Cara Mengatasi CPU Usage 100% yang Bikin Laptop Overheating

May 24, 2021

CPU usage yang mencapai 100% bisa membuat kinerja komputer menjadi sangat lambat. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu aktivitas kamu dalam menggunakan komputer, terutama kalau kamu lagi menamatkan game-game yang seru!

Daripada kesal, lebih baik temukan cara mengatasi CPU usage 100% supaya tidak membuat komputer menjadi lemot. Nah, terapkan tips mengatasi CPU usage 100% di bawah ini, ya!

Boot Ulang

CPU usage yang mencapai 100% bisa membuat laptop overheating. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya adalah dengan melakukan boot ulang.

Sebelum melakukannya, simpan semua pekerjaanmu, lalu restart laptop kamu. Sebenarnya cara ini merupakan cara klasik tetapi bisa menjadi alternatif untuk mengatasi masalah laptop yang overheating, apalagi kalau kamu sudah lama nggak merestart laptop.

Boot ulang ini dapat membersihkan file sementara yang sebenarnya nggak diperlukan dan bisa mengatasi masalah performa laptop yang lambat.

Mematikan Program Latar yang Nggak Diperlukan

Salah satu alasan kenapa CPU usage bisa mencapai 100% adalah karena ada banyak program yang terbuka. Untuk mengatasinya, kamu bisa mematikan beberapa program yang sebetulnya nggak berguna. Pada Windows 7, Windows 8, atau Windows 10, ada beberapa cara untuk mematikan program tersebut, yaitu:

  • Buka Start Menu lalu cari MsConfig
  • Jalankan program tersebut (System Configuration) kemudian ke tab Services
  • Centang Hide all Microsoft services
  • Pada daftar program, hilangkan centang pada aplikasi yang tidak diperlukan
  • Klik OK

Kamu bisa melakukan hal serupa pada tab Startup di MsConfig tadi. Kemudian, pilihlah program latar yang nggak diperlukan, lalu klik Disable. Untuk Windows 7, kamu bisa atur pada jendela System Configuration (MsConfig). Sedangkan pada Windows 8 dan Windows 10, kamu akan dialihkan ke Task Manager.

Baca Juga: Acer KG221Q_A, Monitor Gaming Murah dengan Kualitas yang Nggak Murahan

Kurangi Efek Animasi yang Nggak Diperlukan

Sistem operasi Windows mengusung tema animasi dan grafis yang berbeda satu sama lain. Untuk mengurangi sedikit beban CPU, kamu bisa menghilangkan efek animasi tersebut yang sekiranya tidak diperlukan. Terlebih kalau kamu menggunakan integrated graphics atau Intel HD Graphics yang sebenarnya lebih lemah dibandingkan dengan kartu grafis.

Berikut adalah cara mengurangi efek animasi yang nggak berguna pada Windows 7, Windows 8, atau Windows 10:

  • Buka Start Menu
  • Cari Advanced System Settings lalu buka programnya
  • Pada kolom Performance, klik Settings
  • Pilih Adjust for best performance lalu klik OK

Kalau ada efek animasi yang dirasa diperlukan, kamu tidak perlu mematikannya. Salah satu contohnya adalah smooth edges of screen fonts yang dapat membantu memberi batas tegas antara teks dengan latar. Opsi ini bisa tetap diaktifkan saja jika kamu sering membaca via web. Mengurangi efek animasi hanya untuk yang tidak diperlukan saja, bukan semuanya.

Baca Juga: Sederet Hal Berbahaya yang Bisa Terjadi di Laptop Gaming Kamu

Scan Malware

Kalau CPU usage masih saja mencapai 100% padahal kamu sudah melakukan cara-cara di atas, bisa jadi masalah disebabkan oleh malware yang menyamarkan dirinya sebagai proses Windows normal lho.

Biasanya, beberapa program berbahaya ini menggunakan bandwidth CPU dan GPU untuk tujuan berbeda. Hal ini juga muncul di Task Manager dengan nama-nama yang tidak asing, misalnya Cortana.exe atau Runtime Broker.

Cara mengatasi CPU usage 100% ini adalah menjalankan scan penuh dengan program virus pilihanmu untuk memeriksanya. Kamu bisa menggunakan alternatif scan keamanan offline yang sudah disediakan gratis dari Windows Security (ada pada taskbar atau pengaturan Windows).

Bersihkan Heatsink CPU

Cara mengatasi CPU Usage 100% selanjutnya adalah dari segi hardware, yaitu dengan membersihkan heatsink CPU dari debu supaya sirkulasi udara di dalamnya lebih lancar. CPU yang overheating otomatis akan menurunkan kapasitasnya sehingga membuat aktivitas kecil pun jadi terasa berat bagi CPU.

Heatsink atau lembaran logam sendiri memiliki fungsi untuk meredam panas CPU. Pada laptop, membersihkan heatsink agak lebih sulit daripada komputer desktop karena susunan komponennya yang rapat. Kamu pun harus membongkar laptop untuk mengakses bagian dalam heatsink. Untuk itu, cara ini sebaiknya dilakukan oleh orang yang benar-benar ahli. 

***

Itulah tadi beberapa cara mengatasi CPU usage 100%. Kamu bisa melakukan cara-cara di atas jika kamu merasa performa PC atau laptopmu melambat dan terlalu panas. Agar suhu perangkat kamu tetap terjaga, kamu bisa juga menggunakan desktop gaming terbaik Predator Orion 9000 yang telah didukung teknologi Cooler Master Liquid Cooling dan IceTunnel 2.0 dengan lima kipas berukuran 120 mm di sisi depan, atas dan belakang. Kedua teknologi terbaik ini bisa membantu menjaga suhu PC kamu tetap dingin.

CPU Usage 100%

Dapatkan produk Predator Orion 9000 hanya di  Acer e-Store atau cabang Acer Exclusive Store (AES) terdekat di kota kamu! Rasakan pengalaman bermain game tanpa khawatir performa perangkatmu melambat dan overheat!