12 Januari 2023

Tantangan dan Solusi dalam Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs)

Tantangan dan Solusi dalam pencapaian SDGs

Pada Sidang Umum PBB September 2015 dimana merupakan tahun berakhirnya Millennium Development Goals (MDGs), telah disepakati agenda pembangunan pasca 2015 yang diberi nama Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB).

Sustainable Development Goals merupakan komitmen global dan nasional dalam upaya untuk menyejahterakan masyarakat dan memiliki tujuan dalam pembangunan yang menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, pembangunan yang menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, pembangunan yang menjaga kualitas lingkungan hidup, pembangunan yang menjamin keadilan dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya dan memastikan setiap orang hidup dengan aman dan layak pada tahun 2030. 

Sustainable Development Goals (SDGs) mencakup 17 tujuan yaitu:

  1. Tanpa Kemiskinan
  2. Tanpa Kelaparan
  3. Kehidupan Sehat dan Sejahtera
  4. Pendidikan Berkualitas
  5. Kesetaraan Gender
  6. Air Bersih dan Sanitasi Layak
  7. Energi Bersih dan Terjangkau
  8. Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi
  9. Industri, Inovasi dan Infrastruktur
  10. Berkurangnya Kesenjangan
  11. Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan
  12. Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab
  13. Penanganan Perubahan Iklim
  14. Ekosistem Lautan
  15. Ekosistem Daratan
  16. Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh
  17. Kemitraan untuk Mencapai Tujuan

Seperti yang diberitakan oleh pontianakpost.jawapos.com, Senior Program Officer SDGs International NGO Forum on Indonesian Development (INFID) Hamong Santoso, mengatakan terdapat tiga tantangan yang akan dihadapi pemerintah pusat hingga daerah terkait dengan pelaksanaan Sustainable Development Goals di Indonesia. Ia melihat permasalahan itu meliputi strategi komunikasi, pembiayaan, dan menyiapkan daerah untuk mengadopsi dan melaksanakan Sustainable Development Goals pada masing-masing regional.

Untuk permasalahan strategi komunikasi misalnya, besarnya target raihan Sustainable Development Goals harus dibarengi dengan kemampuan berbagai pihak untuk memahami Sustainable Development Goals secara teknis. Jika tidak, maka Sustainable Development Goals hanya akan menjadi konsepsi hampa, sementara target realisasinya kurang dari 10 tahun.

Selain itu, pemerintah perlu menyiapkan daerah untuk mengadopsi dan melaksanakan Sustainable Development Goals pada masing-masing regional. Seperti langkah Kementerian Desa PDTT merilis Sustainable Development Goals Desa sebagai upaya localizing tujuan pembangunan global. Kemendes PDTT mengklaim bahwa Sustainable Development Goals Desa dapat berkontribusi sebesar 74 persen bagi pencapaian SDGs. Pencapaian butir-butir tujuan di desa terintegrasi program dana desa agar terakselerasi. Dana desa, dalam konteks ini, dikanalisasi untuk pemenuhan 18 tujuan pembangunan berkelanjutan di desa.

Untuk mencapai tujuan ini, syarat pertama yang harus terpenuhi hanyalah membangun kemitraan bersama lintas stakeholders. Kemitraan ini bisa dimulai dari kerjasama, kolaborasi, dan sinergi agar para pihak mampu memberikan kontribusi berbasis kekuatan masing-masing. Dengan begitu, tujuan Sustainable Development Goals dapat bisa segera diwujudkan. 

Mari kita ambil contoh tujuan Sustainable Development Goals untuk menciptakan industri, inovasi dan infrastruktur. Indonesia bisa menemukan solusi jangka panjang bagi tantangan ekonomi dan lingkungan, seperti menyediakan lapangan pekerjaan baru, mendorong efisiensi energi serta memastikan kesetaraan akses pada informasi dan pengetahuan, yang pada akhirnya bisa mendorong inovasi dan kewirausahaan. 

Untuk mewujudkannya, Anda bisa mulai dengan langkah sederhana seperti menggunakan perangkat yang mendukung seperti workstation desktop Acer yang dirancang khusus untuk melakukan pekerjaan yang spesifik, menjalankan pekerjaan dengan beban kerja dan produktivitas tinggi.

Acer juga senantiasa memberikan jaminan bahwa kualitas produk yang dihasilkan akan selalu memenuhi standar terbaik di kelasnya. Sebagai perusahaan berkualitas internasional, Acer memberikan nilai lebih dengan menghadirkan inovasi perangkat teknologi yang dapat menunjang beragam produktivitas dan mendukung terwujudnya pencapaian tujuan Sustainable Development Goals.

Untuk melihat produk-produk dari Acer, Anda bisa melihatnya dengan klik tautan berikut

Bagikan Artikel

Artikel Lainnya