Acer Liquid E: Smart is beautiful

September 6, 2010

Acer mengeluarkan notebook atau netbook terbaru mungkin bukanlah berita yang mengejutkan bagi Anda. Tapi bagaimana jika Acer menghadirkan smartphone? Sebenarnya Acer sudah memiliki divisi smartphone dari tahun 2009, sejak mereka mengakuisisi E-TEN yang cukup dikenal sebagai produsen smartphone dari Taiwan, namun baru tahun ini Acer serius menggarap pasar Indonesia. Berbekal sistem operasi Android 2.1 Eclair dan berbagai fitur inovatif lainnya, Acer Liquid E siap merebut hati para pengguna ponsel di tanah air.

I come fully loaded

Pertama kita intip dulu isi paket pembeliannya. Di dalam paket pembelian Acer Liquid E garansi resmi Acer Indonesia, Anda akan menemukan:

  • Acer Liquid E
  • Baterai Lithium Ion 1350 mAh
  • Softcase
  • Kabel data USB
  • Charger
  • Earphone Stereo
  • MicroSD 8GB Sandisk
  • Anti gores untuk layar
  • Buku panduan Quick Guide
  • CD berisi manual dan aplikasi untuk di PC
  • Kartu garansi

Dilihat dari isi paket pembelian, Acer Liquid E termasuk amat lengkap mengingat tak banyak smartphone Android lain menyertakan anti gores dan microSD 8GB.  Jadi tak perlu lagi repot-repot mencari aksesoris karena semua telah disediakan oleh Acer dalam paket pembelian.

I’m that smart

Seperti yang dapat ditemukan pada produk komputernya, Acer memastikan produknya sarat dengan teknologi terdepan.  Kombinasi prosesor Qualcomm Snapdragon™ 8250 berkecepatan 768MHz, RAM 512MB, dan chip graphics accelerator membuat berbagai aplikasi, mulai dari media streaming, email, web browsing, GPS, sampai games 3D dapat dijalankan dengan lancar dan responsif.  Untuk konektivitas data, Liquid E dapat diandalkan mengingat telah dilengkapi koneksi Wi-Fi dan HSDPA 7.2Mbps.

Acer Liquid E juga menyajikan semua fasilitas Android 2.1 Eclair, seperti fungsi voice command, navigasi, aplikasi browser dan kamera baru, serta lima halaman depan yang memberi fleksibilitas dengan dukungan widget dan shortcut untuk aplikasi favorit Anda.

Kamera 5 megapixel di Liquid E telah dilengkapi fungsi autofocus, yang membantu Anda menangkap foto yang tetap tajam dan bebas kabur.Opsi lainnya meliputi geotagging, pengaturan ISO, white balance, dan color effect. Selain foto, kameranya mampu mengambil video dalam format 3GP, MPEG4, dan H.263. Berikut beberapa hasil foto Liquid E, langsung dari kamera tanpa manipulasi digital. Klik gambar untuk melihat ukuran sebenarnya.

Semua kecanggihan dan kehebatan fiturnya dapat dinikmati dengan nyaman di layar sentuh kapasitif 3,5 inci resolusi tinggi (WVGA) yang mendominasi bagian depannya. Kualitas layar ini amat kentara saat memutar video HD 720p, yang berhasil ditampilkan dengan jernih dan halus. Untuk navigasi, terdapat empat tombol touch-sensitive di bawah layar dalam bentuk tombol Home, Search, Back, dan Menu, yang menjadikan Liquid E mudah dan asyik digunakan. Kepintarannya tak terhenti sampai di sana. Bagi yang sering mengantungi ponselnya, Acer memberikan indikator LED di bagian atas Liquid E berupa ikon yang akan menyala jika ada panggilan masuk, SMS, atau kondisi baterai menipis.

I’m special, you know

Selain aplikasi standar yang ada di sistem operasi Android 2.1, Acer ternyata menambahkan beberapa aplikasi dan widget untuk memberikan pengalaman Android yang lebih unggul dibanding pesaingnya.

Acer Contacts
Buku alamat Liquid E ini memiliki tampilan yang rapi, dengan kemampuan menambahkan kontak favorit yang sering dihubungi untuk memudahkan pencarian. Anda cukup memilih gambar mereka untuk menelpon, mengirim SMS dan email, atau melihat detail kontak tersebut. Bahkan Anda bisa menciptakan barcode yang memuat informasi suatu kontak, sehingga Anda tak perlu memasukkan detailnya secara manual.

