6 Januari 2023

Tips Memanfaatkan Google Chromebook untuk Optimalkan Bekerja dari Rumah

Memanfaatkan Google Chromebook untuk Bekerja

Chromebook adalah perangkat yang aman, sederhana, yang dapat membantu penggunanya tetap produktif. Chromebook tidak hanya digunakan untuk siswa atau guru, Chromebook juga bisa digunakan untuk pekerja yang membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang mumpuni dengan harga lebih terjangkau. Namun, meskipun terjangkau, Chromebook juga bisa bekerja optimal saat digunakan untuk pekerjaan kantor.

Berikut adalah beberapa tips memanfaatkan Google Chromebook untuk optimalkan bekerja di rumah:

1. Pastikan Keamanan Data Karyawan Aman Mesti Tidak Berada di Kantor

Langkah pertama, cek pengaturan Google Safe Browsing di semua perangkat Chrome dan atur browser untuk memastikan jika fitur peringatan terhadap situs-situs mencurigakan yang mengandung malware telah diaktifkan. Untuk perangkat Google Chromebook, Anda bisa mengecek pengaturan screen lock untuk memastikan perangkat Anda otomatis terkunci setelah diam selama beberapa saat untuk mencegah perangkat Anda disalahgunakan oleh pihak lain. 

2. Mulai dengan Pengaturan Sederhana

Langkah kedua, Anda bisa menyiapkan Chromebook dengan cara yang mudah. Anda cukup masuk ke Akun Google Anda untuk memulai dan mengakses semua file Google Drive dan preferensi Chrome di Chromebook Anda.

3. Manfaatkan Fitur Menonaktifkan dan Mengaktifkan Perangkat dari Jarak Jauh Sesuai Kebutuhan

Anda bisa menonaktifkan dan mengaktifkan perangkat Chromebook dari jarak jauh sesuai dengan kebutuhan. Contohnya, Google Chromebook memiliki fitur keamanan built-in, namun admin Chrome Enterprise bisa mengakses pengaturan yang lebih beragam untuk memitigasi kemungkinan malware, phishing, atau hilangnya perangkat apabila Anda mengaktifkan perangkat dari jarak jauh. Anda juga bisa menonaktifkan perangkat Chrome secara jarak jauh melalui Google Admin Console jika perangkat Anda hilang atau dicuri, bahkan Anda bisa juga membubuhkan pesan untuk orang yang menemukan perangkat Anda.

4. Konfigurasi Pengaturan Internet untuk Akses Kerja dari Rumah

Penting untuk memastikan jika perangkat Google Chromebook Anda memiliki kebijakan yang tepat untuk Wi-Fi, Ethernet, dan akses VPN, termasuk sertifikasi network sehingga Anda dapat mengakses data perusahaan dari rumah

5. Siapkan Aplikasi yang Dapat Mendukung Pekerjaan

Anda bisa menyiapkan aplikasi untuk menyelesaikan pekerjaan, seperti Google Docs, serta aplikasi konferensi video untuk berkolaborasi dengan tim dari jarak jauh, seperti Google Meet. Anda tidak perlu menginstal aplikasi antivirus karena Chromebook melindungi Anda dan data Anda dari malware berkat keamanan berlapis dan pembaruan otomatis. Anda juga bisa menggunakan solusi VDI di perangkat Chrome seperti Citrix atau VMware jika mereka membutuhkan akses remote. Jika perangkat Google Chromebook yang digunakan bermasalah, Anda dapat menyetujui untuk menerima layanan remote dengan Chrome Remote Desktop. Fitur ini memudahkan Anda untuk mendapatkan support dengan cepat. 

6. Atur Chrome Browser di Semua Platform atau Gunakan Cloudready

Anda bisa menggunakan Google Admin Console untuk mengatur Chrome Browser tanpa biaya tambahan. Gunakan Chrome Browser Cloud Management untuk mengatur dan menerbitkan kebijakan, mengatur ekstensi, dan mendapatkan ilmu di deployment browser Anda. Kebijakan ini bisa diaplikasikan baik di koneksi public atau private untuk mendapatkan kontrol di lingkungan kerja remote Anda. Anda juga bisa menggunakan Cloudready untuk mendapatkan nuansa perangkat Chrome di hampir semua perangkat tanpa harus mengganti hardware

Rekomendasi Acer Chromebook untuk Work From Home

Acer Chromebook tidak kalah tangguh dari laptop Windows. Berikut beberapa rekomendasi Acer Chromebook yang bisa digunakan untuk bekerja dari rumah:

1. Acer Chromebook Spin 514 (CP514-1W / 1WH)

Memanfaatkan Google Chromebook untuk Bekerja

Dirancang untuk tetap tangguh saat digunakan saat bepergian, Chromebook Spin 514 dilengkapi power adapter & battery up to 10 Hours serta memiliki Prosesor AMD terbaru yang memungkinkan Anda untuk bekerja secara intensif. 

2. Acer Chromebook Spin 713 – (CP713-2W)

Acer Chromebook Spin 713 merupakan yang pertama di kalangan Chromebook konvertibel. Chromebook Spin 713 dengan aluminium elegan ini menggunakan processor 10th Gen Intel yang cepat dan memiliki layar 3:2 untuk bisa melihat lebih banyak situs dan dokumen.

3. Chromebook 311 (C733/C733T)

Memanfaatkan Google Chromebook untuk Bekerja

Didesain untuk tetap online saat bepergian, Acer Chromebook 311 mengemas banyak fitur ke dalam sasis kecil yang ringan. Acer Chromebook 311 dilengkapi dengan CPU Intel Celeron N4020 / N4120, dual-channel DDR4 SDRAM support, 8 GB / 4 GB of onboard DDR4 memory. Membuat Chromebook ini jadi pilihan tepat untuk WFH. 

Itulah informasi seputar cara memanfaatkan Chromebook untuk optimalkan bekerja dari rumah. Anda bisa melihat daftar lengkap produk Acer Chromebook untuk produktivitas lainnya dengan melihat tautan berikut.

Bagikan Artikel

Artikel Lainnya