20 September 2023

Ketahui Apa Itu VRAM, Cara Cek dan Menambah, hingga Fungsinya di Laptop

Ketika berbicara tentang laptop, sebagian besar fokus pengguna cenderung tertuju pada faktor-faktor seperti kinerja CPU, keamanan data, dan keandalan sistem. Namun, terdapat salah satu komponen yang juga memiliki peran penting dalam meningkatkan pengalaman pengguna saat bekerja menggunakan laptop, yaitu Video Random Access Memory (VRAM). Apa itu VRAM pada laptop atau komputer dan mengapa VRAM menjadi salah satu spesifikasi yang penting?

Apa Itu VRAM?

Video Random Access Memory atau biasa disingkat VRAM adalah salah satu komponen yang terdapat dalam kartu grafis dan beroperasi seperti RAM (Random Access Memory). Data yang disimpan di dalam VRAM meliputi texture, framebuffer, atau asset lainnya yang sangat penting bagi kartu grafis untuk melakukan rendering gambar dan menampilkannya di layar monitor.

VRAM pertama kali digagas oleh F. Dill, D. Ling, dan R. Matick dalam penelitian yang dilakukan oleh International Business Machines Corporation (IBM), sebuah perusahaan Amerika Serikat yang memproduksi dan menjual perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Penelitian tersebut terjadi pada tahun 1980. Lima tahun setelahnya pada tahun 1985, hasil penelitian tersebut dipatenkan. Kemudian, pada tahun 1986, IBM memperkenalkan VRAM secara komersial, yang akhirnya membuat VRAM menjadi standar untuk tampilan grafis komputer.

Perbedaaan Dasar RAM dan VRAM

Setelah mengetahui apa itu VRAM, di bawah ini akan dijabarkan beberapa perbedaan mendasar dari RAM dan VRAM antara lain yaitu:

1. Perbedaan Fungsi

RAM berfungsi untuk menyimpan data yang berasal dari CPU (Central Processing Unit), sedangkan VRAM berfungsi untuk menyimpan data yang berasal dari GPU (Graphical Processing Unit). 

Data yang disimpan pada RAM meliputi data-data aplikasi, software, game, dan berbagai data lainnya di dalam komputer. Oleh karena itu, pengaruh RAM terhadap kerja komputer sangat besar. Sementara itu, data yang disimpan pada VRAM lebih berfokus kepada data-data gambar dan berbagai visual lainnya yang ditampilkan pada layar komputer.

2. Perbedaan Lokasi

Selain dari segi fungsi, RAM dan VRAM juga memiliki perbedaan dari segi lokasi penyimpanannya pada komputer. RAM terpasang pada slot yang disediakan di CPU. Selain itu, pada kasus tertentu, RAM juga bisa terpasang pada motherboard. Berbeda dengan RAM, VRAM terpasang pada Video Graphic Array (VGA) Card, yang lokasinya terletak pada GPU.

3. Perbedaan Bentuk

RAM biasanya berbentuk persegi panjang dengan kepingan berwarna hitam yang jumlahnya tergantung berapa banyak memori yang digunakan. Jika menggunakan memori berukuran 4GB, maka jumlah kepingan hitam yang digunakan ada dua buah.

Di samping itu, VRAM memiliki bentuk yang kecil dan hanya berupa kepingan hitam saja. Kepingan hitam ini menjadi pusat pengolahan data-data berupa gambar dan visual yang digunakan pada memori tersebut.

4. Perbedaan Satuan Ukuran

Perbedaan RAM dan VRAM juga bisa dilihat dari satuan ukurannya. RAM menggunakan satuan ukuran byte. Semakin besar ukuran byte pada RAM yang digunakan, maka semakin lancar komputer tersebut dalam menjalankan aplikasi, software, browser, maupun perangkat lunak lainnya.

Berbeda dengan RAM, satuan yang digunakan pada VRAM adalah bit pada pixel. Artinya, semakin besar ukuran bit pada VRAM yang digunakan, maka semakin bagus hasil visual yang ditampilkan pada layar komputer. 

Pentingnya VRAM

VRAM memiliki peran yang penting sebagai memori untuk menyimpan berbagai data grafis yang diperlukan oleh GPU. Teknologi ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan kualitas gambar yang dapat dihasilkan oleh komputer. Semakin tinggi kualitas VRAM laptop atau komputer, maka semakin baik pula tampilan grafis yang dapat diperoleh.

Selain itu, komponen ini juga sangat penting untuk mendukung pengalaman bermain game pengguna. Oleh karena itu, banyak pengguna yang memeriksa dan mempertimbangkan spesifikasi VRAM terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli komputer atau laptop baru, terutama bagi para gamer yang ingin membeli perangkat gaming.

Cara Cek VRAM

Bagi pengguna laptop atau komputer dengan sistem operasi Windows, berikut adalah cara cek VRAM pada perangkat Anda:

1. Cara Cek VRAM Melalui Windows Settings pada Windows 10

  • Buka Windows Settings dengan mengetikkan Settings pada search bar Windows 10.
  • Kemudian, pilih menu System.
  • Setelah itu, pilih Display, lalu pilih Display Adapter Properties.
  • Kemudian, akan muncul tampilan jendela properties yang berisikan informasi mengenai kartu VGA yang digunakan pada perangkat.
  • Untuk mengetahui ukuran VRAM, perhatikan pada bagian Dedicated Video Memory.

