8 Januari 2023

Waspada, Ini Prediksi Ancaman Cyber Security di Tahun 2023

Waspada, Ini Prediksi Ancaman Cyber Security di Tahun 2023

Perkembangan teknologi di dunia digital memberi banyak manfaat untuk kita semua, namun dibalik itu, ancaman kejahatan cyber juga turut mengintai. Bahkan penjahat dunia maya juga cepat beradaptasi dengan mengikuti tren sosial, politik, ekonomi, dan budaya lalu muncul dengan ancaman cyber security baru untuk mendapatkan keuntungan dari situasi tersebut. 

Seperti ditulis di www.indotelko.com, Kaspersky menyajikan sejumlah gagasan utama tentang seperti apa lanskap ancaman cyber security yang berorientasi pada area konsumen di tahun 2023. Kaspersky sendiri merupakan perusahaan yang menyediakan perlindungan menyeluruh terhadap berbagai jenis ancaman keamanan informasi. Beberapa prediksi ancaman cyber security di tahun 2023, antara lain:

  1. Ancaman cyber security yang pertama adalah pengguna layanan game berlangganan akan menghadapi lebih banyak penipuan game. Semakin besar basis langganan, semakin besar jumlah skema penipuan penjualan kunci dan upaya pencurian akun.
  2. Game yang menyertakan fitur mata uang virtual adalah target utama penjahat dunia maya. Sebab, mereka bisa memproses uang secara langsung. Apalagi, saat ini sebagian besar game modern telah memperkenalkan monetisasi seperti penjualan item dan booster dalam game, serta penggunaan mata uang dalam game. Tentu hal ini menjadi ancaman cyber security dan diprediksi akan semakin gencar di 2023. 
  3. Tahun 2022 hacker mengklaim telah membocorkan beberapa lusin video gameplay dari GTA 6. Kemungkinan besar pada 2023, ada banyak serangan terkait game yang dijadwalkan rilis. Selain kebocoran data, diperikan ada penipu yang memanfaatkan peluncuran game tersebut, serta Trojan yang menyamar sebagai game tersebut.
  4. Ada banyak jadwal pemutaran perdana film yang tayang di 2023, hal ini dimanfaatkan hacker untuk mendistribusikan Trojan menggunakan layanan streaming dan berbagai skema phishing serta penipuan yang ditujukan kepada penggunanya.
  5. Seiring meningkatnya penggunaan aplikasi terkait kesehatan mental, risiko data sensitif yang bocor secara tidak sengaja atau diperoleh pihak ketiga melalui akun yang diretas juga akan meningkat. Berbekal perincian tentang kondisi mental korban, penyerang kemungkinan besar akan meluncurkan serangan rekayasa sosial yang sangat bertarget.

Untuk memastikan Anda terhindar dari ancaman cyber security di tahun 2023, Anda bisa melakukan hal berikut seperti memastikan perangkat lunak selalu diperbarui ke versi terbaru segera setelah tersedia, menggunakan USB terenkripsi yang dapat membantu memastikan bahwa data sensitif dapat disimpan dan ditransfer dengan cara yang paling aman, jangan asal klik tautan mencurigakan dan selalu pastikan untuk memeriksa dan memastikan link tersebut dari pengirim yang terpercaya sebelum mengklik, serta gunakan perangkat yang telah memiliki Windows 11. 

Windows 11 merupakan Windows yang paling aman dengan Zero Trust bawaan yang memiliki keamanan internal yang kuat, termasuk isolasi berbasis perangkat keras, enkripsi, dan perlindungan terhadap malware. 

Membekali diri dengan perangkat yang memiliki Windows 11 akan sangat membantu Anda untuk terhindar dari ancaman cyber security. Anda bisa menggunakan beberapa rekomendasi laptop Acer yang telah memiliki Windows 11, diantaranya:

1. TravelMate Spin P6

TravelMate Spin P6 memiliki keamanan kelas industri. TravelMate Spin P6 juga dapat melindungi data perusahaan Anda dengan Trusted Platform Module 2.0 level perangkat keras dan teknologi pengelolaan jarak jauh vPro™. Teknologi Acer User Sensing dalam TravelMate Spin P6 juga mampu mendeteksi orang secara akurat berdasarkan jangkauan dan gerakan. Selain itu, teknologi ini juga dapat melindungi keamanan data dengan mengunci layar ketika Anda meninggalkannya. Saat kembali, Anda bisa langsung mengaksesnya dengan Windows Hello yang memanfaatkan kamera web Inframerah atau pembaca sidik jari di tombol daya.

2. TravelMate Spin P4

TravelMate Spin P4 memiliki keamanan tangguh. PC Microsoft Secured-Core ini memberikan keamanan tingkat lanjut hingga ke firmware-nya. Juga dilengkapi TPM 2.0 diskrit, pembaca sidik jari, kamera IR dengan penutup lensa, dan dukungan untuk login aman dengan Windows Hello.

3. TravelMate P2

Dengan sertifikasi TCO, TravelMate P2 adalah laptop terbaik dengan harga terjangkau untuk usaha kecil. Tidak hanya cocok untuk berbisnis, komponen laptop ini juga terbuat dari limbah plastik laut (ocean-bound plastic) serta dilengkapi prosesor Intel® Core™ terbaru yang tangguh dan aman.

Itulah beberapa prediksi ancaman cyber security di tahun 2023 dan langkah apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya. Untuk Anda yang membutuhkan informasi terkait produk Acer dengan Windows 11 untuk keamanan yang tinggi silahkan langsung kunjungi tautan berikut

Bagikan Artikel

Artikel Lainnya