16 Januari 2023

Siap Menuju Indonesia Emas 2045, Ini yang Perlu Disiapkan

Menuju Indonesia Emas 2045, Ini yang Perlu Disiapkan

Tahun 2045 merupakan momentum bersejarah, karena Indonesia genap berusia 100 tahun atau satu abad Indonesia. Hal ini yang menjadi salah satu alasan munculnya ide, wacana, dan gagasan Generasi Emas 2045.

Mengapa disebut Generasi Emas 2045? Ini karena pada tahun 2045 nanti, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi yaitu jumlah penduduk Indonesia 70%-nya dalam usia produktif (15-64 tahun). Jika bonus demografi ini tidak dimanfaatkan dengan baik akan membawa dampak buruk terutama masalah sosial, seperti kemiskinan, kesehatan yang rendah, pengangguran, dan tingkat kriminalitas yang tinggi. 

Seperti dilansir dari https://www.kemenkopmk.go.id/, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah memiliki beberapa cara untuk memaksimalkan pemanfaatan bonus demografi dalam menyongsong Indonesia Emas 2045, diantaranya: 

  1. Strategi pertama pemerintah untuk menyongsong Indonesia Emas 2045 adalah meningkatkan kualitas penduduk melalui intervensi kesehatan dan pendidikan. Intervensi kesehatan dilakukan sejak anak masih berada dalam kandungan ibu. Dalam hal ini, pemerintah menjalankan program intervensi gizi pada ibu hamil, 1.000 hari pertama kehidupan anak, dan balita. Program intervensi di bidang kesehatan juga mencakup pemantauan tumbuh kembang anak dan revitalisasi Posyandu menggunakan dana desa. Selain itu, pemerintah memprioritaskan program pendidikan pada anak usia dini dan pendidikan karakter.
  2. Strategi kedua pemerintah untuk menyongsong Indonesia Emas 2045 adalah meningkatkan kualitas penduduk dengan memastikan anak-anak menjalani pendidikan minimal selama 12 tahun. Fase kedua dilakukan dengan upaya pemerataan akses pendidikan, melalui wajib belajar 12 tahun, didukung dengan program Kartu Indonesia Pintar, BOS sekolah, revitalisasi kurikulum, serta akreditasi SMK.
  3. Strategi pemanfaatan bonus demografi yang ketiga, mencakup peningkatan akses lulusan sekolah menengah atas dan sekolah yang sederajat untuk menempuh pendidikan perguruan tinggi dengan program KIP Kuliah serta revitalisasi perguruan tinggi berbasis vokasi untuk membentuk tenaga siap kerja.
  4. Strategi keempat pemerintah dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045, meliputi upaya untuk membantu lulusan perguruan tinggi mendapatkan pekerjaan melalui program Kartu Prakerja dan menjalankan program pendidikan pranikah.
  5. Strategi pemerintah berikut dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045 adalah memberikan perlindungan sosial, kesehatan, keamanan, dan kenyamanan untuk mewujudkan kesejahteraan warga lanjut usia. 

Lebih lanjut, Menko PMK Muhadjir Effendy mengemukakan bahwa pandemi COVID-19 berdampak ke berbagai aspek kehidupan dan menimbulkan tantangan-tantangan bagi pemerintah dalam menjalankan strategi untuk memaksimalkan pemanfaatan bonus demografi.

Namun dengan kolaborasi, koordinasi, sinkronisasi kementerian dan lembaga, pemerintah pusat dan daerah, pelaku usaha, akademisi, dan masyarakat menjadi langkah penting untuk memastikan program-program peningkatan kualitas penduduk berjalan baik pada masa pandemi seperti sekarang.

Selain 5 strategi diatas, yang perlu dilakukan dalam menyongsong Indonesia Emas 2045 adalah penggunaan teknologi untuk mendukung segala kegiatan. Mengapa teknologi? Dengan teknologi, segala kegiatan manusia akan menjadi lebih mudah, misalnya seperti dalam proses pembelajaran. Hal ini sesuai dengan strategi pemerintah dalam meningkatkan kualitas penduduk melalui intervensi kesehatan dan pendidikan.

Dalam hal ini, Acer sebagai perusahaan ICT terkemuka di dunia dan pemain utama di industri PC Indonesia turut berkontribusi mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045 dengan menghadirkan produk-produk berteknologi tinggi. Selain perangkat berteknologi tinggi, Acer  juga turut mendukung program pemerintah untuk penggunaan Produk dalam Negeri (PDN). Bentuk dukungan Acer tersebut adalah dengan menghadirkan produk-produk yang berkualitas dan memenuhi persyaratan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Produk Acer bersertifikat TKDN tersebut bisa digunakan untuk mendukung berbagai kegiatan mulai pemerintahan hingga pendidikan untuk mempersiapkan bonus demografi dan menyongsong Indonesia Emas 2045. 

Anda bisa melihat produk-produk Acer dengan mengunjungi tautan berikut

Bagikan Artikel

Artikel Lainnya