Kenali Tren Inovasi Digital Signage yang Digunakan Acer

June 17, 2019

Di era digital saat ini, digital signage dianggap menjadi salah satu strategi terbaik untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa. Soalnya, spAcer, kemajuan teknologi mendisrupsi kebiasaan belanja masyarakat menjadi lebih berorientasi pada teknologi dan sesuatu yang canggih daripada sebelumnya.

Hal tersebut membuat konten digital menjadi sumber terpercaya yang mempengaruhi pelanggan untuk berbelanja atau menentukan apa yang akan dibeli. Oleh karena itu, pelaku bisnis yang cerdas sadar dan cepat beradaptasi terhadap transformasi digital agar terus berkomunikasi dengan pelanggan mereka.  Nah, digital signage inilah yang menjadi bentuk penyampaian informasi, iklan, dan pesan lainnya melalui jaringan media display elektronik.

Digital Signage _isi media display elektronik

Perangkat ini biasanya menggunakan teknologi, seperti LCD, LED, TV plasma, atau proyektor untuk menayangkan konten. Jika masih bingung, layar yang memuat berbagai menu di jalur drive through pada restoran siap saji atau peta digital yang menampilkan lokasi tenan di sebuah mal adalah beberapa bentuk digital signage.

Yap, digital signage kerap dipasang baik di outdoor maupun indoor pada area publik seperti. Dibandingkan papan iklan tradisional, display signage biasanya hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, mulai dari sekecil tablet hingga multi-screen video di dinding.

Konten yang ditampilkan juga bisa beraneka ragam meliputi teks, gambar, animasi, video, maupun audio sehingga jauh lebih menarik untuk dinikmati. Cara inilah yang menjadi interaksi para pebisnis untuk berkomunikasi secara langsung dan menarik lebih banyak pelanggan.

Lantas, apa saja sebenarnya keuntungan menggunakan digital signage?

Meningkatkan engagement

Digital signage mendukung konsep periklanan melalui konten kreatif dan eye-catching,  berbagai promosi menarik, dan sebagainya sehingga menarik perilaku pelanggan untuk mencoba. Nah, berdasarkan survei APS Group, diketahui bahwa masyarakat yang melirik konten pada display digital tercatat meningkat sampai 50% dibandingkan display statis, nih.

Selain itu, engagement pelanggan juga naik sampai 77% terhadap display digital yang menampilkan konten animasi dibandingkan poster. Intinya, kamu yang melihat display digital di sebuah mall terlihat lebih menarik daripada display statis, bukan?

Menambah laba bisnis

Menggabungkan antara teks, gambar, dan video yang powerful dapat mempengaruhi keputusan pelanggan untuk membeli. Yap, komunikasi visual bisa menciptakan pengalaman konsumen lebih baik, sehingga meningkatkan peluang penjualan. Terbukti, laporan Nielsen menunjukkan bahwa sekitar 80% merek yang menggunakan digital signage mengaku mengalami peningkatan penjualan hingga 33%.

Menghemat waktu dan uang untuk update konten

Menurut survei screen digital pada sebagian besar retail di Inggris, sekitar 84% setuju bahwa digital signage menciptakan awareness merek yang tinggi. Selain itu, perangkat ini membantu merek untuk bereaksi lebih cepat terhadap permintaan pasar tanpa repot mencetak dan membagikan selebaran.

Sangat efisien pastinya, karena konten digital signage dapat diubah berkali-kali dalam sehari dan hanya dalam hitungan jam. Hal ini dikarenakan digital signage menggunakan CMS (Content Management System) yang berbasis cloud, sehingga dapat dikelola dari jarak jauh kapan saja dan di mana saja.

Terlebih lagi, memasang informasi via digital juga bisa menghemat uang dalam jangka panjang karena mengurangi biaya cetak dan distribusi, sekaligus mengurangi sampah akibat material yang terbuang dari promosi sebelumnya.

Laporan Digital Signage Future Trends 2019 terhadap 464 bisnis mulai dari retail sampai restoran, mengungkapkan 69% berencana menambah lebih banyak display di 2019. Sementara 54% pemilik restoran berencana menambah digital signage di lebih banyak lokasi.

Tidak sampai disitu, inovasi-inovasi keren digital signage juga sudah dinantikan. Salah satunya penggunaan engagement tool yang lebih baik. Soalnya, konten menarik dianggap nggak lagi cukup, sehingga dibutuhkan alat khusus untuk mengetahui insight pelanggan yang pada gilirannya dapat meningkatkan engagement.

Dilansir Digital Signage Today, para vendor mulai menggunakan sensor jarak dekat dan kamera pengenal wajah dengan algoritma modern untuk mengidentifikasi informasi penting dari setiap pelanggan. Dengan cara ini, maka bisa diketahui usia, jenis kelamin, dan bahkan mood seseorang melalui ekspresi wajahnya, dan akhirnya pebisnis bisa memuat konten sesuai minat pelanggan.

Baca juga: Bagaimana Acer dan AI Membawa Perubahan Bisnis di Era Digital?

Dengan penjelasan di atas, maka jelas bahwa digital signage cukup vital dalam mendukung keberlangsungan sebuah bisnis. Dan melihat semakin tingginya permintaan display digital, Acer telah menghadirkan Acer Being Signage (abSignage) sebagai solusi iklan digital para pebisnis masa kini.

Digital Signage _isi product ab signage

Yap, kamu bisa beriklan secara efektif menggunakan Acer Being Signage. Papan iklan digital ini hadir sebagai sarana menyampaikan konten informasi serta promosi produk dan jasa secara efektif dan efisien. Menariknya lagi, abSignage sudah dilengkapi sistem trackable untuk mengumpulkan data-data penting dalam cloud based storage, mulai dari jenis kelamin, usia, lokasi, maupun durasi waktu pelanggan yang melihat konten.

Layar display abSignage ini hadir dalam beragam ukuran. Mulai dari standar (43/55 inci), stretch, doppel display, dan frameless (46/55 inci) seri.  AbSignage juga memanfaatkan kemajuan teknologi berupa cloud-based dan analisis big data untuk membuat bisnis bergerak ke next level.

Nah, salah satu perangkat yang tak kalah penting lainnya adalah management tool yang memungkinkan Acer memantau keseluruhan sistem dan menjaga jaringan signage dari jauh. Alat ini memastikan konten signage selalu up to date dan fleksibel untuk mengganti dan menyebarkan konten kampanye baru ke seluruh wilayah.

Bahkan, Acer menawarkan sistem keamanan role-based access control berupa akses sistem terbatas untuk memastikan data klien aman dan terjaga privasinya. Dengan demikian, abSignage ideal digunakan perusahaan atau pebisnis. Tak perlu ragu lagi, inilah cara terbaik untuk meningkatkan laba tanpa lama, ribet, dan juga banyak biaya.

Buat kamu yang berminat dengan perangkat digital signage dari Acer, silahkan hubungi nomor telepon 1500-155 atau melalui email ke [email protected]