24 Juli 2023

Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2 di Windows 10 & 11 dengan Mudah

Saat melakukan pekerjaan menggunakan laptop, sering kali Anda dihadapkan pada situasi di mana Anda harus membuka banyak aplikasi dan bekerja secara back-to-back dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Namun, hal ini tidak efektif untuk dilakukan karena dapat membuat mata lebih cepat lelah dan Anda jadi lebih cepat kehilangan fokus. Untuk melakukan pekerjaan secara lebih efektif, Anda dapat memanfaatkan fitur pada laptop yaitu membagi layar laptop menjadi 2 atau biasa disebut dengan istilah split screen.

Dengan split screen, Anda bisa melihat 2 layar dalam waktu bersamaan. Hal ini sangat berguna ketika Anda harus bekerja menggunakan beberapa aplikasi sekaligus. Anda tidak perlu melakukan back-to-back yang melelahkan karena Anda bisa melakukan multitasking dengan cara membuka dua layar aplikasi sekaligus dalam satu waktu. Lalu, bagaimana cara untuk membagi layar laptop menjadi 2?

Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2 di Windows 10

Bagi Anda yang menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows 10, cara membagi 2 layar laptop bisa dilakukan dengan cara berikut:

Cara Membagi Layar Laptop dengan Kursor

Cara pertama adalah dengan menggunakan kursor. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi yang ingin dibagi dua di layar laptop
  2. Arahkan kursor ke title bar atau bagian kosong di atas jendela aplikasi
  3. Klik dan tahan tombol kiri mouse
  4. Seret jendela aplikasi ke kanan atau ke kiri sampai ujung
  5. Setelah itu, aplikasi lainnya akan muncul di sebelah aplikasi yang sudah di-split screen dalam ukuran kecil
  6. Tekan salah satu aplikasi yang ingin ditampilkan bersebelahan dengan aplikasi yang tadi sudah di-split screen
  7. Selesai, layar Anda telah terbagi menjadi 2

Cara Membagi Layar Laptop dengan Shortcut Keyboard

Selain dengan kursor, Anda bisa membagi layar laptop menjadi 2 menggunakan keyboard dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi yang ingin di-split screen
  2. Klik tombol Windows + Panah Kanan untuk menampilkan aplikasi ke sisi kanan
  3. Klik tombol Windows + Panah Kiri untuk menampilkan aplikasi ke sisi kiri
  4. Kemudian, aplikasi lainnya akan muncul di sebelah aplikasi yang sudah di-split screen dalam ukuran kecil
  5. Tekan salah satu aplikasi yang ingin ditampilkan bersebelahan dengan aplikasi yang tadi sudah di-split screen
  6. Selesai, layar Anda telah terbagi menjadi 2

Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2 di Windows 11

Bagi Anda yang menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows 11, Anda juga bisa menggunakan cara yang sama dengan Windows 10 untuk membagi layar laptop menjadi 2, yakni dengan menggunakan kursor maupun shortcut keyboard. Langkah-langkahnya pun sama persis dan tidak ada perubahan antara Windows 10 dan Windows 11. 

Namun, pada Windows 11, terdapat fitur tambahan yang bisa Anda gunakan untuk membagi layar menjadi 2. Fitur baru ini bernama Snap Windows. Anda bisa membagi 2 layar laptop dengan fitur Snap Windows dengan cara berikut:

Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2 dengan Snap Windows

Pada Windows 11 terdapat fitur baru untuk membagi layar laptop bernama Snap Windows. Fitur ini memiliki beberapa mode yang bisa memudahkan Anda dalam menampilkan dua atau lebih aplikasi dalam satu layar. Anda dapat mengaktifkan Snap Windows terlebih dahulu sebelum membagi layar laptop menjadi 2 dengan cara berikut ini:

  1. Buka Settings
  2. Pilih System
  3. Pilih menu Multitasking
  4. Aktifkan fitur Snap Windows dengan menggeser toggle menjadi On

Setelah fitur aktif, Anda bisa mulai membagi layar laptop menjadi 2 dengan cara berikut ini:

  1. Buka aplikasi yang ingin di-split screen
  2. Arahkan kursor ke tombol Maximize pada aplikasi yang dibuka
  3. Kemudian, akan muncul pop up menu Snap Layout di bawah tombol Maximize yang terdiri atas 6 mode split screen yang bisa dipilih
  4. Pilih mode Snap Layout yang diinginkan. Jika ingin membagi layar menjadi 2, maka pilih mode yang membagi layar menjadi 2
  5. Setelah diklik, maka Snap Layout akan otomatis memindahkan aplikasi ke posisi yang Anda inginkan
  6. Kemudian, aplikasi lainnya akan muncul pada ruang di sebelah aplikasi yang sudah di-split screen
  7. Pilih aplikasi lain yang ingin ditampilkan bersebelahan dengan aplikasi yang sudah di-split screen tadi
  8. Selesai, layar Anda telah terbagi menjadi 2

Melakukan multitasking dengan membagi layar laptop menjadi 2 memang dapat membantu menyelesaikan pekerjaan secara lebih cepat. Namun, hal ini akan membuat laptop Anda bekerja lebih keras dibandingkan biasanya. Oleh karena itu, Anda membutuhkan laptop dengan prosesor yang mumpuni sehingga dapat menunjang kinerja multitasking dengan baik tanpa hambatan. Salah satu rekomendasi laptop yang bisa Anda gunakan untuk bekerja secara split screen yaitu Travelmate P6.

Travelmate P6 merupakan laptop andalan yang memiliki sertifikasi Intel EVO dan sertifikasi berstandar militer MIL-STD 810H. Tidak hanya tahan banting, laptop ini juga memiliki desain tipis dan ringan sehingga mudah dibawa ke manapun. Laptop ini juga memiliki performa tangguh yang dapat digunakan untuk bekerja multitasking tanpa hambatan karena ditenagai prosesor Intel Core i7 Generasi ke-11.

Di samping itu, laptop Travelmate P6 juga dibekali dengan keamanan kelas industri, seperti Acer User Sensing, Trusted Platform Module 2.0, dan teknologi vPro. Laptop ini juga disertai baterai yang tahan lama hingga 20 jam pemakaian, disertai kemampuan fast charging yang dapat terisi hingga 80% dalam satu jam. Bagi Anda yang membutuhkan laptop berprosesor cepat dan tangguh untuk bekerja multitasking, laptop Travelmate P6 dapat menjadi pilihan terbaik bagi Anda.

Bagikan Artikel

Artikel Lainnya