6 Aplikasi Meeting Online Gratis yang Nggak Umum Tapi Rekomen!

November 29, 2021

Saat ini, banyak kegiatan yang dilakukan secara online dan menjadi hal yang normal. Karena itu, penggunaan aplikasi video conference makin marak. Mulai dari yang gratis hingga berbayar dengan tambahan fitur unggulan, penggunaan aplikasi meeting online kini semakin meningkat.  

Di samping aplikasi video conference populer seperti Zoom dan Google Meet, sebenarnya masih banyak lagi aplikasi meeting online gratis lainnya yang dapat kamu gunakan selama bekerja dari rumah. Apa saja aplikasinya? Yuk, simak di sini!

Aplikasi meeting

Google Hangouts

Jika kamu adalah pengguna Gmail, dapat memanfaatkan Google Hangouts untuk melakukan meeting online dengan rekan kerjamu di mana pun. Memang, pada dasarnya Hangouts adalah aplikasi komunikasi untuk berkirim pesan teks dan gambar melalui Gmail. Pada Hangouts, kamu dapat melakukan panggilan suara biasa hingga panggilan video dengan maksimal 25 orang. Aplikasi ini juga menyediakan fitur berkirim pesan.

Google Duo

Google Duo menyediakan fitur panggilan suara dan panggilan video dengan maksimal 32 orang. Berbeda dengan Hangouts, Google Duo tersedia di iOS dan dapat digunakan pada web browser melalui Chrome. Jika kamu memiliki jaringan internet yang lemah dan tidak stabil, Google Duo dapat kamu andalkan karena memang dirancang untuk dapat digunakan bahkan di daerah dengan sinyal lemah sekalipun. 

Baca juga: 6 Cara Mempercepat Koneksi Wi-Fi Selama WFH

Microsoft Teams

Kamu juga dapat menggunakan aplikasi meeting Microsoft Teams, loh. Aplikasi gratis dari Microsoft ini tidak hanya bisa digunakan untuk melakukan video conference, tetapi juga mengirim pesan instan, melakukan panggilan suara, hingga kolaborasi mengedit dokumen dengan rekan kerja. 

Kamu bisa melakukan meeting online selama 60 menit dengan maksimal 100 peserta serta didukung penyimpanan OneDrive. Selain itu, untuk pengguna baru, Microsoft Teams masih memberikan layanan gratis untuk meeting online hingga 24 jam bersama lebih dari 300 orang selama periode tertentu. 

Skype

Awalnya, Skype dikenal sebagai aplikasi panggilan suara di tingkat lokal maupun global. Sebelum marak aplikasi video call, Skype telah lama menjadi pilihan untuk melakukan panggilan video melalui laptop/komputer desktop secara gratis sesama pengguna Skype. 

Meski sering digunakan untuk komunikasi dalam bekerja, namun aplikasi ini terbilang jarang digunakan untuk meeting online. Perlu kamu ingat juga, dibandingkan aplikasi video conference lain, Skype mengandalkan koneksi internet yang lancar dan juga cukup boros kuota. 

Cisco Webex

Selanjutnya, ada Cisco Webex yang dapat menampung hingga 100 peserta dalam sekali meeting. Aplikasi ini dapat diakses melalui browser atau kamu bisa install di laptop/komputer desktop. Dengan fitur premiumnya yang dapat menampilkan gambar serta suara berkualitas tinggi, Cisco Webex banyak digunakan oleh perusahan besar dunia. Namun, jika ingin memanfaatkan fitur share screen, kamu harus membayar biaya berlangganan.

Cisco Webex dapat menampilkan video high quality dan suara yang jernih tanpa gangguan kebisingan. Apalagi jika kamu menggunakan webcam HD 720p seperti yang tersemat di Desktop AIO Aspire C22-1650. Perangkat ini telah dibekali dengan audio DTS: X™ yang mampu menghasilkan suara jernih untuk membuat video conference makin lancar. 

Discord

Aplikasi Discord biasanya digunakan oleh para gamer untuk berkomunikasi saat sedang bermain bersama secara online. Aplikasi gratis ini bermanfaat untuk memudahkan komunikasi in-game agar dapat berkoordinasi dan melakukan serangan tanpa kesalahan (biasanya dalam online game bergenre MOBA atau FPS). Namun, sebenarnya Discord juga dapat menjadi aplikasi meeting online karena terdapat fitur Streaming yang bisa dikelola oleh host dan dibagikan kepada peserta undangan. 

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Jaringan Internet di Rumah Agar Tidak Lemot

Sekarang, makin banyak pilihan aplikasi meeting gratis yang bisa dimanfaatkan selama WFH. Apakah kamu pernah mencoba salah satunya? Tentunya, meeting online akan berjalan lancar dan produktif dengan Acer Aspire C24-1650 dari Acer. Layar yang lebih luas karena bezel yang tipis memberikan tampilan meeting menjadi semakin nyaman. Desktop AIO ini juga mampu menunjang beragam kebutuhan dan bekerja cepat karena didukung prosesor Intel® Core™ Generasi ke-11. 

Ditambah fitur VESA Mounting, kamu dapat menempatkan Acer Aspire C24-1650 di setiap sudut rumah agar tetap nyaman saat meeting online. Perangkat ini bisa didapatkan dengan memesan di Acer e-Store atau Acer Official Store terdekat di daerahmu.

button_acer e-store