Berbagi Internet dengan Wi-Fi Notebook

June 30, 2010

Internet… Apa jadinya hidup di era facebook dan twitter ini tanpa Internet? Untuk memperoleh koneksi internet sekarang ini memang sudah cukup mudah dan terjangkau. Akan tetapi, masih ada kondisi di mana kita merasakan “seandainya ada Internet”. Nah, beberapa kondisi ini bisa diatasi dengan Internet sharing. Jadi, dengan membagi sebuah koneksi Internet ke beberapa komputer.

Oke, membagi sebuah koneksi Internet ke beberapa komputer di rumah, mungkin mudah. Anda tinggal menggunakan Wi-Fi access point (AP) atau bahkan membaginya dengan switch/hub dan kabel LAN. Akan tetapi, di luar rumah, hal ini susah dilakukan. Contohnya, saat sedang berkumpul di sebuah cafe bersama teman-teman, tapi hanya satu orang yang membawa modem. Atau saat melakukan perjalanan dinas luar kota dan harus berbagi kamar di sebuah hotel bersama seorang rekan kerja, padahal hanya ada satu koneksi Internet.

Tips sederhana dan murah ini akan membantu Anda untuk berbagi koneksi Internet pada komputer/notebook Anda melalui wi-fi. Sebenarnya, kemampuan berbagi ini sudah ada sejak Windows Vista diluncurkan. Akan tetapi, kemampuan ini menjadi semakin nyaman dan stabil pada Windows 7.

Untuk tips kali ini, kami menggunakan Acer Timeline X 4820TG dan Windows 7 Home Premium yang merupakan paket penjualannya. Untuk koneksi Internet, kami gunakan modem 3G/HSDPA Huawei yang dipadu dengan layanan 3G/HSDPA unlimited dari proXL.

Berikut adalah step-by-step untuk membagi layanan Internet yang terhubung pada komputer/notebook Anda.

1. Pasangkan modem dan pastikan Anda terkoneksi ke Internet dengan modem tersebut. Untuk langkah ini, bisa juga digantikan dengan mengkoneksikan komputer ke Internet melalui kabel LAN.

1a. Pastikan bahwa Wi-Fi pada komputer/notebook Anda sudah dihidupkan, dan tidak terkoneksi ke Access Point mana pun.

2. Masuklah ke Control Panel (Tekan tombol Windows, dan pilih ‘Control Panel’). Lalu pilih Network and Internet

3. Pilih menu Network and Sharing Center

4. Setup A New Connection or Network

5. Pada menu ‘Choose a connection option’ Pilih “Setup a wireless ad-hoc (computer to Computer) network”, kemudian pilih ‘NEXT’

6. Anda akan menemukan penjelasan mengenai ‘Setup a wireless ad-hoc network’. Di sini, Anda cukup klik ‘NEXT’.

7. Anda sampai ke ‘Setup an Ad-Hoc Network’. Di sini Anda harus mengisikan ‘network name’. Isikan kolom tersebut dengan nama sesuka Anda, maksimum 32 karakter.

8. Kini Anda harus memilih tingkat keamanan dari koneksi yang akan dibuat.

8a. Pilihan WPA2 adalah proteksi terbaik yang dapat digunakan. Akan tetapi, pastikan bahwa semua peralatan (komputer atau ponsel) yang hendak dikoneksikan dengan komputer/notebook Anda sudah mendukung ini. Ikuti aturan untuk membuat password, sesuai dengan “balon” yang muncul. Umumnya, Anda cukup menggunakan password dengan 8 karakter saja.

8b. Pilihan WEP bisa digunakan jika Anda menginginkan kompatibilitas lebih baik dengan semua yang akan dikoneksikan ke komputer Anda melalui wi-fi. Isikan password-nya dengan 5 karakter.

8c. Apabila Anda merasa yakin bahwa tidak ada yang akan “mencuri” koneksi Anda, atau masih ada peralatan yang susah terkoneksi ke “wi-fi Access Point” buatan Anda ini, gunakan pilihan tanpa password (Open).

9. Setelah menu ‘Setup an Ad-Hoc Network’ dilampaui, klik ‘NEXT’, Anda akan menemukan Tulisan “The xxx network is ready to use”. Di bagian bawah ada pilihan “Turn on Internet Connection Sharing”. Klik pada pilihan tersebut untuk menghubungkan koneksi Internet Anda dengan jaringan Wi-Fi yang baru saja dibuat.

10. Setelah Anda mencapai tulisan “Internet Connection Sharing is Enabled”, selesailah sudah tutorial ini. Anda sudah berhasil membagikan koneksi Internet Anda melalui Wi-Fi.

Perhatikan kedua screenshot di bawah ini, screenshot pertama adalah kondisi idle (tidak ada komputer lain yang menggunakan Internet Anda). Screenshot kedua adalah kondisi di mana ada sebuah komputer terhubung ke komputer/notebook Anda melalui Wi-Fi dan turut menikmati koneksi Internet yang Anda gunakan.