Bagaimana Caranya Mengatasi Laptop yang Tiba-tiba Nge-hang?

April 7, 2021

Dalam perjalanannya, kinerja laptop Windows bisa terganggu oleh beberapa hal, misalnya seperti overheating, aplikasi yang terlalu besar, atau virus. Masalah-masalah tersebut kerap kali membuat laptop menjadi nge-hang bahkan mati mendadak. Kondisi ini tentu mengkhawatirkan saat kamu sedang nge-game atau belum sempat menyimpan pekerjaan. 

Namun, kamu nggak perlu panik berlebihan. Ada beberapa cara mengatasi laptop hang buat kamu yang sering mengalami masalah menyebalkan satu ini. Berikut ini tips ampuh menangani laptop nge-hang yang bisa kamu simak penjabarannya di bawah ini.

1. End Task

Laptop hang seringkali disebabkan oleh program yang crash. Jadi, pertolongan pertama pada laptop hang adalah dengan menekan tombol CTRL+ALT+Del. Dengan menekan tombol tersebut, maka program Task Manager akan muncul. Setelah itu, hentikan software dengan pilih End Task. Software yang crash pun otomatis akan tertutup dan laptop dapat berfungsi dengan normal.

2. Menghapus BIOS Cache

Hang pada laptop juga bisa terjadi karena cache pada laptop yang begitu banyak. Masalahnya, nggak banyak orang yang memahami bagaimana cara mengakses BIOS cache.

Pertama-tama, kamu bisa lakukan force Shutdown terlebih dahulu. Kemudian, masuk ke BIOS dengan cara menggunakan F12, F11, F8, atau F2. Lalu, klik pada Advanced BIOS Features. Disable BIOS Cache dan tekan enter setelahnya.

Dengan melakukan disable pada BIOS Cache, kamu bisa membuat laptop menjadi nggak hang lagi karena sampah-sampah yang membebani sudah dihilangkan.

3. Menginstall Antivirus

Masalah hang pada laptop bisa juga disebabkan oleh virus. Virus bisa muncul dari mana aja, mulai dari flashdisk, beberapa laman browser yang pernah dibuka, hingga unduhan sembarangan alias yang nggak berasal dari sumber legal. Nah, untuk mengantisipasi hal ini, kamu bisa menginstall antivirus di laptop kamu.

Lakukan scan secara rutin terhadap komputer buat mendeteksi keberadaan virus di dalamnya. Deteksi dini ini bikin PC menjadi lebih ringan dan enak dipakai.

4. Mengecek Kipas

Laptop yang mengalami panas berlebih kerap menjadi alasan mengapa laptop bisa hang bahkan mati sendiri. Overheating disebabkan oleh laptop yang nggak mampu menahan beban panas yang disebabkan oleh program berat atau kipas yang rusak.

Apabila laptop terlalu panas bahkan pada saat baru dinyalakan, ia pasti berpotensi hang bahkan mati total. Untuk itu, rajin-rajinlah buat mengecek kipas laptop ke counter atau ke service center resmi. Jika kipas laptop kamu terlalu kotor, debu di dalamnya akan dibersihkan sehingga ia bisa menyaring panas lagi dengan baik.

Baca Juga: Laptop Kamu Overheat? Ini Cara Mengatasinya

5. Memilih Laptop yang Mumpuni dan Berkualitas

Mencegah lebih baik daripada memperbaiki, bukan? Jika kamu berniat untuk mengganti laptop atau membeli laptop baru, sebaiknya jangan asal-asalan. Pilih laptop dari merek yang sudah terjamin dan terbukti kualitasnya seperti Acer.

Cara mengatasi laptop hang

Lewat koleksi Nitro dan Predator, Acer menghadirkan teknologi CoolBoost Fan, kipas, dan saluran-saluran pembuangan yang lebih baik 25% dari laptop di kelasnya. Ini membuat laptop nggak mudah panas dan menjaga performanya supaya tetap kencang. Buat kamu yang doyan main game adventure seperti Genshin Impact selama berhari-hari, teknologi pendingin dari Acer memang layak buat kamu coba.

Baca Juga: Nitro 5 Intel 11th Gen, Laptop Gaming Terbaik dengan Performa Mantap yang Inovatif!


Dengan Acer, kamu nggak perlu mengkhawatirkan masalah overheating dan kerusakan parah pada laptop. Apalagi, kamu juga akan mendapatkan garansi sampai dengan tiga tahun untuk spare parts dan service. Yuk, dapatkan laptop Acer melalui di Acer e-Store atau cabang Acer Exclusive Store (AES) terdekat di kota kamu sekarang juga!