16 Januari 2023

Siap Bersaing! Intip Peluang Bisnis di Era Industri 5.0

Siap Bersaing! Intip Peluang Bisnis di Industri 5.0

Hingga saat ini, dunia telah mengalami perkembangan yang begitu signifikan karena pengaruh dari teknologi industri di era transformasi digital. Fenomena tersebut memicu kemunculan konsep Industri 5.0 yang erat kaitannya dengan pemanfaatan teknologi komputer dan digitalisasi.

Era industri 5.0 ini muncul sebagai penyempurna era 4.0 dan memungkinkan manusia dapat bekerja bersama dengan robot dan kecerdasan buatan. Industri 5.0 memaksimalkan teknologi otomasi untuk kebutuhan manusia sehari-hari seperti contohnya melalui penggunaan Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), data science, dan pengolahan big data.

Karena pergerakan industri 5.0 ini semakin masif, kita semua perlu mempersiapkan diri agar tidak tertinggal. Agar mampu bersaing di era industri 5.0, Anda bisa melihat apa saja peluang bisnis di era industri 5.0. Berikut beberapa informasinya untuk Anda:

  1. Software House 

Peluang bisnis di era industri 5.0 yang pertama adalah mendirikan software house. Software house merupakan perusahaan yang menyediakan jasa dalam melayani pemesanan, pembuatan software atau aplikasi yang sesuai dengan keinginan dari klien. Bisnis ini sangat menjanjikan di masa depan. Terbukti dengan semakin berkembangnya teknologi, maka akan semakin banyak perusahaan yang membutuhkan aplikasi pengelolaan berbasis digital untuk membantu pekerjaan mereka, seperti pengelolaan data keuangan, data gudang, data karyawan, dan lain sebagainya. 

  1. Jasa Cloud Hosting 

Kini, banyak perusahaan menyadari pentingnya big data. Namun, tak semua perusahaan memiliki SDM profesional untuk menjalankannya. Oleh sebab itu, banyak perusahaan yang menggunakan layanan pihak ketiga untuk mengelola data mereka dalam server yang aman dan rapi untuk mengelola data perusahaan. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis di era industri 5.0 yaitu menyediakan jasa cloud hosting. Cloud hosting menyediakan jasa dan layanan dalam bidang pemeliharaan dan penyimpanan data digital.

  1. Artificial Intelligence Developer

Saat ini, semakin banyak orang menggunakan artificial intelligence. Bahkan disadari atau tidak, artificial intelligence ada di belakang perangkat keseharian manusia mulai dari mobil self-driving hingga teknologi pengenalan wajah dan ucapan sehingga relevansi Artificial Intelligence Developer menjadi lebih tinggi dari sebelumnya. Artificial intelligence (AI) Developer bertujuan memprogram mesin atau aplikasi untuk menunjukkan kemampuan pemecahan masalah, dan prediktabilitas. 

  1. Cyber Security Analyst

Dengan meningkatnya ancaman serangan siber, akan ada kebutuhan tenaga profesional yang dapat membantu organisasi melindungi sistem mereka dari pihak tidak bertanggung jawab seperti cyber security analyst. Sederhananya, cyber security analyst melindungi organisasi dari ancaman dunia maya. Beberapa tugas utama cyber security analyst meliputi:

  • Memasang dan mengoperasikan firewall, program enkripsi, dan perangkat lunak keamanan lainnya
  • Mengawasi ancaman siber aktif dan potensial
  • Menulis laporan response insiden
  • Melakukan penilaian risiko dan uji penetrasi secara berkala
  • Meneliti dan mengikuti perkembangan tren TI

Dilansir dari https://insightglobal.com/, Perusahaan riset pasar Lightcast bermitra dengan CyberSeek menemukan bahwa antara April 2021 dan April 2022, kebutuhan personel dan keterampilan keamanan siber tumbuh sebesar 43%, sementara permintaan di semua pekerjaan lain hanya tumbuh sebesar 18%, menjadikan cyber security analyst salah satu pekerjaan TI dengan permintaan paling tinggi di luar sana dan menjadi peluang bisnis baru di era industri 5.0.

Untuk membantu Anda mempersiapkan diri dalam bersaing di industri 5.0, Acer menghadirkan produk-produk berkualitas dan berteknologi tinggi untuk mendukung pekerjaan di era industri 5.0. Selain perangkat berteknologi tinggi, Acer sebagai perusahaan ICT terkemuka di dunia dan pemain utama di industri PC Indonesia juga turut mendukung program pemerintah untuk penggunaan Produk dalam Negeri (PDN). Bentuk dukungan Acer tersebut adalah dengan menghadirkan produk-produk yang berkualitas dan memenuhi persyaratan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Dengan mendukung program TKDN Nasional, Acer turut serta membangun bangsa melalui pemanfaatan sumber daya di Indonesia. mendorong kemajuan industri dan ekonomi secara menyeluruh, serta siap bersaing di industri 5.0. Anda bisa mengetahui produk-produk Acer tersebut dengan mengunjungi tautan berikut.

Bagikan Artikel

Artikel Lainnya