Rahasia Konten YouTube Menarik Supaya Banyak Subscribers!

January 7, 2022

Perkembangan teknologi digital yang semakin pesat membuat profesi yang berkaitan dengan industri digital pun makin diminati dan ramai dicari. Salah satunya adalah profesi content creator yang sehari-hari berkaitan dengan penciptaan konten, khususnya di YouTube. Mudah diakses siapa pun, memiliki banyak pilihan konten YouTube yang menarik, dan tidak perlu biaya berlangganan untuk menontonnya, sehingga membuat content creator ramai diikuti. 

Kamu pun bisa menjadi content creator asalkan kamu memiliki kemauan untuk memulainya dan tentu saja rajin mengunggah konten menarik. Sekarang, yuk simak cara membuat konten YouTube yang menarik jika kamu ingin mulai channel YouTube kamu dibanjiri subscribers!

Cara Membuat Konten YouTube Lebih Maksimal

Sebelum kamu mulai membuat konten YouTube, perlu menentukan dahulu konten seperti apa yang ingin kamu fokuskan. Dengan topik yang niche, konten akan lebih banyak dicari dan lebih mudah dicari. Hal ini karena algoritma YouTube juga akan menyarankan pengguna YouTube untuk menonton video dengan topik serupa yang pernah dicarinya. YouTube juga akan menyarankan seorang pengguna untuk mengikuti channel yang membahas topik yang disukainya.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan kualitas kontenmu. Hanya sering upload saja tidak cukup. Kamu juga harus membuat konten YouTube yang menarik dan berkualitas karena hal ini juga akan berpengaruh terhadap seberapa sering kontenmu dimunculkan di kolom rekomendasi oleh YouTube. 

Bagaimana sebuah konten bisa disebut berkualitas? Pertama, kontenmu harus mengandung salah satu faktor ini: memberikan informasi yang valid, berguna bagi penonton, dapat dipertanggungjawabkan, atau menghibur.

Untuk dapat memberikan informasi yang valid dan berguna, kamu harus melakukan riset yang serius agar konten tidak asal-asalan. Bahkan, untuk sekadar membuat video tutorial memakai membuat foto yang Instagramable pun tetap harus riset. Membuat konten YouTube menghibur pun tidak bisa sembarangan agar bisa menyentuh hati penonton yang mungkin saja akan jadi calon subscriber-mu. Jadi, riset itu penting, ya!

Baca juga: Cara Merintis Jadi YouTuber Ternama Ala Nadia Omara!

Kedua, kamu setidaknya menguasai teknik mengedit video agar konten jadi makin menarik. Jika kamu baru mulai menjadi content creator, kamu dapat memanfaatkan aplikasi video editing atau menggunakan website dengan template video gratis seperti Canva dan Biteable. Namun, untuk jangka panjang, sebaiknya mempelajari teknik mengedit video dan belajar menggunakan aplikasi video editing profesional, seperti Adobe Premiere Pro atau Wondershare Filmora Video Editor.

Sayangnya, aplikasi edit video biasanya butuh space RAM yang besar dan kartu grafis berkapasitas tinggi. Karena itu, kamu juga perlu melengkapi perangkat untuk mengedit video dengan laptop yang tepat, seperti Acer Swift X yang dibekali dengan kartu grafis hingga RTX 3050Ti dan ditenagai prosesor AMD Ryzen™ 7 5700U, memberikan kesan mengedit video yang makin lancar dan bebas lagging.

Baca juga: 5 Cara Mengedit Video yang Mudah Dilakukan, Cobain Yuk!

Pada tahap ini, konten kamu sudah berkualitas, topiknya juga sudah niche, apa lagi yang harus diperhatikan untuk membuat konten YouTube yang menarik? Untuk mengunggah konten di media digital seperti YouTube, kamu juga harus mempelajari cara kerja platform tersebut. Optimalkan kontenmu agar lebih mudah dicari dengan SEO. 

Cara mengoptimalkan SEO adalah dengan menyisipkan kata kunci di judul, deskripsi, dan tag pada kontenmu. Jadi, judul konten harus menarik dan mengandung kata kunci yang sedang ramai dibicarakan atau banyak dicari. Dengan begitu, konten akan lebih banyak dilihat dan mudah ditemukan oleh calon subscribers-mu.

Ide Konten YouTube yang Inspiratif

Kamu sudah mengetahui cara membuat konten YouTube yang menarik agar hasilnya maksimal. Lalu, apa saja jenis konten yang dapat kamu buat untuk konten YouTube? Kamu dapat membuat konten tutorial, mengulas produk tertentu, wawancara dengan tokoh atau sosok tertentu, berbagi tips atau pengetahuan, hingga storytelling. Apa pun jenis konten yang ingin kamu ciptakan, selama sudah melakukan langkah-langkah di atas, hanya perlu menunggu waktu saja sampai video milikmu mulai ditonton banyak orang dan mendulang subscribers juga.

Baca juga: Cara Merintis Jadi YouTuber Ternama Ala Nadia Omara!

Sekarang, kamu sudah siap membuat konten yang menarik di channel YouTube! Pastikan kamu ditemani perangkat yang dapat mendukung kegiatanmu sebagai content creator, seperti Acer Swift 3X. Jadi content creator YouTube dengan banyak subscribers? Bisa!

button_acer e-store