Acer Sync
Dengan aplikasi ini Anda bisa menyinkronisasikan data antara Liquid E, PC, dan layanan Internet seperti Google Contacts dan Calendar. Jadi semua kontak dan jadwal Anda akan selalu diperbaharui, baik secara manual atau otomatis.


Acer Widget
Aplikasi berupa widget ini dapat ditemukan di layar home pertama (paling kiri). Semua folder yang berisi foto akan ditampilkan terbentas seperti kipas yang terbuka. Bahkan ada pilihan untuk menampilkan video dan musik di bagian atas. Anda juga bisa menambahkan widget lain seperti Acer Clock (menampilkan waktu) dan Acer Weather (menampilkan ramalan cuaca) di salah satu dari 5 layar utamanya.


Acer Settings
Aplikasi ini membantu mempermudah pengaturan setting yang biasanya sering diakses pengguna Android, seperti pengaturan koneksi data, GPS, ringtone, serta tingkat brightness layar.


nemoPlayer
Untuk pengalaman multimedia yang lebih baik, Acer memasukkan player keren ini. Selain dapat memutar musik, nemoPlayer juga dapat memutar video serta menampilkan foto yang ada di microSD card. Jadi, Anda tak perlu repot-repot beralih aplikasi, misalnya dari Gallery ke Music, karena semuanya dapat dilakukan di nemoPlayer. Pintar kan?

Spinlets
Penggemar musik akan menyukai aplikasi streaming gratis ini yang memungkinkan Anda mencari dan mendengarkan musik gratis keluaran label musik kenamaan. Spinlets juga memiliki opsi untuk membagikan musik baru temuan Anda ke situs jejaring sosial.


urFooz
Menciptakan avatar dengan sentuhan karikatur ternyata amat mudah dengan urFooz. Anda juga bisa menambahkan profil dan bookmark, lalu memasangnya di jejaring sosial favorit. Hebatnya, begitu Anda mengganti profil dan avatar dari Acer Liquid E, semua profil dan avatar di situs lain juga diperbaharui otomatis.

Acer Registration
Seperti namanya, aplikasi ini akan membantu Anda untuk mendaftarkan smartphone Acer Liquid E baru Anda.

Jika sederetan aplikasi menarik bawaan Liquid E tersebut belum cukup, Anda tinggal menjalankan Google Android Market yang menyediakan puluhan ribu aplikasi, baik gratis maupun berbayar, dan mendownload aplikasi yang dibutuhkan.

Untuk harga, Acer Indonesia menjual Liquid E di kisaran Rp 4.495.000, cukup kompetitif jika dilihat dari isi paketnya dan dibandingkan dengan smartphone Androdi lain dengan spesifikasi serupa. Singkatnya, sederetan fitur yang inovatif, performa yang bertenaga, serta berbagai keunggulan lainnya berhasil diramu dengan manis oleh Acer ke dalam sebuah smartphone berdesain manis, elegan nan menawan, dan ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Itulah yang disebut harmoni.

Spesifikasi Acer Liquid E S100:

  • Sistem operasi Android 2.1 Eclair
  • GSM 850/900/1800/1900
  • UMTS 900/1900/2100
  • HSDPA/HSUPA/EDGE/GPRS
  • Qualcomm QSD 8250, 768MHz
  • 512MB ROM/512MB RAM
  • Layar LCD TFT 3,5 inci WVGA (480 x 800 pixels)
  • Kamera 5 megapixel dengan autofocus
  • GPS terintegrasi, dengan dukungan A-GPS
  • Wi-Fi 802.11 b/g
  • Bluetooth 2.1+EDR
  • Slot microSD card
  • Baterai Li-ion polymer 1350 mAh
  • Ukuran: 115 x 64 x 12,75mm
  • Berat: 135 gram dengan baterai

Bakat Liquid E lainnya

YouTube di Liquid E? Ngebut!!!

Browsing asyik banget!!

Yahoo Messenger

Game mancing

Gantinya mesin pinball

Game edukasi bagi balita

Mencari planet dan bintang di Liquid E dengan Google Sky Maps

Baca ratusan buku di Liquid E dengan Aldiko

Twitteran lancar jaya!!

Documents To Go sudah ter-install

Google Android Market

Facebook? Pastinya dong!!!

Nggak nyasar lagi dengan Google Maps di Liquid E