Berjualan di Facebook Tanpa Mengganggu

August 12, 2011

spAcer, pasti sadar bahwa akhir-akhir ini setiap membuka Facebook, newsfeed kamu dipenuhi dengan beragam foto-foto yang sedikit asing buat kamu. Apalagi kalau bukan foto-foto yang merupakan promosi produk dari beberapa online shop. Diantaranya bahkan tanpa kamu sadari langsung di tag tanpa izin sehingga cukup mengganggu. Bagi spAcer yang kebetulan berencana membuat online shop atau bahkan sudah memilikinya, berikut sedikit tips untuk berjualan di Facebook tanpa mengganggu.

Etika
Pada dasarnya, etika berjualan pada online shop ataupun dunia nyata tidak jauh berbeda. Saling menghargai merupakan kunci utama. Jangan sampai ada orang lain terganggu dengan aktifitas yang kamu lakukan. Kurangilah untuk melakukan promosi dengan tag foto secara acak pada setiap akun. Bila memang ingin melakukan hal ini, lakukan hanya pada akun yang memang teman terdekat kamu dan tentunya dengan izin.

Pahami Behaviour User di Facebook
Kunci sukses berpromosi di Facebook pada dasarnya adalah memahami user bahavior. Lalu bagaimana caranya? spAcer, fitur-fitur yang ada di account personal Facebook seperti status update, comment, tag, atau invitation pada dasarnya mencerminkan karakteristik serta hubungan emosional antara satu orang dengan orang lainnya. Kamu bisa memanfaatkan itu. Misalnya kamu bisa tentukan siapa yang bisa kamu promo bahkan akan membeli produk kamu. Caranya? Bisa lihat dari hal tersebut seperti foto, comment, atau percakapan sehari-hari. Ingat, Facebook memang dunia maya. Tapi pada dasarnya dapat mencerminkan si penggunanya di dunia nyata.

Mengerti Fungsi Fitur-Fitur di Facebook
spAcer, jadilah pengguna Facebook yang cerdas dengan mengetahui tiap fitur yang digunakan termasuk untuk urusan berjualan. Saat ini Facebook sudah menyediakan halaman khusus untuk bisnis seperti Fans Page, kamu dapat memanfaatkannya untuk berjualan dan membuka online shop kamu. Gunakan fitur-fitur didalamnya. Intinya, jangan sampai kamu salah menggunakan fitur-fitur yang ada di Facebook. Selain berjualan menjadi tidak efektif, hal ini juga dapat mengganggu orang lain.

Nah spAcer, yang pasti berjualan secara online sah-sah saja. Asalkan memperhatikan etika serta tidak mengganggu orang lain serta usaha kamu pun dapat berkembang dan sukses.