5 Cara Mengatur Windows 10 Lock Screen Lebih Fungsional dan Keren

July 5, 2019

Lock Screen adalah salah satu fitur di Windows 10 yang sangat menarik. Fitur ini selalu muncul setelah spAcer menyalakan laptop atau PC. Dibandingkan versi terdahulunya, Windows 10 Lock screen mengalami perubahan dengan menghadirkan sejumlah fitur keren. 

Sayangnya, banyak yang masih menganggap fitur ini kurang penting dan monoton, padahal fitur ini banyak manfaat. Seperti untuk memunculkan notifikasi segala jadwal pekerjaan kamu yang harus selesai sebelum deadline atau kamu juga membuatnya lebih menarik dan kekinian.

Makin penasaran? Ini dia cara mengatur Windows 10 Lock Screen yang bisa kamu coba.

Ganti background pada Windows 10 Lock Screen Setting

Kamu bisa leluasa mengganti background dengan memilih salah satu opsi tersedia, yakni opsi Pictures, Slideshow, atau fitur Windows Spotlight. Cara mengubahnya gampang, cukup masuk ke Setting, lalu pilih Personalization dan klik Lock Screen. Lanjutkan dengan klik Background sesuai keinginanmu.

Kemudian, kamu bisa memilih Pictures untuk memilih satu fotomu yang dijadikan background. Namun, jika ingin gambar background selalu berganti secara otomatis, pilihlah Slideshow. Cara ini bisa membuat tampilan Windows 10 Lock screen jadi keren. Atau kamu bisa pilih gambar beresolusi tinggi di Windows Spotlight dari homepage Big.

Menambahkan beberapa aplikasi

Sekarang tampilan Windows 10 Lock screen kamu sudah menarik, nih. Supaya jadi fungsional, spAcer bisa menambahkan hingga 7 aplikasi untuk memunculkan notifikasi singkat dan satu aplikasi yang menampilkan informasi secara detail pada Lock Screen. Dengan begitu, melihat informasi seperti email baru, cuaca atau event di kalender menjadi lebih praktis. 

windows 10 lock screen

Untuk memilih aplikasi tersebut, masuk ke Settings dan klik Personalization. Kemudian klik Lock screen dan pilih Choose Apps to Show Quick Status atau pilih An App to Show Detailed Status. Kamu cukup klik atau tap pada kotak bertanda ‘plus’ untuk memilih aplikasi yang diinginkan.

Masukkan Cortana untuk chatting

Di Windows 10 Lock screen ini, kamu juga bisa chatting dengan Cortana tanpa harus log in, spAcer.  Cukup masuk ke Settings, klik Personalization, dan pilih Lock screen. Kemudian klik Cortana Lock Screen settings. Pada bagian Lock screen, aktifkan Use Cortana even when my device is locked

Namun, kalau ingin mengatur Cortana untuk digunakan pada fitur-fitur tertentu, kamu bisa memilih Let Cortana access my calendar, email, message, and Power BI data when my device is locked.

 Baca Juga: Masih Bingung Cara Menggunakan Office 365? Baca Tips-tips Ini Dulu!

Mengubah background layar sign-in Windows 10 Lock Screen

Bosan dengan tampilan sign-in yang itu-itu saja? Jangan khawatir, kamu dapat mengubahnya dengan memilih warna atau fotomu sendiri. 

Jika ingin menggunakan tampilan foto, pilih Personalization dari Setting, lalu klik Lock Screen dan klik Show Lock Screen Background Picture on The Sign-in. Sebaliknya, untuk memilih warna, pada bagian Personalization, klik Colors, lalu pilih warna yang diinginkan. Mudah kan?

Menyembunyikan alamat email

Alamat email merupakan informasi privasi seseorang. Untungnya, Windows 10 dapat menyembunyikan alamat tersebut dari layar sign-in. Kamu bisa menonaktifkannya dengan klik Settings, lalu pilih Accounts. Selanjutnya klik Sign-in options, pilih Privacy, dan klik Show Account Details on Sign-in Screen.

windows 10 lock screen

Untuk menikmati pengalaman menarik Windows 10 Lock screen ini, coba deh pakai Swift 7 (SF714-52T) yang sudah support Windows 10. Kamu bisa mengatur Lock Screen dengan mudah dan nyaman, terlebih lagi Swift 7 punya layar IPS Full HD yang bisa membuat tampilan di layar lebih jelas dan tampak nyata. Kinerjanya pun cepat dan responsif berkat prosesor Intel® CoreTM i7-8500Y.

Baca Juga: Swift 7 (SF714-52T), Generasi Terbaru yang Punya Performa Kuat di Balik Bodi Tipisnya!

Bagi si mobile worker cocok pakai laptop ini karena punya daya tahan baterai hingga 10 jam. Ditambah keyboard backlit dengan tombol travel distance yang luas, membantu deadline selesai tepat waktu di mana pun. Bahkan, kamu tenang beraktivitas berkat hadirnya pembaca sidik jari untuk login cepat dan data tetap aman via Windows Hello.

So, itu dia cara setting Windows 10 Lock screen biar lebih practical dan juga terlihat keren, deh.