Acer TravelMate 8481G : Serious Machines for Serious business

February 6, 2012

Saat ini kebutuhan atas sebuah perangkat notebook yang mumpuni semakin penting bagi kalangan pebisnis yang banyak melakukan travelling. Dengan notebook ini, mereka tetap dapat melakukan pekerjaan kantor di mana saja selama perjalanan. Berarti sebuah notebook yang kuat, berkinerja, dimensi tipis dan mengusung keamanan serta kelengkapan lebih menjadi pilihan yang penting. Acer TravelMate 8481G mempunyai semua yang diperlukan tadi dan akan menjadi teman yang tangguh diperjalanan bisnis Anda.

Acer TravelMate 8481G mempunyai berbagai keunggulan yang layak menjadi teman perjalanan bisnis Anda dan menjadi senjata bagi seorang Road Warrior, seperti :

  • Casing carbon fiber dengan rangka magnesium alloy yang kuat.
  • Prosesor Intel core i5 ULV yang bertenaga.
  • Loading Windows dengan cepat berkat Acer InstantView
  • Dual storage (SSD dan Hard disk) dengan Anti Shock Protection,
  • Keamanan data yang mumpuni dengan adanya finger reader
  • Dimensi yang tipis dan ringan,
  • 14” screen dengan 13” form factor
  • Daya tahan hidup notebook yang sebanding dengan kapasitas.
  • Anywhere Connectivity dengan adanya Wifi, Bluetooth dan 3G modem (optional)

Spesifikasi lengkap yang diusung olehAcer TravelMate 8481G:

  • Prosesor : Intel Core i5 2467M ULV  1.6GHz – 2.3GHz L3 Cache 3MB
  • Chipset : Intel HM65
  • Memori : 4GB DDR3
  • Storage : SSD 60GB dan Hardisk 320GB SATA
  • Graphics : Intel GMA 3000
  • LCD : 14″LED
  • Resolusi LCD : 1366×768
  • Konektivitas : WiFi dan Bluetooth USB 2.0
  • Port : HDMI, USB3.0, USB2.0, eSATA Combo
  • Webcam : AcerCrystalEyes
  • Card reader :5 in 1
  • Operation System Microsoft Windows 7 Home Premium 64Bit

 

Prosesor Intel Core i5 ULV 

Sebenarnya prosesor ini telah di perkenalkan oleh Intel sejak Q2 2011, tetapi baru dapat ditemukan pada Q3 2011 akhir. Prosesor dengan penamaan ULV (ultra low Voltage) ini merupakan keluargaSandybridge yang menggunakan fabrikasi 32nm. Yang membedakan dengan prosesorSandybridge lainnya adalah, seri ULV menggunakan TDP 17Watt yang di pastikan lebih hemat daya tanpa mengesampingkan kinerja.

Walaupun mempunyai TDP yang rendah, prosesor ULV tetap mempunyai dual core yang dilengkapi dengan hyper threading dan Turbo Boost untuk dapat memberikan kinerja yang tinggi. Prosesor ULV juga mempunyai graphics on core, Intel HD 3000 yang cukup dapat memberikan kinerja untuk menjalankan konten dengan resolusi 1080P dan bermain game 3D dengan baik.

Pengujian Kinerja Acer TravelMate 8481G

Sebagai wakil dari segala pengujian kinerja yang dianggap valid oleh beragam institusi IT dan para produsen, SYSmark 2007 digunakan sebagai acuan. Program ini adalah perpaduan dari berbagai software yang umum digunakan seperti Microsoft Office dan beragam program produk Adobe.

Pada tabel diatas, Anda dapat melihat bagaimana sebuah prosesor Intel Core i5 2467M ULV mempunyai kinerja yang meningkat jauh dibandingkan prosesor Intel core 2 Duo ULV sebelumnya. Yang sangat mengejutkan adalah, kinerja prosesor Intel Core i5 2467M ULV ini dapat di sebandingkan dan lebih tinggi di bandingkan dengan sebuah prosesor Intel core i5 460M Arrandale yang notebene mempunyai clock speed 2.53GHz – 2.8GHz lebih tinggi.

Sedikit pertanyaan, mengapa pada tabel diatas, prosesor Intel Core i5 2467M ULV yang sama menempati urutan dibawahnya? Anda akan temukan jawabannya di bawah nanti.

