Cuaca Panas? Hati-Hati dengan Laptopmu!

August 12, 2011

Cuaca panas bukan hanya tidak baik untuk tubuh, tetapi juga untuk perangkat laptop kamu. Meski memang terkadang spAcer terpaksa membawa perangkat laptop keluar dan bersinggungan langsung dengan cuaca panas. Nah buat kamu yang sering beraktivitas dengan laptop di suhu yang panas, simak tips berikut.

  1. Tentukan kisaran suhu yang aman untuk laptop kamu. Setiap laptop memang memiliki daya tahannya masing-masing. Namun umumnya laptop dapat bekerja maksimal pada suhu antara 50 sampai 95 derajat Fahrenheit atau sekitar 10 hingga 35 derajat dalam celcius.
  2. Berikan adaptasi. Berikanlah sedikit adaptasi bagi laptopmu. Membiarkan laptop untuk diperasikan dari ruangan AC langsung ke ruang terbuka dengan dua suhu yang berbeda secara ekstrem mampu membuat laptop kamu ‘kaget’. Beri sedikit penyesuaian dengan mendiamkan terlebih dahulu baru kemudian menyalakannya kembali setelah beberapa menit.
  3. Hindari menyimpan laptop di dalam mobil. Suhu di dalam mobil bisa naik bahkan lebih tinggi dari suhu yang di luar. Hal ini akan merusak komponen laptop karena laptop kepanasa (overheating).
  4. Pantau cuaca sebelum keluar. Biasakan untuk memantau kondisi cuaca sebelum ke menggunakan laptop di luar ruangan. Hal ini dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.
  5. Gunakan tempat datar saat mengoperasikan laptop. Biasakan untuk menggunakan laptop pada bidang datar sehingga dapat beroperasi secara maksimal. selain itu bidang datar juga memastikan sirkulasi udara berjalan lancar sehingga laptop tetap pada suhu yang seimbang.

Yang pasti dengan memperlakukan laptop dengan hati-hati, laptop kamu bukan hanya berfungsi secara maksimal tetapi juga akan bertahan lebih lama loh spAcer.