2. Cara Cek VRAM Melalui Windows Settings pada Windows 11

  • Buka Start Menu pada Windows 11, lalu pilih ikon Settings.
  • Pilih Systems, lalu pilih Display.
  • Pilih Advanced Display, lalu pilih Display Adaptor Properties for Display 1.
  • Kemudian, akan muncul tampilan jendela properties yang berisikan informasi mengenai kartu VGA yang digunakan pada perangkat.
  • Untuk mengetahui ukuran VRAM, perhatikan pada bagian Dedicated Video Memory.

3. Cara Cek VRAM Melalui Dxdiag (DirectX Diagnostic Tool)

  • Tekan kombinasi tombol Windows + R pada keyboard.
  • Kemudian, akan muncul jendela popup Run pada layar. 
  • Ketikkan dxdiag pada kolom yang tersedia, lalu klik Ok.
  • Setelah itu, akan muncul jendela Dxdiag pada layar.
  • Pada jendela Dxdiag, pilih menu Display.
  • Kemudian, akan tampil informasi mengenai VGA yang digunakan pada perangkat.
  • Untuk mengetahui ukuran VRAM, perhatikan pada bagian Display Memory (VRAM).

Cara Menambah VRAM

Terdapat beberapa cara untuk menambah ukuran VRAM laptop atau komputer. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai cara menambah VRAM.

1. Melakukan Upgrade RAM

Cara pertama untuk menambah ukuran VRAM laptop adalah dengan melakukan upgrade RAM karena memori VGA akan mengambil (shared) dari memori RAM. Pengaturan shared memory ini akan otomatis dilakukan oleh sistem. Oleh karena itu, apabila memori RAM di-upgrade menjadi lebih besar, maka semakin besar juga shared memory untuk VGA.

2. Meningkatkan VRAM Melalui BIOS

Pengguna juga bisa meningkatkan VRAM laptop melalui BIOS (Basic Input Output System). Caranya adalah sebagai berikut:

  • Nyalakan laptop atau komputer seperti biasa.
  • Kemudian, pada layar BIOS, tekan tombol F1, F2, F11, F12, atau tombol Del.
  • Selanjutnya, komputer akan mengarah ke pengaturan BIOS.
  • Setelah itu, cari pengaturan yang di dalamnya terdapat pengaturan terkait VRAM. Pengaturan ini bisa berbeda-beda pada setiap perangkat, namun umumnya pengaturan ini terdapat pada menu Configuration, Chipset Configuration, Video, atau sejenisnya.
  • Setelah itu, naikkan ukuran VRAM dengan menambah memorinya.

3. Mengatur VRAM Windows Melalui Registry

Cara lainnya untuk menambah VRAM adalah melalui Registry Windows. Menu ini umumnya memiliki pengaturan-pengaturan yang masih terkait dengan sistem, termasuk pengaturan terkait VRAM. Untuk menambah VRAM melalui Registry Windows, caranya adalah sebagai berikut:

  • Tekan kombinasi tombol Windows + R pada keyboard.
  • Setelah muncul kotak dialog Run, ketikkan regedit, lalu tekan Ok.
  • Selanjutnya, akan muncul jendela Registry Editor.
  • Pilih HKEY_LOCAL_MACHINE, lalu pilih Software.
  • Scroll ke bawah dan carilah folder yang sesuai dengan nama VGA card yang dipakai, lalu pilih folder tersebut.
  • Kemudian, di bagian kanan folder, klik kanan, pilih New, pilih Key, lalu buat dengan nama GMM.
  • Pada folder GMM, klik kanan, pilih New, pilih DWORD (32-bit) Value, lalu beri nama DedicatedSegmentSize.
  • Edit DedicatedSegmentSize dengan value data sesuai VRAM yang ingin ditambah. Misalnya, ingin menambah VRAM menjadi 1GB, maka setting menjadi 1024.
  • Setelah selesai, klik Ok.
  • Terakhir, lakukan restart pada komputer agar hasil penambahan VRAM dapat berfungsi.

Fungsi VRAM untuk Pekerjaan dalam Bisnis

VRAM sangat penting perannya dalam menampilkan gambar yang berkualitas pada layar monitor. Selain itu, VRAM yang berkapasitas besar, juga bisa menurunkan masalah stuttering atau lag tiba-tiba yang sering terjadi pada laptop. Hal ini tidak hanya berperan bagi para gamer saat memainkan game, namun juga bagi para pekerja bisnis yang membutuhkan laptop dengan kinerja cepat.

Bagi pekerja di bidang bisnis, VRAM laptop berkapasitas besar juga bisa menjadi salah satu spesifikasi yang dipertimbangkan saat ingin membeli laptop baru. Salah satu laptop bisnis yang memiliki VRAM besar yaitu Travelmate P6. Laptop ini menggunakan GPU Intel Iris Xe Graphics dengan RAM up to 32 GB of onboard LPDDR4X. Semakin bagus kualitas VGA card dan semakin besar kapasitas RAM yang digunakan, maka akan semakin besar pula kapasitas VRAM pada laptop.

Tidak hanya itu, Travelmate P6 juga menggunakan prosesor canggih yaitu 11th Gen Intel Core processors dengan penyimpanan up to 1TB SSD. Dengan spesifikasi ini, laptop Travelmate P6 dapat berjalan dengan performa gahar tanpa khawatir akan terjadi lagging. Bobotnya yang ringan dan baterainya yang tahan lama juga menjadikan laptop Travelmate P6 sebagai laptop bisnis yang cocok dibawa bekerja hybrid di mana pun Anda berada.

Bagikan Artikel

Artikel Lainnya