Cara Memilih Laptop Gaming dengan Spek Terbaik di Kelasnya

June 21, 2023 | 4 menit membaca

Saat ini, dunia gaming semakin semarak dengan munculnya berbagai judul game baru di tahun 2023 yang menawarkan experience bermain yang epic, seperti misalnya Hogwarts Legacy, Forspoken, Redfall, dan Resident Evil 4. Para pemain game pun mulai berlomba-lomba mencari laptop gaming terbaik demi merasakan experience gaming yang tak tertandingi. Mulai dari gamer hardcore, hingga casual gamer yang tengah mencari hiburan santai di sela-sela aktivitasnya, semua ingin memiliki laptop gaming yang paling sesuai kebutuhan mereka.

Namun, dengan banyaknya pilihan laptop gaming yang tersedia di pasar, seringkali mereka bingung harus memilih laptop yang seperti apa. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai panduan cara memilih laptop gaming dengan spek terbaik agar sesuai dengan kebutuhan.

Grafis yang Canggih

Tips memilih laptop gaming terbaik juga dapat dilihat dari grafis yang digunakan. Laptop gaming cenderung bergantung pada performa grafis yang kuat dan canggih untuk memberikan pengalaman gaming yang tak terlupakan. Pastikan laptop yang kamu pilih dilengkapi dengan kartu grafis yang andal, seperti NVIDIA® GeForce RTX™. Spesifikasi grafis yang tinggi akan memastikan visual game lancar dan realistis saat dijalankan.

Prosesor yang Tangguh

Prosesor bisa disebut sebagai otak dari laptop gaming. Untuk bisa menjalankan game-game terkini, tentunya kamu memerlukan prosesor yang tangguh. Pilihlah laptop dengan prosesor cepat, minimal Intel Core i7 atau yang lebih tinggi. Prosesor dengan banyak core dan clock speed yang tinggi akan memberikan performa luar biasa dan menghindari terjadinya lag saat bermain game.

RAM yang Cukup

RAM adalah faktor yang sangat penting dalam memilih laptop gaming. Game-game modern umumnya membutuhkan spesifikasi RAM minimal yang cukup tinggi agar dapat berjalan dengan lancar. Sebaiknya, kamu memilih laptop dengan RAM minimal 8GB. Namun, jika anggaran memungkinkan, lebih baik kamu memilih laptop dengan RAM 16GB atau bahkan lebih tinggi lagi. Dengan RAM yang tinggi, kamu tidak hanya bisa menjalankan berbagai game dengan lancar, tapi juga berbagai aplikasi berat seperti aplikasi editing.

Penyimpanan dengan Akses Data Cepat

Akses data yang cepat juga sangat penting dalam memilih laptop gaming. Oleh karena itu, pilihlah laptop dengan penyimpanan SSD (Solid State Drive) untuk kecepatan akses data yang optimal. SSD akan mempercepat waktu booting dan mengurangi waktu loading game. Jika anggaran memungkinkan, pertimbangkan laptop dengan penyimpanan SSD berkapasitas besar untuk menyimpan koleksi game.

Layar dengan Refresh Rate Tinggi

Cara memilih laptop gaming terbaik selanjutnya yaitu dengan memperhatikan tingkat refresh rate layarnya. Layar dengan refresh rate tinggi akan memberikan pengalaman visual yang lebih halus saat bermain game. Pilihlah laptop dengan layar yang memiliki refresh rate minimal 120Hz atau 144Hz. Refresh rate ini akan membantu mengurangi efek blur dan ghosting yang dapat mengganggu pengalaman gaming kamu.

Desain dan Portabilitas

Meskipun kinerja adalah faktor utama dalam memilih laptop gaming, tapi jangan lupa untuk mempertimbangkan faktor desain dan portabilitas dari laptop yang kamu pilih. Pilihlah laptop dengan desain yang menarik dan ringan, sehingga visualnya tampak cantik serta mudah dibawa saat kamu bepergian.

Layanan Purna Jual yang Luas

Terakhir, kamu juga bisa mempertimbangkan faktor layanan purna jual ketika memilih laptop gaming terbaik. Layanan purna jual yang luas dapat membantu kamu memperoleh peace of mind apabila suatu hari terdapat masalah atau kendala pada laptop gaming kamu. Dengan adanya layanan purna jual yang luas, kamu bisa langsung menghubungi service center terdekat yang mudah dijangkau, sehingga laptop gaming kamu dapat digunakan dengan maksimal.

***

Salah satu rekomendasi laptop gaming terbaik di kelasnya yang memenuhi seluruh faktor di atas adalah laptop gaming terbaru Predator yaitu Helios 16 dan Helios 18. Helios 16 dan 18 merupakan laptop gaming paling canggih yang dilengkapi dengan teknologi pendinginan terkini, layar Mini LED yang cantik, serta seperangkat fitur yang mempertajam performanya. 

Dengan berbekal prosesor hingga Intel® Core™ i9 Generasi ke-13 dan arsitektur hibrid performa yang baru, laptop gaming Helios 16 dan 18 tidak akan mengecewakan, baik saat digunakan bermain game, maupun saat digunakan untuk menjalankan berbagai aktivitas komputasi berat lainnya. Tak lupa pula kehebatan penyimpanan PCIe kecepatan tinggi SSD NVMe hingga 2 TB yang dimiliki membuat Helios 16 dan 18 semakin gagah dan gahar. 

Kedua laptop ini juga telah dilengkapi dengan Windows 11 Home sebagai sistem operasinya. Segera miliki laptop gaming Helios 16 atau Helios 18 sekarang dan rasakan pengalaman gaming paling mutakhir! Kamu juga bisa cek informasi harga serta spesifikasi lengkap produk Helios lainnya melalui link acerid.com/helios.