Mediashow Espresso

Software ini adalah software umum yang bisa digunakan siapa saja. Fungsinya adalah untuk mengkonversi video dari satu format ke format lainnya. Contoh: Dari format MPEG 1080P ke format MP4 720 atau 320 (yang sering digunakan untuk MP4 player). Proses konversi dengan software ini membutuhkan performa prosesor yang teramat kuat.

Dalam pengujian ini, grafik terpendek adalah yang terbaik. Jadi, jangan salah baca.

Dengan adanya Intel QuickSysnc membuat proses transcoding menjadi sangat menyenangkan, Anda dapat melakukan perkerjaan ini dengan sangat cepat dan langsung dapat Anda pindahkan ke dalam perangkat mobile atau portable player Anda. Pada tabel diatas kami mencoba membandingkan beberapa kombinasi prosesor Intel core i dengan graphics NVIDIA CUDA dan Prosesor Intel core i yang terpasang tanpa meng-aktifkan Quicksync.

Pengujian daya tahan baterai

Pada pengujian daya baterai, kami mencoba mensimulasikan penggunaan notebook ini untuk menjalankan konten movie 720P secara terus menerus tanpa henti.

Dari hasil pengujian, ditemukan bahwa Acer TravelMate 8481G mampu bertahan hidup hingga 259 menit ataulebih dari 4 jam ketika kami gunakan untuk memutar movie dengan resolusi 720P pada settingan power management balanced. Dengan sedikit trik dan settingan yang pas, daya tahan hidup dapat ditingkatkan lebih dari itu.

Semakin cepat dengan SSD

Mengingat Acer TravelMate 8481G menggunakan Solid State Drive (SSD), kami mengujinya menggunakan PcMark 7 untuk melihat setinggi apakah sebuah SSD dapat memberikan kinerja.Kami mencoba membandingkan kinerja storage yang terpasang pada Acer Aspire S3 (hard disk) dengan Acer TravelMate 8481G (SSD), mengingat kedua perangkat ini menggunakan prosesor yang sama persis.

Ternyata, kinerja yang di tawarkan oleh sebuah SSD sangat menggiurkan, dari angka di atas Anda dapat melihat peningkatan kinerja sebuah system yang menggunakan SSD dengan hard disk terpaut cukup jauh, menarik bukan?

Kinerja Grafic Intel GMA 3000

Pada sebuah prosesor Intel Sandy Bridge telah tertanam on die prosesor sebuah graphics Intel HD 3000 yang di katakan Intel cukup dapat memberikan kinerja yang baik untuk bermain game 3D. Memang pada sebuah TravelMate, sebuah graphics tidaklah terlalu penting, tetapi hal ini menjadi penting untuk diuji, mengingat banyak kalangan bisnis yang ternyata mempunyai hobby bermain game untuk menghilangkan rasa suntuknya setelah seharian bekerja.

Lagi-lagi kami membandingkan dengan Acer Aspire S3 mengingat spesifikasi yang diusung kedua perangkat ini hampir sama. Ternyata pada Acer TravelMate 8481G kinerja graphics Intel HD3000 meningkat cukup tinggi, hal ini diakibatkan pemakaian storage SSD. Peningkatan kinerja sebuah notebook dengan SSD ternyata mempengaruhi keseluruhan system termasuk juga kinerja graphics.

Kesimpulan.

Sebagai seorang Road Warrior sejati, sebuah notebook Acer TravelMate 8481G merupakan sebuah senjata yang mematikan. Racikan Acer untuk menanamkan sebuah prosesor Intel I ULV yang hemat daya dan sebuah storage SSD, membuat notebook ini dapat memberikan kinerja yang tinggi. Berbagai aplikasi menengah keatas dapat berjalan di notebook ini tanpa hambatan sama sekali. Terjawab sudah, mengapa pada SysMark 2007, Acer TravelMate 8481G dapat berlari lebih kencang daripada Acer Aspire S3.

Dimensi yang tipis dan ringan akan membuat Anda tidak akan terbebani untuk membawanya kemana saja. Data Anda akan selalu aman karena Acer melengkapi hard disk denganAnti Shock Protection. Berkat adanya finger reader, notebook Anda akan aman dari tangan yang tidak di inginkan mengingat data bisnis merupakan harta yang tidak ternilai.

Anda jenuh setelah berkerja seharian, Acer TravelMate 8481G akan siap menghibur Anda dengan konten movie Full HD dan bermain game 3D. Seluruh spesifikasi, kinerja dan optional yang diberikan sangatlah lengkap, maka tidak salah bila notebook ini pantas menyandang motto “Serious Machines for Serious business”.