untuk menciptakan berbagai elemen desain yang dapat digunakan desainer untuk berkomunikasi dengan target audience-nya. Sehingga, seberapapun sederhana atau kompleksnya sebuah karya, bentuk dapat menimbulkan perasaan, menyampaikan pesan, dan menguatkan penekanan pada bagian tata letak.

Tekstur (texture)

Tekstur merujuk pada permukaan desain sebenarnya yang dapat dilihat atau diraba melalui panca indera. Nah, inilah yang membuatnya berbeda dari elemen desain grafis lainnya.

Tekstur cenderung memainkan peran pendukung dalam desain dibandingkan menjadi pemain utama. Namun, menggunakan tekstur dalam desain adalah cara terbaik untuk menambah kualitas visual.

Warna (color)

Selain garis, warna juga menjadi salah satu elemen desain grafis yang penting. Warna bisa berdiri sendiri sebagai background maupun digabungkan pada elemen lain seperti garis, bentuk, dan tekstur.

Elemen Desain Grafis Inner Image Warna Color

Yang menarik, warna dapat membuat desain lebih hidup dan menakjubkan. Apalagi, sifat warna yang powerful dan jelas mampu menyampaikan pesan dan menarik perhatian target audience ke bagian tertentu dari sebuah karya, lho.

Ruang/jarak (space)

Ruang bisa dideskripsikan sebagai area di sekitar dan atau antara objek atau elemen desain lainnya. Sederhananya, area yang tidak memiliki gambar/desain akan membentuk ruang.

Sebagai elemen desain grafis, ruang dapat digunakan untuk memisahkan atau mengelompokkan informasi. Bahkan, jika menggunakannya secara efektif, ruang dapat menambah keselarasan dan keseimbangan dari sebuah karya.

Nilai (value)

Elemen Desain Grafis Inner Image Nilai Value

Terakhir, para desainer juga menggunakan nilai sebagai elemen utama untuk desain grafis. Nilai mengacu seberapa gelap atau terang sebuah area tertentu di desain.

Yes, meskipun warna sangat penting dalam desain, sebuah karya yang menakjubkan harus bekerja baik dengan nilai. Pasalnya, variasi dalam nilai yang digunakan dapat membuat titik fokus (penekanan) untuk desain gambar. Bahkan, nilai membantu menciptakan bentuk dan membedakan ruang/jarak.

Itulah 5 elemen yang mempengaruhi hasil desain grafis yang akan kamu buat. Meskipun begitu, spAcer sebagai desainer profesional perlu ditunjang perangkat mumpuni untuk membuat karya yang memuaskan. Laptop ConceptD 5 adalah jawabannya!

Baca Juga: Pilihan Software Desain Grafis Untuk Kreativitas Konten

Rasakan pengalaman kerja yang luar biasa memuaskan dengan ConceptD 5. Laptop ini dirancang super kuat untuk mendukung berbagai pekerjaan berat, termasuk desain grafis. Kamu pun bisa ‘menggambar’ lebih menyenangkan lewat layar 15,6 incinya yang sudah beresolusi 4K UHD dengan color gamut 100% DCI-P3 yang dapat menampilkan rentang warna lebih kaya serta telah memenuhi validasi PANTONE®. Dan tidak kalah penting , monitor ConceptD 5 memiliki akurasi warna yang sangat tinggi dengan nilai Delta E < 2. Dimana gambar yang dihasilkan sudah sangat mendekati warna obyek aslinya. Setiap notebook ConceptD akan melalui proses kalibrasi di pabrik untuk mendapatkan nilai Delta E < 2 dan hal ini dapat dilihat pada test report dalam bentuk file pdf pada windows desktop lengkap dengan nomor seri laptop yang unik.

Bagi yang kerja mobile, ConceptD 5 bisa jadi pilihan terbaik karena beratnya hanya 1,5 kg. Ketersediaan berbagai port dan adanya pemindai sidik jari (Windows Hello) juga akan semakin memudahkan kegiatanmu yang berpindah-pindah. Tak ketinggalan, desain yang stylish dan tahan banting akan makin membuat spAcer nyaman membawanya ke mana saja. Laptop ConceptD5 ini bisa kamu dapatkan dengan harga sebesar Rp 19,999,000. 

So, pastikan kamu memahami enam elemen desain grafis di atas supaya kreasi desain kamu makin ciamik, plus pakai laptop ConceptD 5 supaya aktivitas mendesain jadi lebih maksimal!