Cara Menyeimbangkan PTM dan Belajar Online di Rumah

December 8, 2022

Menjelang tahun ajaran baru, hampir seluruh sekolah sudah menerapkan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen setelah dua tahun pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Namun, belajar online atau pembelajaran jarak jauh (PJJ) juga masih diterapkan di beberapa wilayah.

Angka covid-19 juga perlahan naik meski sudah terkendali. Namun, tidak menutup kemungkinan belajar online kembali diterapkan oleh pemerintah. 

Bagi PTM mungkin tidak ada kendala karena materi yang disampaikan guru mudah dipahami dan murid bisa bertanya serta mendapatkan penjelasan secara mendetail. Berbeda dengan belajar online tentu masih banyak mempunyai kekurangan seperti materi yang tidak dapat maksimal dan penjelasan dari guru tidak mampu diserap sepenuhnya. Selain itu, kendala sinyal dan perangkat yang memadai juga menjadi kendala selama belajar online.

Meningkatkan pembelajaran online memang tidak mudah dan butuh penguatan di segala lini. Mulai dari peningkatan kompetensi guru, pendekatan, strategi dan teknik pembelajaran, media yang digunakan serta penguatan orangtua dan pemerataan infrastruktur pembelajaran.

Baca juga: 8 Software Windows yang Wajib Install di Laptop buat Sekolah

Berkaca dari pembelajaran online selama ini, banyak orangtua dan anak yang mengeluh dan stres karena mayoritas guru hanya memindahkan kelas dari sekolah ke dalam pembelajaran online tanpa ada perubahan pendekatan, teknik, dan media yang inovatif. Serta minim projek dan umpan balik, sehingga siswa hanya sibuk mengerjakan tugas.

Selain kompetensi guru, penguatan peran orangtua sebagai pendamping anak ketika belajar di rumah juga butuh dikuatkan. Ketika ada pembelajaran online, yang menjadi guru sebenarnya yang memfasilitasi, memantau, dan menjadi teman diskusi di rumah adalah orangtua.

Maka pembelajaran online kualitasnya bisa lebih baik apabila ada kolaborasi yang kuat dan saling mendukung antara sekolah, guru, serta orangtua peserta didik dengan perangkat yang memadai seperti handphone dan laptop.

Di era digital ini, perangkat yang mumpuni dibutuhkan bukan hanya untuk menunjang belajar online, tetapi juga bagi siswa yang sudah mulai untuk sekolah tatap muka. Hal ini mengingat bahwa banyak pekerjaan rumah yang dapat dilakukan secara digital, serta ketersediaan internet yang merupakan salah satu sarana untuk mencari dan mendapatkan informasi dan pengetahuan yang amat luas.

Salah satu perangkat andalan Acer untuk mendukung siswa belajar adalah Acer Aspire 5 Slim (i3 MX350) Performance Laptop. Aspire 5 Slim menjadi laptop tertipis di kelasnya sehingga mampu menjadi laptop andalan untuk produktivitas tinggi penggunanya. Laptop ini bahkan sudah dibekali prosesor Intel® Core™ Generasi ke-11.

Aspire 5 Slim ini hadir dengan prosesor Intel® Core™ Generasi ke-11 dengan performa yang lebih baik 20% dibandingkan 10th Gen series (i3-1005G1).

Maka dari itu, perangkat ini menjanjikan daya kerja dan responsivitas luar biasa sehingga ideal digunakan para profesional worker.

Baca juga: 7 Cara Memperkuat Sinyal Wifi di Laptop

Melalui platform yang disempurnakan tersebut, kamu yang menginginkan portabilitas luar biasa dan kinerja yang solid, pasti terpuaskan dengan laptop ini. Karena dapat digunakan bukan hanya untuk bekerja namun mendukung kebutuhan hiburan. Selain itu, Acer Aspire 5 Slim (i3 MX350) telah disematkan kartu grafis Nvidia GeForce MX350 Graphics (2GB GDDR5) untuk visual sistem komputasi yang bekerja lebih baik lagi.

Acer Aspire 5 Slim (i3 MX350) ini juga sudah dilengkapi tampilan layar real IPS dalam teknologi yang membuat warna di monitor menjadi lebih hidup. Didukung teknologi color gamut hingga 60% sRGB yang mampu bersanding dengan ukuran monitor yang lebih besar namun memiliki bezel yang lebih kecil. Acer Aspire 5 Slim (i3 MX350) ini memang didesain untuk kamu yang memerlukan laptop andal untuk pekerjaan computing, desain ringan, menikmati hiburan hingga permainan game kasual dengan optimal.

Berbicara soal konektivitas sinyal, Acer Aspire 5 Slim (i3 MX350) ini dilengkapi Exo Amp Antenna dengan cakupan hingga 360 derajat, sehingga memungkinkan sinyal menjadi lebih cepat ditangkap oleh laptop ini. Maka dari itu, cakupan sinyal Wifi, Bluetooth, dan lainnya tidak membutuhkan waktu lama untuk mencakup sinyal dengan kemungkinan tidak terbatas. Sudah terintegrasi teknologi Intel® Wi-Fi 6, sehingga menyediakan konektivitas nirkabel yang cepat, andal, dan fungsional. 

Untuk ruang penyimpanan, dapat dipastikan sangat diandalkan karena memiliki RAM dan storage yang dapat kamu upgrade. Sudah pasti laptop ini pun memiliki ruang penyimpanan yang lebih besar dan otomatis meningkatkan performa.

Dilengkapi pula SSD berkapasitas 512GB dan RAM 8GB agar sistem tetap responsif dan memungkinkan laptop ini untuk menyimpan segala jenis dokumen mulai dari file pekerjaan hingga multimedia seperti foto, video, musik dan film, membuat Acer Aspire 5 Slim cocok untuk pembelajaran menggunakan komputer secara online.