22 Agustus 2022

Server Cloud: Pengertian, Jenis, dan Keunggulan

Kebanyakan orang menyimpan data mereka pada perangkat fisik, seperti hard disk. Namun, risiko kehilangan data terbilang besar karena perangkat bisa saja hilang atau rusak. Oleh karena itu perusahaan yang menyimpan banyak data penting, perlu mempertimbangkan untuk memakai Server Cloud sebagai solusi yang menawarkan keamanan data dari risiko hilang atau rusak. 

Server Cloud adalah layanan teknologi yang menghubungkan sebuah komputer dan jaringan berbasis internet. Jaringan teknologi ini memanfaatkan media internet sebagai pusat penyimpanan dan pengelolaan data server Anda. Semua data disimpan pada penyimpanan yang terdiri dari gabungan komputer dan server yang membentuk sebuah satuan bernama cluster.

Pada dasarnya, Server Cloud adalah sebuah ruang penyimpanan virtual dimana pengguna bisa mengolah dan menyimpan data mereka secara praktis, mudah, serta jaminan penyimpanan lebih baik daripada penyimpanan fisik. Server Cloud memberikan beberapa kelebihan, diantaranya:

1. Fleksibilitas dan Skalabilitas

Anda bisa dengan mudah meningkatkan resources dan sumber daya server sesuai dengan pertumbuhan bisnis. Umumnya, Server Cloud bisa dengan mudah dimodifikasi sesuai kebutuhan. Banyak layanan Server Cloud yang juga menawarkan fitur ā€œpay as you goā€ yang membuat Anda hanya harus membayar sumber daya dan server resources yang digunakan oleh website atau aplikasi Anda.

2. Mengurangi Risiko Kehilangan

Tidak seperti flash disk atau hard disk yang memiliki resiko hilang, Server Cloud meminimalisir resiko tersebut. Server Cloud memberikan aksesibilitas tak terbatas karena data yang disimpan dapat diakses dengan praktis dan mudah karena data disimpan secara virtual, baik berupa data pribadi, data aplikasi, dan web hosting.

3. Kapasitas Penyimpanan Lebih Besar

Server Cloud menawarkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Anda bisa menyimpan data tanpa batas dengan lebih bebas dan hemat. Jika kuota penyimpanan yang disediakan oleh penyedia layanan server Anda sudah habis, Anda hanya perlu meningkatkan paket yang Anda gunakan.

4. Lebih Aman

Dalam masalah keamanan, Server Cloud juga lebih aman. Karena data tersimpan di cloud, maka data akan jauh dari kerusakan yang terjadi karena human error. Contohnya server yang rusak karena kurang pemeliharaan atau data yang corrupt akibat kesalahan teknis penjaga server.  Tentunya hal ini juga akan meminimalisir peluang Anda untuk kehilangan data secara permanen. Data Anda menjadi lebih aman dan bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar.

Jenis-Jenis Cloud Server

Terdapat beberapa jenis dari penyimpanan cloud dan berikut adalah penjelasannya:

  • Private Cloud

Sesuai namanya, private cloud adalah layanan yang hanya terbatas untuk lingkungan internal saja. Beberapa pihak yang sering menggunakan private cloud adalah perusahaan. Kelebihan private cloud adalah sistem keamanan yang lebih ketat jika dibandingkan dengan lainnya. Contoh: Cloud VPS dan Cloud Hosting.

  • Public Cloud

Seluruh informasi yang tersimpan dalam public cloud server adalah data yang bisa diakses secara publik. Contoh: YouTube, Instagram, dan lainnya.

  • Community Cloud

Hampir sama seperti private cloud, community cloud adalah layanan penyimpanan virtual yang aksesnya hanya terbuka untuk sekelompok organisasi saja. Mereka akan melakukan pengolahan datanya secara internal. 

  • Hybrid Cloud

Hybrid Cloud adalah sebuah kombinasi antara public cloud dan private cloud. Dengan kata lain, sejumlah informasi dapat diakses secara publik oleh masyarakat umum sedangkan informasi pribadi hanya bisa diakses oleh jaringan internal saja.

Acer TC400 Cloud Terminal, Server Cloud dari Acer 

Acer TC400 Cloud Terminal adalah Server Cloud dari Acer dan bagian dari solusi Acer AltosCloud VDI. Untuk menggunakannya Anda cukup menghubungkan keyboard, mouse, monitor ke Acer TC400 Cloud Terminal, dan ke server host melalui koneksi LAN. Acer TC400 Cloud Terminal menggunakan sangat sedikit daya, memanfaatkan sumber daya server host untuk menawarkan pengalaman pengguna PC yang serupa.


Solusi Acer AltosCloud menggunakan server yang kuat untuk melakukan semua komputasi dan manajemen dengan menggunakan beberapa Terminal Cloud independent. Banyak pengguna dapat memanfaatkan server secara hemat biaya dalam melakukan komputasi dan operasi berbasis cloud. Anda bisa mengetahui informasi lebih lengkap dengan klik link berikut ini https://commercial.acerid.com/products/server/cloud-computing/t400.

Bagikan Artikel

Artikel Lainnya