Bagaimana Cara Cek PC Kamu Dipakai Orang Lain?

October 9, 2019

Pernah nggak, sih, berada di situasi di mana menyadari tampilan layar PC berubah setelah ditinggal sebentar. Hal tersebut menandakan ada seseorang yang telah menggunakan PC kamu secara diam-diam. Kamu pun pasti ingin tahu siapa yang melakukannya, namun bingung untuk mengungkapnya. Jangan khawatir, Acer punya cara cek PC yang bisa kamu coba.

Cara ini memang nggak akan mengungkapkan siapa pelakunya, namun bisa membantumu untuk mengetahui hal apa saja yang dilakukan orang tersebut terhadap PC kamu, mulai dari membuka file, browsing internet, dan masih banyak lainnya. Yuk, simak lima cara cek PC tersebut di artikel ini!

Periksa item terbaru PC

Cara paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah memeriksa file, folder, atau aplikasi  yang baru diakses tanpa sepengetahuanmu. Kamu dapat memulainya dengan cara membuka jendela File Explore. Untuk mengakses File Explorer, klik Win + E atau cari ikon Folder pada taskbar. Saat jendela File Explorer terbuka, akan muncul daftar file yang baru dibuka.

Baca Juga: Cara Upscaling Meningkatkan Kualitas Konten Gambar

Cek dokumen atau file pribadi tersebut, dan periksa history tanggal pengaksesannya. Jika kamu menemukan waktu yang nggak sesuai dengan waktu terakhir kali kamu mengaksesnya, maka benar ada orang lain yang telah membuka PC kamu. Setelah itu, buka file tersebut untuk mencari tahu apakah ada hal-hal yang berubah atau diedit.  

Kalau kamu khawatir ada orang yang mengakses akun Gmail tanpa sepengetahuanmu, kamu pun bisa periksa aktivitas terbaru pada akunmu. Caranya, cukup dengan klik Details pada bagian bawah inbox.

Cek file yang baru dimodifikasi

Kamu khawatir ada file penting yang diubah namun nggak punya waktu untuk mengecek setiap file satu per satu? Untuk memastikan hal tersebut, kamu bisa memeriksanya di File Explorer. Di sini, kamu bisa menemukan file apapun yang telah dimodifikasi dengan melihat tanggal tertentu maupun rentang waktu tertentu dalam satu bulan. 

Cara Cek PC

Jika menemukan waktu yang dianggap janggal, bisa jadi memang benar PC kamu telah digunakan secara diam-diam. Caranya, dari File Explorer pilih folder atau file yang ingin kamu lihat tanggal modifikasinya. Kemudian, ketik “datemodified:” dalam kolom pencarian di kanan atas. Selanjutnya, akan muncul kotak kalender yang memungkinkan kamu mengecek file yang dimodifikasi pada hari ini, kemarin, bahkan setahun yang lalu.

Lihat Event Viewer

Cara cek PC lainnya, kamu bisa memanfaatkan fitur Windows bernama Event Viewer. Fitur ini bertugas mencatat segala aktivitas apa saja yang terjadi pada komputer secara lengkap. Biasanya, aktivitas yang dicatat adalah kesalahan sistem logging, informasi aktivitas, kesalahan hardware, masalah driver, dan perubahan keamanan.

 Cari Event Viewer dengan tekan tombol Windows+R lalu ketik “eventvwr.msc” atau tekan tombol Windows+X+Y pada Windows 10. Setelah jendela Event Viewer terbuka, klik Windows Log dan pilih System. Pada jendela tengah, kamu akan melihat daftar semua aktivitas yang terjadi ketika sistem Windows sedang bekerja.

Cara Cek PC

Nah, untuk mengetahui apakah benar ada seseorang yang masuk ke PC, kamu perlu mengurutkan data terlebih dahulu. Caranya, klik tombol Filter Current Log pada panel kanan. Saat jendela Filter Current Log terbuka, pilih System pada Event Log dan pilih All User pada bagian User. Setelah itu, tulis 6005, 6006 pada bagian kosong untuk memfilter aktivitas sistem.

Baca Juga: 5 Cara Penting Perlindungan Data Pribadi Online Kamu

Hasilnya, kamu akan mengetahui jika memang ada orang mengakses PC kamu, lengkap dengan waktu dan tanggalnya. Kode 6005 menunjukkan waktu mulai mengakses sedangkan 6006 adalah waktu selesai mengakses.

Cek melalui file yang dihapus

Tak menemukan file kerjamu dalam folder di PC? Kemungkinannya file penting tersebut sengaja dihapus oleh orang nggak bertanggung jawab. Untuk memulihkannya, coba gunakan software gratis seperti Recuva. Biasanya, program-program tersebut dapat memunculkan semua file yang terhapus termasuk foto, video, hingga email.

Cek melalui history web browser

Memang, cara satu ini bisa saja gagal karena history di web browser gampang dihapus setelah dipakai. Namun, tak ada salahnya kamu coba karena ketika seseorang terburu-buru, kemungkinan besar dia akan lupa untuk menghapus history tersebut.

Cara Cek PC

History berisikan semua data penelusuran halaman situs web sehingga membantumu untuk mengetahui ke mana saja browser dipakai. Selain itu, history juga dilengkapi waktu penelusuran untuk membantu menelusuri semua aktivitas tersebut dilakukan.

Saat tahu ada orang yang mengakses perangkatmu tanpa izin, kamu pasti kesal. Daripada marah, lebih baik kamu langsung mencoba cara cek PC di atas. Setelah itu, proteksi PC dengan membuat password untuk mencegah hal-hal tersebut terulang kembali, oke?