Situs dan Aplikasi Keren untuk Para Mahasiswa Baru

October 17, 2017

Menjalani kehidupan sebagai mahasiswa baru memiliki sebuah tantangan tersendiri. Kamu dituntut untuk bersikap dewasa, bertanggung jawab, dan mandiri. Selain itu, proses adaptasi yang sulit, seperti sistem belajar yang berbeda seperti jaman SMA dan mata kuliah yang lebih susah, terkadang bisa membuatmu menjadi stres.

Untungnya, jaman sekarang sudah sangat canggih. Ada banyak sekali aplikasi dan situs yang bisa membantumu menjalani kehidupan kampus dengan baik. Jika spAcer termasuk mahasiswa baru, beberapa aplikasi yang menarik ini bisa kamu install di gadget untuk menunjang aktivitas dunia kampus:

Pendukung belajar

Rasakan pengalaman belajar yang berbeda hanya dengan bermodalkan gadget. Video pembelajaran hingga membaca e-jurnal bisa kamu nikmati langsung. Misalnya, Google Scholar yang menghadirkan berbagai jurnal berkualitas dan gratis untuk dijadikan referensi tugas atau bahan kajian pustakamu. Selain itu, ada pula Coursera yang menawarkan berbagai materi kuliah tertentu, dan memungkinkan kamu untuk ikut diskusi online bareng mahasiswa di lebih dari 100 universitas ternama.

Mencatat materi kuliah

Menghabiskan sepanjang waktu untuk menulis catatan agar tidak ketinggalan informasi penting sangatlah melelahkan. Untungnya, ada aplikasi yang dapat membantu untuk mempermudah kebutuhanmu. Di antaranya adalah SoundNote yang memastikan kamu tidak melewatkan sedikitpun penjelasan dosen saat mengajar. Dengan aplikasi ini, kamu tak hanya bisa dapat merekam dan menyimpannya dalam bentuk audio, tetapi juga dapat mendengarkan ulang rekaman tersebut di rumah atau di kosan.

Selain mencatat, seorang mahasiswa juga terkadang dituntut untuk memfotokopi bahan/materi kuliah dari buku-buku di perpustakaan. Tapi kini, semuanya bisa lebih efisien dengan Office Lens. Office Lens memungkinkan kamu me-capture halaman buku, dokumen, tulisan di papan tulis, skripsi, dan sebagainya, lalu mengubahnya menjadi teks yang dapat diedit dan dibagikan. Praktis, kan?

Baca juga:  Cara Praktis Agar Laptop Berumur Panjang

Kelola tugas

Mengerjakan tugas bukanlah hal yang mudah bagi sebagian mahasiswa. Dengan jadwal yang sibuk, kamu mungkin sering lupa akan kewajiban tersebut. Tapi tenang, ada aplikasi dan situs yang bisa digunakan untuk mengelola berbagai tugas kuliahmu.

Studious akan mengingatkan kamu tentang deadline tugas hingga jadwal kuliah dan ujian melalui fitur notifikasi. Selain itu, ada pula Slack.com yang akan membantu kamu dan kelompokmu untuk membuat pertemuan online untuk menyelesaikan tugas. Kamu juga bisa berbagi file tugas kuliah atau memindahkan file dengan mudah, di mana saja dan kapan saja.

Persiapan ujian

Jika ingin sukses dalam ujian tengah semester dan ujian semester, kamu harus belajar dari jauh-jauh hari. Kamu bisa memanfaatkan gadget dengan bantuan aplikasi tertentu  untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian sebaik mungkin.

Salah satunya adalah BenchPrep yang memungkinkan kamu untuk belajar, latihan soal, membaca ulang materi, mencoba kuis, dan sebagainya. Selain itu, kamu juga dapat mengetahui kemajuan dalam proses belajarmu. Ada pula StayFocusd merupakan extensi Chrome yang memblokir situs atau media sosial pengganggu fokus belajar. Cocok sekali untuk kamu yang sering menunda belajar atau menyelesaikan tugas karena keasyikan browsing di dunia maya.

Baca juga: Yuk, Cari Tahu Laptop Acer Sesuai Karakter kamu!

Organisasi

Mampu menyeimbangkan antara kesibukan kuliah dengan aktif di organisasi adalah kunci sukses mahasiswa. Meskipun kampus menjadi tempat untuk mengembangkan diri, jangan pernah rela bolos kuliah dan tidak mengerjakan tugas hanya gara-gara sibuk di kepanitiaan. Bagi para mahasiswa super sibuk, gunakan Student Agenda membantu kamu untuk mengatur kegiatan kuliah dan aktivitas sehari-hari. Kamu bisa membuat jadwal kuliah, tugas, menemui dosen hingga jadwal rapat BEM, lengkap dengan jam dan reminder-nya.

Saat ini, beragamnya perangkat memberikan keleluasaan bagi kamu untuk menunjang proses belajar. Salah satunya, Chromebook 14 (CP5-471) yang siap menjadi teman setia kamu dalam menjalani hari sebagai mahasiswa. Laptop dengan desain stylish ini memiliki performa mumpuni untuk menunjang segala kebutuhan mahasiswa. Bahkan, cloud computing yang langsung terintegrasi dengan Chromebook menjadi kegiatan belajar menjadi lebih produktif.

Padatnya jadwal kuliah yang mengharuskanmu sering berpindah tempat, juga bukan masalah bagi Chromebook 14. Hal ini dibuktikan dari berat laptop yang hanya 1,4 kg, serta aman dari risiko goresan, bantingan, dan kerusakan lainnya.  Didukung dengan daya tahan baterai hingga 12 jam, tentu saja Chromebook 14 sangat cocok untuk spAcer yang aktif di kampus.

Dengan segala keunggulan yang ditawarkan, Chromebook 14 menawarkan performa yang prima untuk memberi kenyamanan bagi para penggunanya. Hal ini pun dapat menunjang berbagai aktivitas anak kuliahan menjadi lebih produktif dan kreatif.

Baca juga: Deretan CEO Muda dengan Gebrakan Baru di Dunia Teknologi