Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Membangun Startup?

November 27, 2017

Tahukah kamu bahwa Indonesia adalah tempat yang tepat untuk mengembangkan startup? Bagaimana tidak, negara ini memiliki lebih dari 250 juta penduduk yang mana terdapat lebih dari 130 juta penduduk pengguna internet. Ini artinya negara kita memiliki potensi pangsa besar yang terus berkembang. Bahkan, pemerintah serius memberikan dukungan bagi startup, mulai pendanaan hingga mengadakan berbagai program tertentu.

Sekarang, tanyakan pada dirimu sendiri beberapa pertanyaan sederhana yang mungkin tidak kamu pikirkan setiap hari. Seperti, haruskah kamu memulai membangun startup sendiri? Mengapa harus berinovasi? Mengapa kamu peduli untuk menciptakan penemuan, produk, dan solusi baru? Namun, jika nyalimu masih menciut, berikut ada beberapa alasan mengapa kamu memulai mendirikan startup sekarang juga!

Baca juga: Hindari Kesalahan Keuangan Ini Saat Membangun Startup

Kamu Terdorong Ingin Memecahkan Masalah

Berapa kali kamu menggunakan suatu jasa/pelayanan, dan mengalami pelayanan yang buruk? Hal-hal seperti ini masih akan terjadi hingga masa depan. Makanya tak heran bila banyak bisnis yang buka dan tutup karena tidak mengerti apa yang membuat mereka sukses.

Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk karier startup kamu. Di Indonesia masih banyak masalah yang memerlukan solusi, mulai dari masalah kesehatan, edukasi, agrikultur, transportasi, dan lain sebagainya. Kamu bisa memanfaatkan situasi ini untuk menjadi sukses asalkan tahu ‘formula’ menuju kesuksesan. Kamu hanya perlu mencoba dan tampil beda, memberikan solusi yang memuaskan, dan terus berinovasi.

Mengeksplor Kemampuan Diri

Kewirausahaan adalah pekerjaan eksplorasi diri. Kamu mungkin menemukan diri sendiri setelah mengerjakan sesuatu yang kamu cintai. Untuk itu, temukan gairah hidupmu. Temukan satu hal yang bisa kamu kerjakan tanpa melihat jam, dan sesuatu yang ingin kamu kerjakan bahkan jika kamu tidak dibayar untuk itu.

Merasa Mampu

Inilah saatnya untuk menjadi bagian dari mimpimu sendiri. Dengan memiliki pengalaman dan modal yang cukup, maka kamu bisa membuat startup-mu sendiri. Kamu bisa menghasilkan banyak uang yang mungkin sebelumnya tidak kamu bayangkan bisa didapatkan pekerjaanmu sebelumnya. Makanya, kejar impianmu selagi mampu!

Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Dengan membangun startup, kamu bisa menyentuh kehidupan manusia dengan berbagai cara. Salah satunya, menciptakan lapangan pekerjaan untuk lingkunganmu. Bayangkan saja, jika ada 1.000 startup berdiri dalam setahun, dan rata-rata mempekerjakan 5 orang, maka total jumlah lapangan pekerjaan yang berhasil diciptakan adalah 5.000.

Kalaupun 90% di antaranya gagal di tahun pertama dan hanya 100 startup yang bertahan, maka perusahaan yang bertahan bisa berkembang dan mempekerjakan lebih banyak tenaga kerja lagi. Lalu, mengapa kamu masih mencari pekerjaan? Cobalah menjadi penyedia pekerjaan!

Baca juga: Bagaimana Hidup Sebelum dan Setelah Ada Teknologi Ya SpAcer?

Networking Semakin Luas

Saat menjalankan startup, kamu akan bertemu dengan orang baru setiap hari. Kamu juga akan bekerja dengan orang-orang hebat di industri ini yang sarat dengan pengalaman bisnis dalam sebuah komunitas bisnis. Hal ini akan membangun networking dengan berbagai orang-orang hebat dan mendapatkan pelajaran bisnis yang berharga dari mereka. Dengan begini, maka peluang berkembangnya usaha juga akan terbuka lebar.

Bentuk Investasi yang Baik

Sebagus apapun bakat dan pengalaman kerja yang kamu miliki, jika kamu masih memiliki atasan yang tidak mendukung, maka kamu tidak akan mampu melaju begitu jauh. Kalaupun beruntung, kamu hanya mendapat pekerjaan baru dan gaji yang lebih baik. Namun berbeda halnya dengan mendirikan startup sendiri. Jika bisnismu berkembang baik, maka kamu bisa memenuhi kebutuhanmu dan mempersiapkan kenyamanan untuk hari tua kamu nanti. Makanya, mendirikan startup merupakan bentuk investasi yang baik.

Jadi, masih ragu untuk memulai mendirikan startup? Ayo, tunjukkan kamu anak muda yang menginginkan perubahan bagi diri sendiri maupun masyarakat!

Baca juga5 Kebiasaan Orang Sukses yang Patut Kamu Tiru