20 Januari 2023

Keunggulan Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) dan Fungsinya Bagi Perusahaan

Keunggulan Enterprise Resource Planning

Saat ini perkembangan teknologi berkembang dengan pesat. Para pemilik bisnis harus dapat memanfaatkan teknologi untuk mempermudah proses bisnis. Semakin besar bisnis, tentu proses bisnis yang ada akan semakin kompleks. Perencanaan serta pengelolaan antara divisi harus dipertimbangkan dengan baik. Salah satu hal yang dapat memudahkan proses bisnis yaitu dengan menggunakan sistem Enterprise Resource Planning (ERP).

Enterprise Resource Planning atau lebih dikenal dengan sebutan sistem ERP adalah singkatan dari tiga elemen kata enterprise (perusahaan/organisasi), resource (sumber daya), planning (perencanaan).

ERP merupakan sistem terpadu yang digunakan oleh perusahaan untuk mengintegrasikan seluruh sumber daya perusahaan. Dengan sistem ini, maka memungkinkan setiap departemen di perusahaan dapat terhubung pada satu sistem yang sama. Hal ini akan memudahkan perencanaan dan pengelolaan antara departemen. 

Selain itu, berikut adalah keuntungan lain yang didapat oleh bisnis jika menggunakan ERP, diantaranya: 

  1. Mengembangkan Etos Kerja dengan Standarisasi Sistem

ERP memungkinkan perusahaan menjalankan proses yang terstruktur dan membangun standar operasional baku. Otomatisasi sistem yang efektif akan mendorong etos kerja karyawan, mengurangi kecurangan, dan meningkatkan daya saing perusahaan.

  1. Data Bisnis yang Akurat dan Terintegrasi

Perangkat lunak cloud ERP terdiri dari berbagai modul dan sub-modul yang dapat mewakili komponen bisnis tertentu dan memudahkan perusahaan mengelola data tunggal dan real-time. Jika data yang dimasukan pada suatu modul (contohnya data penerimaan material) maka modul-modul lain seperti “pembayaran” dan “persediaan” akan secara otomatis diperbaharui juga. Pembaharuan ini terjadi secara real time atau tepat pada waktu terjadinya transaksi. Sinkronisasi proses di sejumlah departemen yang berhubungan ini membantu pekerjaan mencapai hasil yang lebih cepat dan lebih baik.

  1. Dasar Pengambilan Keputusan Lebih Baik

Data yang akurat dan real time merupakan dasar pengambilan keputusan yang cepat dan kuat. Data yang akurat dan lengkap membantu perusahaan merencanakan, menganggarkan, dan mengomunikasikan kondisi operasional organisasi kepada pihak berkepentingan, seperti pemegang saham.

  1. Peningkatan Efisiensi dan Produktivitas

ERP dapat meningkatkan efisiensi pada aktivitas rutin harian. Seperti pemesanan, pengiriman, kinerja pemasok, manajemen kualitas, manajemen kas, dan realisasi penjualan. Dengan adanya sistem ERP, siklus waktu penjualan ke kas dan pembayaran ke pemasok pun dapat dipersingkat.

  1. Meningkatkan Keamanan Data

ERP mempunyai firewall dan kontrol pembatasan. Tujuannya untuk mencegah terjadinya pelanggaran data. Alhasil, semua data tersimpan dalam sistem terpusat sehingga bagian titik akses bisa terjaga keamanannya. 

Dengan sistem ini memungkinkan setiap departemen di perusahaan dapat terhubung pada satu sistem yang sama. Sistem ERP memiliki banyak modul yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa modul diantaranya yaitu modul gudang, keuangan, manajemen pesanan, manajemen pelanggan, manajemen sumber daya manusia, dan lain-lain bergantung terhadap software ERP yang digunakan.

Untuk kegiatan bisnis dan kelancaran sistem ERP di perusahaan, Anda bisa menggunakan perangkat yang mendukung kegiatan bisnis seperti produk-produk dari Acer. Silahkan kunjungi tautan berikut untuk menemukan informasi produk Acer yang lengkap.

Bagikan Artikel

Artikel Lainnya