Cara Cerdas Menguatkan Sinyal Wi-Fi di Laptop Kamu!

February 5, 2018

Internet telah menjadi sebuah kebutuhan di era digital seperti sekarang. Tidak hanya untuk mengecek feed media sosial, internet juga membantu kamu untuk menemukan berbagai informasi penting yang dibutuhkan untuk keperluan tertentu. Alhasil, selain menggunakan paket data internet dari provider kartu SIM pilihan, orang-orang juga sangat mengandalkan Wi-Fi untuk mengakses internet.

Namun, kamu pasti pernah mengalami koneksi Wi-Fi tidak stabil, membuat produktivitas terganggu. Tenang, spAcer, jangan buru-buru komplain ke pihak provider Wi-Fi. Kamu bisa menguatkan sinyal Wi-Fi di laptop menggunakan beberapa cara berikut ini.

Rutin Ubah Password Wi-Fi

Sejauh ini, berapa banyak orang yang mengetahui password Wi-Fi kamu? Semakin banyak orang yang mengakses internet melalui modem Wi-Fi yang sama, semakin keras kerja modem tersebut. Misal, ada beberapa orang tetangga yang berkunjung ke rumah kamu. Melihat modem Wi-Fi diletakkan di atas meja, mereka pun menanyakan password karena ingin terhubung ke internet. Setelah mereka pulang, bukan tidak mungkin mereka masih menggunakan koneksi Wi-Fi kamu, kan?

Tidak hanya membuat modem lebih cepat panas, kekuatan sinyal tersebut juga akan terganggu apabila digunakan oleh banyak orang. Karena itu, usahakan untuk mengubah password Wi-Fi kamu secara rutin, setidaknya sebulan sekali.

Restart Modem secara Berkala

Sama seperti perangkat smartphone atau laptop, modem yang dipakai secara terus-menerus, membuat kualitas akan menurun seiring berjalannya waktu. Kamu tidak bisa menyalahkan provider Wi-Fi untuk hal satu ini. Namun, kamu bisa meminimalisir risiko tersebut dengan rajin melakukan restart modem secara berkala, setidaknya sekali dalam sehari. Cara ini bisa membantu perangkat modem Wi-Fi agar lebih siap untuk digunakan kembali.

Jauhkan Modem dari Perangkat Elektronik Lain

Sudah rutin mengubah password Wi-Fi dan restart modem secara berkala, tetapi sinyal Wi-Fi masih belum maksimal? Bisa jadi sinyal Wi-Fi tersebut terhalang oleh banyak dinding atau bangunan tinggi di sekitar router. Karenanya, pastikan kamu memposisikan laptop agar bebas dari penghalang.

Selain itu, pastikan pula modem Wi-Fi tidak berdekatan dengan perangkat elektronik lain. Pasalnya, perangkat elektronik seperti microwave dapat menyebabkan melambatnya koneksi Wi-Fi, lho. Jadi, usahakan untuk tidak meletakkan modem Wi-Fi di dekat perangkat elektronik apa pun ya, spAcer.

Pakai Antena Wi-Fi Eksternal

Pada dasarnya, sinyal yang dipancarkan oleh modem Wi-Fi memang tidak beraturan arahnya. Karenanya, mudah bagi sinyal tersebut untuk terhalang oleh dinding, perangkat elektronik, atau lainnya. Sebagai alternatif, kamu bisa membuat antena wireless eksternal agar output sinyal bisa lebih fokus ke laptop kamu. Antena wireless ini biasanya memiliki bentuk colokan yang mirip dengan sebuah headphone sehingga kamu bisa memasangnya secara mudah pada laptop.

Cek Pengaturan Daya Transmisi

Pada beberapa provider jaringan, daya transmisi bisa disesuaikan. Biasanya, pengaturan ini dapat kamu lakukan melalui program interface jaringan adapter—bersamaan dengan pengaturan lain seperti profil Wi-Fi. Nah, untuk memastikan bawah modem Wi-Fi memancarkan sinyal paling kuat, kamu disarankan untuk mengatur daya transmisinya menjadi maksimum atau 100%.

Selain kelima cara di atas, laptop yang kamu gunakan juga sangat berpengaruh terhadap sinyal Wi-Fi. Kalau menggunakan Acer Aspire 3 (A314-31), kamu tak perlu khawatir koneksi internet tidak stabil lho, pasalnya laptop ini memiliki teknologi Multi-user MIMO yang dapat menangkap sinyal Wi-Fi hingga tiga kali lipat lebih cepat.

Tak hanya itu, Acer Aspire 3 juga dibekali prosesor Intel Celeron generasi terbaru yaitu ke-8 yang menawarkan performa tinggi hingga memiliki daya tahan baterai hingga delapan jam.

Nah, nggak bingung lagi untuk menguatkan sinyal Wi-Fi gadget kamu.  Selamat mencoba!

Baca juga : Tips Mengatasi Troubleshooting Network Di Perangkat Kamu